7 Manfaat Rumput Laut yang Baik Untuk Tubuh

Rumput laut
Sumber :
  • Eat This

VIVA Lifestyle – Rumput laut atau sayuran laut adalah bentuk ganggang yang tumbuh di laut. Mereka adalah sumber makanan bagi kehidupan laut dan warnanya bervariasi dari merah, hijau, coklat, hingga hitam. Ternyata ada berbagai manfaat rumput laut yang baik untuk tubuh. Rumput laut tumbuh di sepanjang garis pantai berbatu di seluruh dunia, tetapi paling sering dimakan di negara-negara Asia seperti Jepang, Korea, dan Cina. Rumput laut sangat serbaguna dan dapat digunakan di banyak hidangan, termasuk sushi gulung, sup dan semur, salad, suplemen, dan smoothie. Terlebih lagi, rumput laut sangat bergizi, jadi sangat cocok untuk kesehatan tubuh.

Jangan Anggap Remeh, Ini 4 Tanda yang Menunjukkan Anda Alami Stres

Yuk scroll artikelnya untuk mengetahui manfaat rumput laut yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Vitamin dan Mineral

Ekonomi Dunia Bergejolak, BI Buka-bukaan Hasil Stess Test Terbaru Sektor Perbankan

Ilustrasi aneka jenis vitamin.

Photo :
  • U-Report

Rumput laut jauh lebih padat nutrisi daripada sayuran darat. Ini adalah sumber mikronutrien yang sangat baik termasuk folat, kalsium, magnesium, seng, besi, dan selenium. Lebih penting lagi, rumput laut merupakan sumber yodium.

Waspada! DBD di Indonesia Melonjak Hampir 3 Kali Lipat pada Kuartal I 2024

2. DHA dan EPA Asam Lemak Omega-3
Tidak seperti tanaman darat, rumput laut mengandung asam lemak omega-3 DHA dan EPA, sehingga rumput laut atau minyak alga dapat menjadi sumber omega-3 yang dapat diandalkan untuk vegetarian.

3. Kesehatan Jantung

Jantung sehat.

Photo :
  • U-Report

Manfaat rumput laut selanjutnya yakni merupakan sumber serat larut yang baik. Rumput laut dulse dan kombu menyediakan 3 sampai 4 gram per porsinya. Serat larut mengikat kolesterol, menariknya keluar dari tubuh melalui limbah. Selain menurunkan kolesterol, rumput laut juga dapat membantu menurunkan kadar tekanan darah karena kandungan potasiumnya (perhatikan saja penambahan sodium).

Terakhir, folat dalam rumput laut menjaga kadar homosistein (tanda peradangan) turun, sehingga mengurangi risiko stroke.

4. Antioksidan

Ilustrasi antioksidan.

Photo :
  • U-Report

Manfaat rumput laut mengandung banyak antioksidan. Sebagai bagian dari diet sehat, rumput laut dapat membantu melindungi dari stres oksidatif dan mencegah penyakit kronis seperti kanker dan masalah pencernaan.

5. Mengurangi Risiko Osteoporosis

Penyakit osteoporosis.

Photo :
  • U-Report

Oksidasi dari radikal bebas dikaitkan dengan sejumlah masalah kesehatan, termasuk osteoporosis (keropos tulang). Manfaat rumput laut mengandung senyawa antioksidan, yang disebut fucoidans, yang telah terbukti mencegah kerusakan tulang oleh radikal bebas

Secara khusus, fucoidans melindungi osteoblas (sel yang bertanggung jawab untuk membangun tulang) terhadap kematian sel yang mungkin disebabkan oleh stres oksidatif. Rumput laut juga menyediakan vitamin K dan kalsium, dua nutrisi penting untuk kekuatan tulang.

6. Menstabilkan Kadar Gula Darah.

Gula darah

Photo :
  • Indian Express

Manfaat rumput laut berwarna coklat mengandung fucoxanthin, antioksidan yang memberi warna pada sayuran. Antioksidan mungkin berperan dalam membantu meningkatkan kontrol gula darah dan mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2.

7. Meningkatkan Fungsi Tiroid.

Gangguan tiroid.

Photo :
  • U-Report

Tiroid memainkan peran penting dalam kesehatan secara keseluruhan, dan yodium memainkan peran penting dalam kemampuannya untuk berfungsi dengan baik. Yodium yang tidak mencukupi berarti tiroid tidak dapat membuat cukup hormon tiroid (suatu kondisi yang dikenal sebagai hipotiroidisme), yang mengatur banyak fungsi tubuh, termasuk metabolisme. Jika kamu tidak mendapatkan cukup yodium, kamu akan mengalami gondok, pembesaran tiroid  yang terlihat. Kekurangan yodium juga dapat berdampak pada anak-anak selama perkembangan, baik di dalam kandungan maupun selama masa kanak-kanak.

Suntik vaksin

WHO: Imunisasi Global Menyelamatkan 154 Juta Jiwa Selama 50 Tahun Terakhir

Vaksin merupakan salah satu penemuan yang paling ampuh dalam mencegah sebuah penyakit yang selama ini ditakuti. Dan imunisasi global juga telah menyelamatkan154 juta jiwa

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024