Kenali Penyebab Terjadinya Stroke di Usia Muda

Ilustrasi pusing dan lemas.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle – Tidak selalu terjadi pada usia tua, stroke juga dapat menyerang di usia muda. Stroke adalah kondisi peredaran darah terganggu sehingga mengakibatkan jaringan otak tidak mendapatkan oksigen. Stroke merupakan penyakit serius yang dapat menyebabkan kecacatan dan membahayakan nyawa.

Sadis! Suami Bakar Istri di Jayapura Gara-gara Sakit Stroke

Dokter Spesialis Saraf Rumah Sakit Omni Pekayon, Bekasi dr Johan Akbar mengatakan, selain gangguan peredaran darah, stroke juga bisa terjadi apabila terdapat pembuluh darah yang tiba-tiba pecah sehingga menyebabkan gangguan defisit neurologi.

Yuk scroll ke bawah!

Polisi Ungkap Detik-detik Penemuan Ibu dan Anak Tewas Dalam Rumah di Cilandak Jaksel

Viral pengakuan seorang perempuan stroke diusia 21 tahun

Photo :
  • tiktok.com/@olszalau

“Apa itu defisit neurologi? Contoh, kalau pembuluh darah tersumbat di kepala depan, maka dia akan lupa, kalau gangguan tersumbatnya ada di daerah belakang kepala, akan terjadi kebutaan, dan kalau tersumbat di tengah-tengah, menyebabkan anggota tubuh menjadi lemah” kata Johan Akbar, dikutip dari laman YouTube VDVC health, Jumat, 16 September 2022.

Komplikasi DBD Bisa Sebabkan Dengue Shock Syndrom, Ahli: Pembuluh Darah Bocor

Jadi, lanjut dia, anggapan orang soal stroke hanya melemahkan anggota tubuh saja itu tidak betul, pemicu stroke terjadi sesuai dimana lokasi pembuluh darah mengalami gangguan di dalam tubuh.

Penyebab stroke di usia muda

Stroke di usia muda dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor, bisa karena faktor risiko yang diturunkan dalam keluarga seperti hipertensi ataupun gaya hidup yang tidak sehat sehingga memicu gula, kolesterol, penyakit jantung dan gangguan pembekuan darah.

“Faktor genetik lain yang sering terjadi, beberapa orang hanya memiliki 2 lapis pembuluh darah, sehingga tidak mampu menahan tekanan-tekanan aliran darah. Padahal umumnya pembuluh darah manusia terdiri dari tiga lapisan, yaitu, tunika intima, tunika media dan tunika adventisia,” paparnya

Ini yang menyebabkan stroke pendarahan sering terjadi pada anak-anak, dan untuk stroke tersumbat lebih sering dialami oleh orang tua usia 35 tahun keatas. Jadi, sambung Johan, kalau ditemui kasus anak-anak terkena stroke, umumnya mereka mengalami pecah pembuluh darah.

“Itu tadi, karena ada kelainan dari pembuluh darah, lapisannya tidak tiga lapis, tapi cuma dua lapis” sambungnya

Mencegah terjadinya stroke merupakan langkah penting yang bisa dilakukan agar tidak mengalaminya baik di usia muda maupun lanjut. Beberapa hal yang dapat dilakukan antara lain menjalankan pola hidup sehat, rutin berolahraga, serta memeriksakan kesehatan secara teratur dengan melakukan medical check up.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya