5 Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami, Lakukan Segera

Kolesterol
Sumber :
  • Times of India

VIVA Lifestyle Kolesterol tinggi tidak menjadi berita utama yang dilakukan oleh masalah kesehatan lainnya, tetapi itu adalah bahaya tersembunyi yang memengaruhi jutaan orang. 

Terpopuler: Kata Mamah Dedeh Soal Istri Tolak Suami sampai Kebiasaan Pagi untuk Turunkan Kolesterol

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS, hampir 94 juta orang dewasa AS berusia 20 tahun atau lebih memiliki kadar kolesterol total lebih tinggi dari 200 mg/dL.

Sebanyak 28 juta orang dewasa di Amerika Serikat memiliki kadar kolesterol total lebih tinggi dari 240 mg/dL. Kolesterol tinggi sering tidak menunjukkan tanda-tanda, tetapi tes darah dapat menunjukkan jika kadar Anda terlalu tinggi. 

9 Kebiasaan Pagi yang Bisa Turunkan Kadar Kolesterol dalam Sebulan

Jika kolesterol tinggi tidak diobati dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius seperti penyakit jantung, stroke, diabetes dan banyak lagi. 

Dikutip dari laman Eat This, Sean Marchese, MS, RN, perawat terdaftar di The Mesothelioma Center memberikan tips lima cara untuk membantu menurunkan kolesterol Anda secara alami.

Menguak Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh

1. Perbaiki pola makan

Menurut Marchese, banyak makanan yang secara alami menurunkan kadar kolesterol, dan Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk menghilangkan sumber kolesterol dari makanan Anda. 

Hindari lemak jenuh, seperti daging merah dan produk susu penuh lemak, dan lemak trans dari minyak, kerupuk, kue dan kue. Serat larut mengurangi penyerapan kolesterol dalam darah dan ditemukan dalam oatmeal, kacang merah, apel, dan kubis Brussel. 

Protein whey dari produk susu telah terbukti menurunkan LDL dan kolesterol total dan dapat meningkatkan tekanan darah. Makanan kaya omega- 3 asam lemak, seperti salmon, kenari, dan biji rami, tidak secara langsung mempengaruhi kadar kolesterol. Namun, mereka berkontribusi pada jaringan jantung dan pembuluh darah yang sehat.

2. Kurangi konsumsi alkohol

Ilustrasi Scotch whisky/minuman beralkohol.

Photo :
  • Freepik/rawpixel.com

Marchese mengatakan, penggunaan alkohol dalam jumlah sedang dapat berkontribusi pada kadar HDL atau kolesterol "jahat" yang lebih tinggi. 

Orang dewasa yang sehat harus menghindari alkohol sebanyak mungkin atau tidak lebih dari satu hingga dua minuman sehari. Selain kolesterol tinggi, penggunaan alkohol berulang dapat menyebabkan hipertensi, gagal jantung, dan stroke.

3. Berhenti merokok

"Penggunaan tembakau dapat meningkatkan tekanan jantung dan detak jantung, memperparah efek buruk aterosklerosis dari kadar kolesterol tinggi," jelas Marchese. 

Berhenti tembakau dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL dengan meningkatkan sirkulasi darah dan fungsi paru-paru. Setahun setelah berhenti, risiko penyakit jantung berkurang setengahnya bagi sebagian besar mantan perokok.

4. Menurunkan berat badan

berat badan

Photo :
  • U-Report

Menurut Marchese, orang yang membawa beban di sekitar perut mereka cenderung memiliki rasio lemak visceral yang lebih tinggi, yang dapat berdampak buruk pada organ sensitif seperti hati. 

Berat badan ekstra berkontribusi pada kolesterol tinggi dan meningkatkan beban kerja pada arteri dan pembuluh darah. Mengurangi konsumsi gula. makanan, menggabungkan camilan sehat, dan menemukan cara untuk meningkatkan aktivitas sepanjang hari adalah cara yang bagus untuk meningkatkan penurunan berat badan."

5. Banyak berolahraga

Menurut Marchese, aktivitas fisik meningkatkan produksi HDL dalam aliran darah Anda, yang membantu membersihkan LDL dan mengurangi aterosklerosis. Rekomendasi untuk orang dewasa yang sehat adalah sekitar 30 menit olahraga sedang lima kali seminggu atau aerobik berat selama 20 menit tiga kali seminggu. 

"Coba temukan cara untuk memasukkan lebih banyak aktivitas sepanjang hari Anda, seperti berjalan-jalan di sore hari, bersepeda di malam hari, olahraga, atau hobi aktif seperti hiking atau berenang," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya