Kenali Nyeri Tulang Belakang dan Lutut Juga Cara Mengatasinya

Tulang belakang.
Sumber :
  • Pixaabay/pexels

VIVA Life – Nyeri tulang belakang serta nyeri pada area lutut merupakan masalah umum yang banyak dialami oleh orang dewasa. Mengutip dari National Health Services (2022) menyebutkan, salah satu penyebab utama rasa nyeri di area tulang belakang adalah akibat aktivitas sehari-hari.

6 Tanda Kamu Terkena DBD, Kenali Gejalanya Sejak Dini agar Tidak Makin Fatal

Sedangkan, nyeri yang terjadi pada area lutut umumnya disebabkan oleh trauma atau cedera. Meskipun keduanya bukanlah hal yang berbahaya, namun nyeri yang berkelanjutan dan berkepanjangan bisa menjadi indikasi masalah kesehatan lainnya. 

Salah satu masalah yang berkaitan dengan rasa nyeri di area tulang belakang hingga lutut adalah saraf terjepit, tumor, hingga osteoporosis atau pengapuran tulang. Lalu, bagaimana cara membedakan nyeri yang berbahaya dan tidak? Dan, pengobatan apa yang tepat untuk atasi rasa nyeri? Lanjut scroll ya.

Nyeri-Pegal Usai Olahraga? Yuk Kenalan dengan DOMS

Tulang belakang

Photo :
  • U-Report

Menurut penuturan dr. Ketut Ngurah Gunapriya, Sp.An, KIC, FIPM, FIPP, CIPS, nyeri pada tulang belakang dan lutut merupakan masalah umum yang dapat terjadi pada siapa saja. Masalah tersebut juga dapat muncul akibat aktivitas sehari-hari. 

Sebelum Meninggal Dunia, Babe Cabita Disarankan Transplantasi Tulang Belakang, Kenapa?

"Namun, bukan berarti rasa nyeri yang muncul ini dapat Anda tidak gubris. Apalagi, nyeri juga dapat menjadi indikasi munculnya penyakit tertentu. Oleh karena itu, jika Anda mengalami rasa nyeri yang berkepanjangan dalam waktu yang lama, segeralah memeriksakan diri dengan dokter," katanya.

Sebagian besar kasus nyeri terjadi akibat adanya aktivitas fisik yang berat. Dan, nyeri tersebut biasanya tidak berbahaya. Berikut adalah gejala nyeri akibat aktivitas sehari-hari. 

- Nyeri biasanya datang di salah satu sisi tubuh saja, dapat ditunjuk lokasinya
- Rasa sakit/nyeri yang muncul biasanya akan hilang dalam beberapa hari atau beberapa minggu saja.
- Nyeri yang mengindikasikan penyakit berbahaya

Nyeri tulang punggung

Photo :
  • Times of India

Ada beberapa tanda yang bisa mengindikasikan rasa nyeri yang berbahaya pada tubuh, di antaranya, nyeri muncul cenderung lama dan berkepanjangan. Lalu nyeri terasa menjalar ke area lain, misalnya dari pinggang ke kaki. Disertai dengan gejala lainnya, seperti pusing, mual, hingga penurunan berat badan

Rasa nyeri dapat terjadi di semua area bagian tubuh, termasuk tulang belakang dan lutut. Banyak pasien mengalami nyeri di area tulang belakang hingga lutut akibat adanya kekakuan pada otot, saraf terjepit, hingga gangguan tulang lainnya. 

Berikut langkah apa saja untuk menindaklanjuti masalah nyeri tulang belakang dan lutut anda:

1. Perawatan di rumah 

Ilustrasi tulang

Photo :
  • U-Report

Jika nyeri masih terasa ringan, pasien dapat melakukan terapi sederhana yang dapat dilakukan di rumah. Menurut penuturan dr. Ketut Ngurah Gunapriya, Sp.An, KIC, FIPM, FIPP, CIPS salah satu cara pengobatan nyeri yang dapat pasien lakukan di rumah adalah dengan cara RICE. Yaitu, Rest atau dengan cara mengistirahatkan otot yang terasa nyeri, Ice atau kompres dengan es batu pada area nyeri, Compress atau bebat dengan perban atau kain elastis, Elevate atau posisikan area nyeri lebih tinggi saat duduk atau berbaring. 

2. Pengobatan dengan bantuan medis

Pengobatan Tulang Belakang

Photo :
  • ist

Pada kasus nyeri yang sudah berkepanjangan atau kronis, perlu dilakukan pengobatan dengan bantuan medis. Dengan melakukan konsultasi dan pemeriksaan, dokter dapat membantu mengidentifikasi masalah hingga melakukan pengobatan atau tindakan terapi yang tepat pada masalah nyeri yang pasien alami. 

Salah satu klinik di Jakarta Barat yang memiliki teknologi untuk mengatasi nyeri pada tulang belakang dan lutut adalah KL KLINIK. Dengan bantuan para dokter spesialis professional yang sudah berpengalaman di bidangnya, menggunakan fasilitas modern tanpa pembedahan untuk atasi nyeri, namun memiliki harga pengobatan yang cukup terjangkau. Pasien yang mendapat pelayanan akan lebih nyaman saat menjalani proses pengobatan sehingga dapat fokus dalam pemulihan.

Tak hanya melayani kebutuhan untuk pengobatan nyeri, mereka juga menyediakan pengobatan lainnya seperti poli mata, poli gigi, hingga klinik kecantikan.

"KL Klinik selalu memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan efektif. Sehingga, bisa menjadi pilihan utama bagi semua masyarakat dan perusahaan. Oleh karena itu, tak perlu bingung untuk memilih tempat pengobatan nyeri terbaik, karena pengobatan di KL Klinik akan dibantu oleh para dokter dan tenaga medis berpengalaman, dengan fasilitas lengkap," kata Dr. Kelvin Alim, Sp.M seorang Dokter Spesialis Mata dan sebagai salah satu dokter yang berpraktik di tempat tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya