Duh Ngeri, Hipertensi Bikin Otak Mudah Pikun Hingga Demensia

Tekanan darah/hipertensi
Tekanan darah/hipertensi
Sumber :
  • Times of India

VIVA Lifestyle – Tak banyak yang menyadari bahwa kondisi hipertensi dapat berkibat pada penyakit lain yang dampaknya cukup fatal, seperti gangguan pada otak. Hipertensi yang dibiarkan tak terkendali pada akhirnya membuat otak mudah pikun hingga terjadinya demensia.

Dokter Spesialis Saraf RS Pusat Jantung Nasional Harapan Kita, dr. Eka Harmeiwaty, Sp.S, menerangkan bahwa tekanan darah tinggi yang terjadi terus menerus pada akhirnya berdampak pada dinding pembuluh darah yang rusak.

Pembuluh darah yang rusak kemudian membuat kerusakan juga di saraf darah otak sehingga pembuluh darah kecil di otak menyempit.

"Sumbatan-sumbatan kecil-kecil ini biasanya lebih dominan di daerah memori itu, yang menyebabkan dia mengalami gangguan kognitif yang berlanjut sebagai demensia," ujar dokter Eka, dalam webinar, Rabu 31 Agustus 2022.

Hipertensi / Sakit kepala

Hipertensi / Sakit kepala

Photo :
  • Times of India

Demensia sendiri merupakan sekumpulan gejala yang ditandai dua penurunan fungsi otak antara lain kehilangan memori dan gangguan menilai.

Gejala yang biasanya paling mudah tampak adalah mudah pikun alias lupa. Selanjutnya, demensia dapat memicu keterampilan sosial terbatas serta mengganggu kemampuan berpikir.

Kendati begitu, belum ada waktu pasti kapan muncul demensia pada pengidap hipertensi. Bukan tanpa alasan, adanya faktor risiko lain pada demensia juga perlu diobservasi sehingga dapat dicegah sejak dini.