6 Efek Rahasia Makan Kacang Mete, Kata Science

Kacang mete
Sumber :
  • Eat This

VIVA Lifestyle – Dengan tekstur mentega yang lembut dan rasa yang sangat kaya, tidak mengherankan sedikit pun bahwa kacang mete adalah kacang paling populer. Meskipun Anda mungkin tahu bahwa kacang mete itu lezat, yang mungkin tidak Anda sadari adalah banyak efek positif dari makan kacang mete terhadap kesehatan. 

783 Juta Orang Akan Menderita Diabetes Tahun 2045

Kacang mete tidak hanya tinggi protein, serat, dan lemak sehat, tetapi juga mengandung berbagai vitamin dan mineral yang dapat bermanfaat bagi tubuh Anda dengan berbagai cara. Yuk scroll untuk simak artikelnya.

Kacang mete bukan hanya camilan yang nyaman—mereka juga sangat serbaguna. Padahal, kacang berbentuk ginjal ini bisa dijadikan alternatif susu non-dairy, krim, mentega.

5 Manfaat Menakjubkan Mengonsumsi Air Kelapa Setiap Hari, Bisa Jaga Kesehatan Jantung

Dari kontrol gula darah yang lebih baik hingga jantung yang lebih sehat, berikut adalah beberapa efek yang dapat diharapkan dari makan kacang mete, seperti kami kutip dari lama Eat This. 

1. Bisa menurunkan berat badan

Jokowi Bersyukur Angka Stunting Turun dari 37 Persen Menjadi 21 Persen

Berat badan

Photo :
  • Eat This

Banyak orang salah berasumsi bahwa kacang tidak boleh dikonsumsi ketika Anda mencoba menurunkan berat badan, karena kacang adalah makanan padat kalori dan tinggi lemak. 

Namun faktanya, sebuah studi tahun 2017 di Nutrients mengungkapkan bahwa orang yang secara teratur mengunyah kacang lebih mungkin untuk mempertahankan berat badan yang sehat daripada mereka yang tidak. Ini bisa jadi karena kacang sangat mengenyangkan (berkat kombinasi protein, serat, dan lemak yang kuat), sehingga mendorong penurunan berat badan.

Sementara kacang mete rasanya sangat kaya, Anda mungkin terkejut mengetahui bahwa kacang mete sebenarnya memiliki sedikit lebih sedikit lemak dan kalori daripada banyak kacang populer lainnya, seperti almond, kacang tanah, dan kenari. 

Satu porsi kacang mete rata-rata mengandung sekitar 137 kalori, tetapi sebuah studi tahun 2019 yang diterbitkan di Nutrients menemukan bahwa tubuh manusia hanya dapat menyerap sekitar 84% kalori ini—karena beberapa lemak yang dikandungnya tetap tersegel di dalam dinding berserat kacang.

2. Menurunkan tekanan darah

Lebih dari 100 juta orang dewasa di Amerika—atau hampir setengah dari populasi orang dewasa—memiliki tekanan darah tinggi.

Menurut sebuah studi tahun 2019 di Current Developments in Nutrition, bagaimanapun, makan kacang mete terkait dengan tekanan darah yang lebih rendah. Konsumsi jambu mete juga dikaitkan dengan kadar trigliserida yang lebih rendah—sejenis lemak dalam darah yang dapat meningkatkan risiko stroke, serangan jantung, dan penyakit jantung ketika kadarnya tinggi.

Namun, perlu diingat bahwa tidak semua kacang mete diciptakan sama dalam hal ini. Banyak kacang mete kemasan diasinkan, dan makanan dengan garam berlebih telah dikaitkan dengan tekanan darah tinggi.

3. Menurunkan kolesterol

Ada dua jenis kolesterol: LDL, jenis yang menyebabkan penumpukan lemak berbahaya di arteri Anda, dan HDL, jenis yang benar-benar dapat melindungi jantung Anda dengan membawa kolesterol LDL menjauh dari arteri dan menuju hati.

4. Untuk kesehatan jantung 

Ilustrasi serangan jantung

Photo :
  • Eat This

Penyakit jantung adalah penyebab utama kematian di AS—di atas gabungan stroke, penyakit pernapasan, diabetes, dan Alzheimer. Untungnya, ulasan tahun 2007 yang diterbitkan dalam British Journal of Nutrition menemukan bahwa risiko penyakit jantung 37% lebih rendah bagi mereka yang makan kacang lebih dari empat kali seminggu.

Anda mungkin sudah tahu bahwa kacang dapat menguntungkan ticker Anda, tetapi kacang mete, khususnya, mungkin memiliki keuntungan di sini. Sebuah studi tahun 2018 yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition menemukan bahwa ketika orang dengan diabetes tipe 2 makan 30 gram kacang mete mentah tanpa garam setiap hari selama 12 minggu, mereka mengalami penurunan faktor risiko kardiovaskular: tekanan darah mereka turun, dan kolesterol HDL mereka. naik.

Alasan yang mungkin mengapa kacang mete dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskular adalah karena kacang mete merupakan sumber asam lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda yang baik, yang dapat membantu mengurangi kadar kolesterol LDL.

5. Membantu mencegah lonjakan gula darah

Ilustrasi cek gula darah

Photo :
  • Bio Insuleaf

Mungkin tidak perlu dikatakan lagi bahwa apa yang dimakan dapat memainkan peran penting dalam kemampuan tubuh Anda untuk menjaga kadar gula darah Anda tetap terkendali. Menambahkan kacang mete ke dalam makanan dapat memiliki dampak positif yang signifikan pada gula darah, apakah Anda menderita diabetes atau pradiabetes.

Dalam satu studi tahun 2019 di International Journal of Endocrinology and Metabolism, orang dengan diabetes tipe 2 yang mengonsumsi 10% kalori harian mereka dari kacang mete memiliki kadar insulin lebih rendah daripada mereka yang tidak makan kacang mete.
 
Ini mungkin karena fakta bahwa kacang mete sangat tinggi serat, yang dapat membantu mencegah lonjakan gula darah dengan melepaskan glukosa lebih lambat dan stabil ke dalam aliran darah.

6. Melindungi sel dari kerusakan

Kacang-kacangan dan biji-bijian terkenal karena kandungan antioksidannya yang mengesankan Antioksidan adalah senyawa yang dapat menetralkan radikal bebas penyebab kerusakan dalam tubuh Anda, sehingga melindungi tubuh Anda dari penyakit dan mengurangi peradangan secara keseluruhan. 

Kacang mete, khususnya, merupakan sumber yang sangat baik dari dua jenis antioksidan: polifenol dan karotenoid. Perhatikan, bagaimanapun, bahwa kacang mete panggang tampaknya memiliki aktivitas antioksidan yang lebih besar daripada yang mentah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya