Gejala Cacar Monyet Sekarang Lebih Ringan, Pasien Bisa Isoman di Rumah

Monkeypox atau cacar monyet
Sumber :
  • times of india

VIVA Lifestyle – Penyakit Cacar Monyet atau Monkeypox meningkatkan kewaspadaan masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan. 

Pendingin Udara Ini Bisa Mendeteksi Pergerakan Manusia

Penyakit cacar monyet dapat menular ketika seseorang bersentuhan dengan virus dari hewan yang terinfeksi, orang yang terinfeksi, atau bahan yang terkontaminasi oleh virus tersebut.

Virus cacar monyet dapat menyebar dari hewan ke manusia melalui gigitan atau cakaran hewan yang terinfeksi. Virus juga dapat menyebar melalui kontak langsung dengan cairan tubuh atau luka pada orang yang terinfeksi atau dengan bahan yang telah menyentuh cairan atau luka tubuh, seperti pakaian atau linen.

Sedang Ramai, Ini 5 Cara Mencegah Penyebaran Nyamuk DBD yang Mengancam Jiwa

Namun, virus cacar monyet yang kini sedang diwaspadai berbeda dari kasus yang ada di masa lalu. Ketua Satgas Monkeypox PB IDI Dr Hanny Nilasari, SpKK mengatakan bahwa gejala penyakit cacar monyet yang timbul saat ini jauh lebih ringan sehingga pasien dapat melakukan isolasi mandiri di rumah.

"Manifestasi kulit Monkeypox ini berbeda dengan infeksi di masa lalu. Yang ditemukan saat ini manifestasinya ringan. Artinya gejala ringan 10-20 titik saja lesinya dan rasanya bisa dijaga pasien itu sendiri dan juga keluarganya," kata dokter Hanny dalam konferensi pers Satgas Monkeypox dan Covid-19 bersama PB IDI secara virtual, Jumat 26 Agustus 2022.

Bagaimana Membedakan Gejala Infeksi dengan Penyakit Biasa pada Anak?

Namun keputusan apakah pasien tersebut bisa melakukan isolasi mandiri di rumah atau di rumah sakit tetap berdasarkan hasil pemeriksaan dokter dan pertimbangan dari Dinas Kesehatan setempat, bukan kemauan pasien sendiri.

"Perlu pertimbangan tertentu, diputuskan dokter pemeriksaan dan Dinkes. Sehingga satu kasus diindikasikan bisa dilakukan isolasi mandiri di rumah," kata Hanny.

Ilustrasi cacar monyet/monkeypox.

Photo :
  • Freepik

Pasien cacar monyet yang sedang dalam masa isolasi diharuskan menjaga daya tahan tubuhnya dan tidak melakukan kontak fisik dengan siapapun termasuk anggota keluarga.

Pemulihan cacar monyet juga bisa menjadi lebih cepat apabila didukung dengan konsumsi makanan bergizi serta gaya hidup yang bersih dan sehat.

"Di rumah sendiri tidak boleh berkontak dengan siapa pun. Punya kamar sendiri, batasi kamar mandi sendiri, tidak dengan yang lain dan disupport makanan. Itu juga sudah bisa dilakukan oleh pasien," tuturnya.

Kabar terbaru dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) bahwa sudah ada 1 kasus terkonfirmasi positif cacar monyet di Jakarta. Sementara, ada 23 kasus lainnya yang berstatus suspek dan masih dalam pantauan Satgas Cacar Monyet.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya