Penurunan Berat Badan, Perhatikan Penyebab Leukimia Ini

Sel darah putih
Sumber :

VIVA LifestylePenyebab Leukimia, Setiap tahun, orang kehilangan nyawa akibat kanker. Bahkan, meski ilmu medis telah mengalami kemajuan, obat pasti untuk penyakit yang satu ini belum juga ditemukan. Salah satu  kanker yang dianggap mematikan adalah kanker darah atau leukemia.

Jangan Malas, Olahraga Bisa Jaga Kesehatan Jantung Hingga Turunkan Risiko Kanker Lho!

Menurut dokter spesial penyakit dalam, dr Dewi Widyastuti Sp.Pd, gejala yang dialami seseorang yang menderita leukimia bisa dilihat di antaranya adalah demam yang tidak terlalu tinggi, terus menerus kemudian sampai dengan penurunan bedan badan serta ada peningkatan organ di limpa dan hati atau hati.

Sel darah putih

Photo :
Patterns of Hope, Acara Kemanusiaan dari Generasi Muda Jakarta

“Demam yang tidak begitu tinggi dan terus-menerus hingga terjadinya penurunan berat badan,” ucap dr. Dewi Widyastuti, Sp.PD dalam YouTube VDVC Health

“Adanya pembesaran organ pada limpa dan liver atau hepatosplenomegali, semakin membesar. Ada juga yang mengalami kondisi cepat lelah karena adanya satu gangguan pada sel darahnya,” tambahnya.

Cegah Kontaminasi Bromat Berlebih pada Air Minum, Pemerintah Diminta Proaktif

Menurut dr. Dewi Widyastuti, gambaran klinis lainnya yang didasarkan pada tingkat ringan, sedang atau beratnya dari penyakit tersebut. Untuk membedakan hal tersebut ada kondisi pasien itu sendiri, tergantung keterlibatan pada organ tubuh yang mengalami komplikasi.

Sel darah

Photo :
  • alittlejourney.com

Penyebab penyakit leukemia pun timbul dari beragam faktor dan paling yang berpengaruh adalah faktor genetik dan faktor lingkungan.

Sedangkan faktor lingkungan yang memiliki kasus terbanyak adalah paparan radiasi. Seperti contoh, sinar x-ray yang terlalu sering, mungkin radiografer. Begitu juga dengan orang-orang yang mengalami paparan zat kimia.

Untuk mengetahui lebih jelas, simak video mengenai penjelasan Ahlinya, yaitu dr. Dewi Wdiyatuti yang menjelaksan penyebab, gejala dan cara mengatasinya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya