Kurangi! 8 Hal Ini Menandakan Kamu Kebanyakan Masturbasi

Ilustrasi masturbasi
Sumber :
  • Times of India

VIVA Lifestyle – Masturbasi adalah praktik seksual yang dapat memberikan manfaat kesehatan jika dilakukan dalam jumlah yang wajar. Pasalnya, masturbasi yang berlebihan bisa menimbulkan banyak efek negatif.

5 Mitos Tentang Masturbasi, Benarkah Bisa Hilangkan Keperawanan?

Kebanyakan orang melakukan masturbasi untuk mendapatkan kepuasan seksual. Masturbasi dapat membantu menenangkan dan merangsang banyak indera ke tingkat yang lebih tinggi daripada aktivitas lainnya.

Ilustrasi masturbasi

Photo :
  • Times of India
Kecanduan Onani Berdampak Pada Pikiran dan Gaya Bicara, Begini Kata dr Boyke

Masturbasi memiliki efek yang menyenangkan pada otak. Ini karena aktivitas seksual melepaskan penambah suasana hati, seperti dopamin, oksitosin, dan kortisol yang membantu mengatur sistem kekebalan tubuh.

Dikutip juga dari Choosing TheraphyVIVA  merangkum tanda diri seseorang yang melakukan mastrubasi berlebihan. Tandanya apa saja? Simak ulasannya sebagai berikut.

Orangtua Diingatkan Awasi Anak ketika Main Game Online

1. Pelampiasan Emosi

Jika setiap kali merasakan emosi karena keadaan fikiran dan kondisi kamu akan segera melakukan masturbasi sampai lebih dari lima kali setiap hari, maka ini adalah salah satu tanda kalau kamu sudah banyak sekali melakukan masturbasi.

2. Mengganggu Hubungan

Masturbasi biasanya membuat hubungan kamu dan pasangan semakin intim jika dilakukan secara bersamaan. Namun jika hal yang terjadi adalah sebaliknya, maka sebaiknya kamu harus mengurangi waktu untuk masturbasi sendiri, karena akan menghilangkan rasa atau gairah dengan pasangan.

3. Merugikan diri

Stress

Photo :
  • vstory

Perasaan kosong, kesepian, dan kerugian yang lain setelah melakukan tindakan masturbasi, berarti kamu saat ini sudah sering melakukan kegiatan tersebut. Sebaiknya kamu berhenti atau mengurangi dan alihkan pikiran dengan kegiatan yang lebih bermanfaat untuk diri.

4. Merasa Malu

ilustrasi masturbasi

Photo :
  • U-Report

Beberapa orang mungkin akan malu melakukan masturbasi karena kepercayaan agama atau adat yang mereka anut, oleh sebab itu sebaiknya kegiatan masturbasi ini sebaiknya kamu harus hentikan jika merasakan hal yang demikian. Ini sebagaimana kamu dapat menilai diri kamu memegang nilai-nilai yang kamu pegang.

5. Gagal Menahan Diri

Ilustrasi masturbasi

Photo :
  • Times of India

Kamu selama ini selalu menahan diri untuk tidak melakukan masturbasi namun selalu gagal dan berulang-ulang. Ini adalah tanda yang paling nyata kalau kamu kebanyakan masturbasi. Seperti saran sebelumnya, kamu memperbanyak kegiatan yang tidak mengarah kamu untuk melakukan masturbasi tersebut.

6. Menyakiti Diri Sendiri

Ilustrasi masturbasi.

Photo :
  • Pixabay

Tobias Köhler, MD, ahli urologi di Southern Illinois University, mengatakan beberapa pria mulai mengalami cedera karena keseringan masturbasi. Cedera itu bisa berupa lecet pada kulit atau penyakit peyronie.

Penyakit peyronie disebabkan oleh plak di batang penis yang dapat mengakibatkan terlalu banyak tekanan saat mengelusnya atau terlalu sering masturbasi. Gejala ini pertanda kamu harus berhenti melakukan masturbasi.

7. Terobsesi

Masturbasi.

Photo :
  • U-Report

Tanda terakhir, kamu terlalu banyak melakukan masturbasi adalah selalu memikirkan tentang hal ini dan terobsesi untuk melakukannya terus-menerus.

Jika kamu sering melakukan masturbasi atau hubungan seks secara terus menerus dan setiap hari, hal ini mungkin merupakan pertanda kamu sudah kecanduan masturbasi. Apalagi, ketika kamu sudah tidak bisa mengendalikan pikiran tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya