Gejala Kolesterol Tinggi dan Cara Pencegahannya

Ilustrasi kolesterol tinggi.
Sumber :
  • Freepik/rawpixel.com

VIVA Lifestyle – Kolesterol merupakan senyawa lemak berlilin yang sebagian besar diproduksi pada organ hati dan sebagian lainnya yang didapatkan dari makanan. Umumnya, serangan jantung dan stroke merupakan penyakit yang mengintai pengidap kolesterol tinggi yang diakibatkan adanya pengendapan kolesterol berlebihan pada pembuluh darah.

Tragedi DBD, Kisah Meninggalnya Seorang Anak di Lampung

Dalam pembahasan lifestyleOne yang tayang di kanal YouTube VDVC health kali ini, akan membahas soal gejala, penyakit, dan cara mencegahnya. Simak penjelasannya berikut ini yang akan dijelaskan oleh dr. Dewi Widyastuti, dokter spesialis penyakit dalam.

Apa itu hyperkolesterolimia?

Eko Patrio Ungkap Sakit yang Diidap Parto Hingga Harus Dioperasi

dr. Dewi Widyastuti, dokter spesialis penyakit dalam

Photo :
  • Tangkapan layar

Dokter Dewi mengatakan, Hyperkolesterolimia merupakan suatu kondisi dimana terjadinya peningkatan kolesterol di dalam darah. Kolesterol ini sendiri adalah bentuk dari lemak di dalam darah. Kolesterol ini bisa berikatan dengan protein.

Keberadaan Astronot Terancam, Hal Mengerikan Ini Muncul di Luar Angkasa

Ada beberapa jenis kolesterol, jenis yang pertama yaitu LDL (low density lipoprotein) atau kolesterol jahat. Yang kedua yaitu HDL (high density lipoprotein) atau lemak baik. Jenis kolesterol yang ketiga yaitu Trileserida dan yang keempat yaitu sering disebut total kolesterol.

Dalam pemeriksaan kolesterol dalam darah, empat jenis kolesterol ini bisa diperiksa secara bersamaan dengan syarat melakukan puasa sebelumnya 8 sampai 12 jam.

Apa gejala penyakit hyperkolesterolimia?

Gejala dari penyakit hyperkolesterolimia ini, seseorang akan merasakan pusing yang hebat, leher terasa kencang-kencang, mual-mual, dan juga badan terasa tidak enak. Beberapa orang juga akan merasakan gejala susah tidur.

Untuk penyebabnya, bisa dilihat dari pola makan. Makanan apa saja yang dikonsumsi oleh penderita penyakit ini.
Makanan yang mengandung kolesterol tinggi diantaranya makanan laut atau seafood, bebek dan telurnya, daging dan telur puyuh, makanan yang bersantan, otak sapi, dan jeroan.

Efek samping mengkonsumsi makanan berkolesterol tinggi

dr. Dewi Widyastuti, dokter spesialis penyakit dalam

Photo :
  • Tangkapan layar

Penyebab hyperkolesterolimia bisa dikarenakan oleh faktor genetik dan faktor gaya hidup. Ada beberapa cara untuk mencegahnya, diantaranya mengurangi konsumsi makanan berkolesterol tinggi. Untuk pencegahan lewat pengobatan obat-obatan, ini tergantung dari profile kolesterol si penderita. 

Seseorang yang terkena kolesterol tinggi tidak bisa jadi patokan dari segi umur. Yang bisa jadi patokan yaitu melihat dari gaya hidup sebelumnya. Jadi usia muda bisa saja terkena hyperkolesterolimia. Selain itu, bisa dilihat dari faktor genetik.

Dari penjelasan diatas bisa disimpulkan bahwa penyakit hyperkolesterolimia bisa menyerang kepada siapa saja. Untuk mencegahnya, hindari konsumsi makanan yang berkolesterol tinggi.

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa melihat tayangan video dari kanal YouTube VDVC health. Jangan lupa subscribe channelnya, like, komen, dan share konten ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya