Demam Berdarah Makin Menggila! Lindungi Diri dengan 5 Makanan ini

Ilustrasi buah-buahan.
Sumber :
  • Freepik/Valeria_aksakova

Jakarta – Demam berdarah Dengue (DBD) masih menjadi momok di Indonesia. Penyakit yang disebabkan oleh virus dengue ini ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti. Pencegahan menjadi kunci utama, di samping menjaga kebersihan lingkungan untuk memberantas nyamuk, asupan makanan sehat juga tidak kalah penting.

Tragedi DBD, Kisah Meninggalnya Seorang Anak di Lampung

Melansir Kemenkes, Selasa, 26 Maret 2024, Demam Berdarah Dengue (DBD) sedang tinggi di Indonesia. Tercatat per 1 Maret 2024 terdapat hampir 16.000 kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di 213 kabupaten atau kota di Indonesia dengan angka 124 kasus kematian. Kasus DBD diperkirakan akan terus berlanjut sampai April seiring dengan musim hujan dan El nino.

Sistem kekebalan tubuh yang kuat menjadi benteng pertahanan utama melawan virus dengue. Di sini lah peran gizi seimbang dalam menyediakan nutrisi penting untuk mendukung fungsi imun. Konsumsi makanan kaya vitamin, mineral dan zat besi membantu tubuh memproduksi sel darah putih yang berperan melawan infeksi.

6 Tanda Kamu Terkena DBD, Kenali Gejalanya Sejak Dini agar Tidak Makin Fatal

Pepaya

Photo :
  • Times of India

Berikut beberapa jenis makanan yang di rekomendasikan untuk membantu mencegah DBD.

Asuransi Kesehatan Jadi Primadona Usai Lebaran

1. Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran seperti bayam, brokoli dan kale kaya akan vitamin C, vitamin K dan folat yang penting untuk meningkatkan trombosit darah. Trombosit berperan penting dalam pembekuan darah, yang dapat membantu mencegah pendarahan internal yang berbahaya pada kasus DBD.

2. Buah-buahan Kaya Vitamin C

Buah-buahan seperti jeruk, papaya dan jambu biji kaya akan vitamin C yang berperan sebagai antioksidan kuat. Vitamin C membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan melawan infeksi virus.

3. Makanan Kaya Zat Besi

Zat besi penting untuk produksi sel darah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh. Kekurangan zat besi dapat meningkatkan risiko anemia yang dapat memperparah gejala DBD. Konsumsi daging merah, hati dan kacang-kacangan untuk memenuhi kebutuhan zat besi.

4. Makanan Kaya Protein

Telur, daging ayam dan ikan kaya akan protein yang membantu membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, Asupan protein yang cukup membantu tubuh melawan infeksi dan mempercepat pemulihan.

5. Minum Air Putih yang Cukup

Dehidrasi dapat memperburuk gejala DBD. Pastikan minum air putih minimal 8 gelas per hari untuk menjaga tubuh terhidrasi dengan baik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya