6 Penyebab Rambut Rontok, Ketahui Cara Merawat Secara Alami

Rambut rontok
Rambut rontok
Sumber :
  • Times of India

VIVA Lifestyle – Penyebab rambut rontok ada berbagai macam. Rambut rontok berlebihan dan pertumbuhan rambut yang lambat, bisa disebabkan oleh stres secara emosional, misalnya kehilangan pekerjaan, sedang menjalani proses perceraian, keluarga sakit parah, dan sebagainya. 

Penyebab rambut rontok pada remaja bisa terjadi karena tidak cukup makan, makan terlalu banyak, atau tidak mendapatkan keseimbangan nutrisi yang tepat. Beberapa penyebab potensial malnutrisi, biasanya karena kurangnya akses ke makanan, ketidakseimbangan pola makan, gangguan makan, atau kondisi pencernaan. 

Menurut American Academy of Dermatology Association (AAD), rambut rontok 50-100 helai per hari masih dikategorikan normal. Meski begitu, apabila kerontokan rambut lebih dari 100 helai perhari, Anda perlu khawatir. Sebab, hal tersebut bisa jadi tanda adanya masalah kesehatan tertentu. 

Selain mengonsumsi makanan dengan gizi cukup untuk memenuhi nutrisi dari dalam, keramas juga bisa membantu atasi kerontokan. Selain itu, rambut yang sedang dalam kondisi basah lebih rentan patah dan rontok, dibanding saat kering.

Penyebab rambut rontok

Rambut rontok biasanya disebabkan oleh satu atau lebih seperti yang dilansir dari laman halodoc:

Ilustrasi rambut rontok.

Ilustrasi rambut rontok.

Photo :
  • vstory