5 Efek Mengejutkan Saat Konsumsi Kedelai

Makan tempe
Sumber :
  • Eat This

VIVA lifestyle – Ketika Anda mendengar kata "kedelai", hal pertama yang mungkin muncul di benak Anda adalah semua klaim kesehatan yang diingat dari tahun lalu. Dan bagaimana dengan kemungkinan kaitan itu dengan kanker payudara, penyakit tiroid, dan demensia? 

Mengenal Penyakit Radang Usus, Bisa Sebabkan Kanker Usus Besar Jika Dibiarkan

Tetapi klaim itu belum dibuktikan secara klinis, menurut para ahli di Harvard T.H. Sekolah Kesehatan Masyarakat Chan.

"Kedelai mungkin adalah topik nutrisi paling kontroversial di luar sana," kata Kathryn Piper, RD, LD, ahli diet terdaftar dan pendiri The Age-Defying Dietitian. 

5 Manfaat Menakjubkan Mengonsumsi Air Kelapa Setiap Hari, Bisa Jaga Kesehatan Jantung

"Hasil yang berbeda dalam penelitian ini kemungkinan besar terkait dengan variasi bagaimana kedelai dipelajari."

Kedelai

Photo :
  • Eat This
Jokowi Bersyukur Angka Stunting Turun dari 37 Persen Menjadi 21 Persen

Kedelai dapat dikonsumsi dengan aman beberapa kali seminggu terutama bila dimakan sebagai alternatif daging merah dan olahan, kata ahli gizi.

"Banyak penelitian mendukung keamanan 25 gram protein kedelai per hari," kata Piper. "Kedelai padat nutrisi, menyediakan protein, serat, kalsium, dan vitamin B dan tampaknya memiliki dampak positif pada mereka yang menderita penyakit jantung dan diabetes dan wanita menopause."

Berikut ini dilansir dari laman Eat This, empat efek mengejutkan dari mengonsumsi kedelai. 

Mendukung penurunan berat badan

Berat badan

Photo :
  • Eat This

Kedelai adalah sumber yang kaya protein, yang sangat penting untuk memperbaiki dan membangun otot. Dan seperti yang telah kami laporkan berkali-kali, otot aktif secara metabolik. Semakin banyak otot yang Anda miliki, semakin banyak kalori yang Anda bakar dan semakin sedikit lemak yang mungkin Anda bawa ke tubuh Anda.

Protein juga mengenyangkan, membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan melawan keinginan untuk mengonsumsi karbohidrat manis. "Kedelai dapat memainkan peran positif pada resistensi insulin, metabolisme asam lemak, dan perubahan hormonal, seluler, atau molekuler lainnya yang terkait dengan penambahan berat badan," kata anggota dewan peninjau medis Lauren Manaker, MS, RDN, ahli gizi diet terdaftar dan pendiri Nutrition. Sekarang Konseling.

Sebuah studi di International Journal of Medical Sciences yang melihat dampak kedelai pada orang gemuk menemukan bahwa mengonsumsi protein kedelai secara teratur mengurangi berat badan, massa lemak, dan kadar kolesterol.

Melindungi jantung

Ilustrasi serangan jantung

Photo :
  • Eat This

Sementara diet kaya protein kedelai dapat membantu menurunkan berat badan dan menghilangkan ketegangan dari jantung Anda, ada manfaat peredaran darah lain untuk mendapatkan dari makan kedelai dan produk kedelai. 

"Kedelai dapat membantu menurunkan kolesterol dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular," kata anggota dewan peninjau medis Eatthis.com Toby Amidor, MS, RD, penulis Buku Masak Persiapan Makanan Piring Anda Diabetes. 

Dia mengutip meta-analisis 2019 yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition, yang menemukan bahwa protein kedelai mengurangi lipoprotein densitas rendah, yang disebut kolesterol "jahat", sebesar 3 hingga 4% pada orang dewasa.

Membantu menurunkan risiko pembunuh diam-diam 

Dua kondisi lain memainkan peran kunci dalam penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke yang dapat meringankan makan lebih banyak kedelai — tekanan darah tinggi dan peradangan, kata Amidor.

Peradangan kronis tingkat rendah adalah suatu kondisi di mana sel-sel sistem kekebalan tubuh secara konsisten membanjiri tubuh karena pola makan yang buruk, merokok, penyalahgunaan alkohol, dan faktor gaya hidup lainnya. Serangan terselubung ini dapat merusak jaringan, seperti lapisan arteri, yang dapat memicu pembunuh diam-diam lainnya—tekanan darah tinggi.

Peradangan dan tekanan darah tinggi dapat menyebabkan plak berkembang di arteri yang dapat pecah dan memicu pembekuan darah yang memicu serangan jantung dan stroke. Dua penelitian terbaru menunjukkan bahwa melengkapi diet dengan protein kedelai dapat mengurangi tekanan darah dan peradangan kronis.

Memperkuat tulang

Susu kedelai

Photo :
  • Eat This

Seiring bertambahnya usia, risiko osteoporosis meningkat. Setengah dari semua orang dewasa di atas 50, sekitar 54 juta orang Amerika (termasuk pria), berisiko patah tulang karena kepadatan tulang yang rendah, menurut National Osteoporosis Foundation. Makan lebih banyak kedelai dapat membantu melindungi Anda dari patah tulang.

"Isoflavon dalam makanan kedelai terkait dengan peningkatan kepadatan mineral tulang dan mencegah pengeroposan tulang terkait osteoporosis, terlepas dari berat badan Anda," kata Manaker. Isoflavon adalah sejenis fitoestrogen, senyawa yang berasal dari tumbuhan yang ditemukan lebih banyak dalam kedelai dan produk kedelai daripada makanan lainnya.

Melindungi dari kanker payudara

Kanker payudara

Photo :
  • U-Report

Tingginya kadar estrogen telah dikaitkan dengan kanker payudara. Untuk itu, wanita penderita kanker payudara yang menjalani terapi hormon pernah diberitahu untuk menghindari makan produk kedelai. 

Namun, konsumsi kedelai dalam jumlah sedang—hingga dua porsi tahu, susu kedelai, atau edamame setiap hari—tidak meningkatkan risiko kanker payudara, menurut Mayo Clinic. 

Dan makan produk kedelai sebenarnya memiliki perlindungan efek aktif, menurut sebuah penelitian besar di jurnal Cancer, yang menemukan bahwa isoflavon, fitoestrogen utama dalam kedelai, dikaitkan dengan penurunan angka kematian bukan hanya dari kanker payudara tetapi semua penyebab.

Penelitian lain yang diterbitkan pada tahun 2022 oleh American Association for Cancer Research menemukan bahwa kedelai dapat melindungi gadis-gadis muda dari kanker payudara di kemudian hari, kata Amidor. 

Studi tersebut mengamati pola makan 329 anak perempuan dari masa pubertas hingga 2 tahun setelah menstruasi pertama dan menemukan hubungan terbalik antara konsumsi kedelai dan volume fibroglandular absolut, yang mengindikasikan risiko kanker payudara yang lebih rendah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya