Terungkap Ini Penyebab Asam Urat yang Sering Dialami Lansia

Ilustrasi asam urat.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle – Penyakit asam urat atau gout merupakan salah satu jenis radang sendi yang terjadi lantaran adanya penumpukkan kristal asam urat. Kondisi ini bisa terjadi pada bagian sendi mana pun, seperti pada jari kaki, pergelangan kaki, lutut, dan yang paling sering pada jempol kaki. Biasanya, penyakit asam urat ini bisa lebih mudah menyerang pria lebih dari 30 tahun. 

Eko Patrio Ungkap Sakit yang Diidap Parto Hingga Harus Dioperasi

Sementara pada wanita, penyakit asam urat ini bisa muncul setelah terkena menopause. Rasa sakit yang terjadi kepada pengidap asam urat ini bisa berlangsung selama rentang waktu 3-10 hari,dengan perkembangan gejala yang sangat cepat dalam beberapa jam pertama. Untuk memahami lebih detail, simak ulasan berikut yang disadur dari VDVC health

Gejala Asam Urat

Keberadaan Astronot Terancam, Hal Mengerikan Ini Muncul di Luar Angkasa

Asam urat.

Photo :
  • U-Report

Dalam kanal YouTube VDVC health, dr. Dewi Widyastuti, Sp.PD menjelaskan bahwa penyakit asam urat terjadi karena penumpukan kristal asam urat pada sendi. Kondisi ini dapat terjadi karena tubuh menghasilkan terlalu banyak asam urat atau fungsi ginjal dalam membuang asam urat tidak bekerja dengan baik, sehingga kadar asam urat dalam darah terlampau tinggi. 

Penyakit Menular Arbovirosis Jadi Ancaman Baru, Menkes Budi: Lakukan 5 Hal Ini untuk Menanganinya

Penyakit asam urat, biasanya ditandai dengan kehadiran rasa nyeri yang terjadi secara tiba-tia dan bertahan dalam kurun waktu tertentu. Sendi yang nyeri juga sering mengalami kemerahan, bengkak, dan terasa panas. Bagian yang paling sering terdampak oleh asam urat ini adalah kaki. Gejala ini biasanya terjadi pada sendi yang bersamaan. 

“Mungkin dia merasakan nyeri di bagian persendian, yang kedua bisa disertai dengan bengkak di bagian persendian yang terkena atau bahkan bisa tanpa gejala sama sekali.” ucap dr. Dewi Widyastuti, Sp.PD. 

Penyebab Asam Urat

Asam urat

Photo :
  • U-Report

Ada beberapa penyebab asam urat yang bisa kita ketahui di antaranya adalah faktor genetik atau keturunan. Faktor genetik ini biasanya diturunkan oleh kedua orang tua kita. Hal ini bisa terjadi lantaran adanya mutasi gen, salah satunya adalah mutasi gen APOB. 

“Kemudian tinggi urin dalam makanan kita. Beberapa makanan yang mungkin bisa kita hindari untuk mencegah tinggi purin adalah sayuran bayam, golongan kacang-kacangan termasuk tempe, tahu, dan kecap. Kemudian makanan yang berbahan baku makanan melinjo,” tambahnya. 

Kondisi Normal Asam Urat dalam Tubuh

Ilustrasi asam urat.

Photo :
  • U-Report

Lebih lanjut, dr. Dewi menjelaskan bahwa kadar asam urat normal dalam tubuh dibedakan atas jenis kelamin. Pada seorang wanita, dikatakan normal apabila kurang dari 6. Sementara pada pria dikatakan normal bila kurang dari 7. 

Cara Mencegah Asam Urat

Gejala dari Asam Urat

Photo :
  • U-Report

Dokter Dewi menjelaskan bahwa ada beberapa cara yang bisa dilakukan seseorang untuk mencegah terjadinya asam urat. Salah satu caranya adalah dengan menjaga atau bahkan menurunkan berat badan. 

“Pertama adalah penurunan berat badan, yang kedua bisa juga untuk menurunkan diet rendah purinnya. Jadi kita, bisa berpantang makanan yang sudah dikatakan tadi untuk mengurangi kadar purin di dalam darah. Atau cara lainnya adalah dengan cara melakukan aktivitas fisik atau olahraga,” pungkasnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya