4 Tips Cara Melindungi Kulit, Bikin Awet Muda

Ilustrasi menjaga kesehatan kulit.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle – Kulit memainkan peran penting dalam melindungi tubuh Anda, jadi penting untuk mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan kesehatan kulit. Merawat kulit tidak harus rumit atau memakan waktu, dan dapat dengan cepat menjadi kebiasaan, seperti menyikat gigi.

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Anda dapat menjaga kulit Anda terlihat dan terasa hebat dengan menjaga dari banyak masalah kulit, mulai dari kulit pecah-pecah hingga penuaan dini hingga kanker kulit. “Kita berbicara tentang hal-hal yang terjadi selama beberapa dekade,” kata dokter kulit Samantha Conrad, MD, dalam praktiknya di Northwestern Memorial Hospital di Chicago. Yuk scroll di bawah ini. 

Itulah mengapa penting untuk mengembangkan kebiasaan kulit yang sehat — dan tidak ada kata terlambat untuk memulai. Berikut adalah lima tips perlindungan kulit yang dapat Anda masukkan ke dalam rutinitas Anda segera, dilansir dari everydayhealth.

3 Skincare Ini Jadi Paling Diandalkan oleh Penggunanya

1. Batasi paparan sinar matahari

Wanita terkena paparan sinar matahari.

Photo :
  • U-Report
Direkomendasikan oleh IDI, Apa Sih Physical Sunscreen Itu?

Anda telah mendengar pesan tersebut jutaan kali, tetapi ada alasan bagus — sinar ultraviolet yang dipancarkan oleh kulit matahari menyebabkan banyak jenis kerusakan kulit, termasuk: Kanker kulit, kerutan, bintik-bintik, penuaan, perubahan warna,

Menggunakan produk perawatan kulit yang menawarkan perlindungan ultraviolet adalah salah satu cara terbaik untuk membantu menjaga kulit Anda terlihat segar dan awet muda.

2. Tetap terhidrasi

“Minum air/cairan yang cukup penting untuk kesehatan umum Anda,” kata Karyn Grossman, MD, dokter kulit di praktik pribadi dengan Grossman Dermatology di Santa Monica, California, dan juru bicara AAD. Dia merekomendasikan memulai hari dengan secangkir teh hijau untuk hidrasi, kafein, dan antioksidan.

Selain minum cukup cairan, menjaga kelembapan kulit sangat penting untuk perlindungan kulit. "Kulit kering dapat memiliki celah kecil di penghalang kulit yang memungkinkan masuknya bakteri dan jamur," kata dokter kulit Michael Lin, MD, direktur medis Advanced Dermatology and Skin Cancer Institute di Beverly Hills, California.

Kulit yang terhidrasi dengan baik mempertahankan kelenturan dan kecil kemungkinannya untuk menjadi pecah-pecah, bersisik, atau bersisik.

3. Kenali kulit 

"Periksa kulit Anda secara teratur untuk mengetahui perubahan tahi lalat dan tanda-tanda lain dari kemungkinan kanker kulit," kata Grossman. Bicaralah dengan dokter kulit Anda tentang jenis perubahan apa yang harus Anda perhatikan.

Kondisi kulit tertentu memerlukan kunjungan ke dokter kulit, termasuk jerawat yang sering muncul, kulit kering yang meradang atau teriritasi, dan ruam dan iritasi kulit yang tidak kunjung hilang, karena ini bisa menjadi salah satu dari banyak jenis dermatitis, atau peradangan kulit.

Namun, jika Anda pernah melihat masalah kulit lainnya, penting untuk mendapatkan perhatian medis untuk menyelesaikannya dengan cepat dan menghindari risiko kulit.

4. Gunakan produk perawatan kulit

Perawatan kulit

Photo :
  • Istimewa

Mencuci wajah penting untuk menghilangkan kotoran, minyak, kuman, dan sel-sel mati dari kulit Anda. Namun, menggosok wajah dapat menyebabkan iritasi dan menyebabkan kulit pecah-pecah yang bisa menjadi rentan. 

"Saya menemukan bahwa orang sering menggosok, menggosok berlebihan, dan mengelupas berlebihan,” kata Grossman.

Banyaknya pilihan produk kosmetik yang ditawarkan saat ini membuat konsumen dituntut untuk lebih cermat dalam memilih produk kosmetik yang aman untuk digunakan. Salah satunya dengan melihat kandungan yang digunakan oleh suatu produk.Tidak sedikit produk kosmetik yang memiliki kandungan berbahaya yang dapat menyebabkan munculnya penyakit hingga merusak kulit kita. 

Salah satu cara mencegah penyakit kulit yang disebabkan penggunaan kosmetik adalah memilih produk bebas pewangi (fragrance) dan alkohol. Penyakit kulit akibat kosmetik juga bisa muncul karena terpapar kandungan pengawet seperti paraben.

Dikenal memiliki rangkaian produk skincare yang mampu mengatasi masalah skin barrier, Skintific ingin terus berinovasi agar selalu bisa menjadi solusi dari seluruh permasalahan kulit yang dialami wanita Indonesia. 

“Di tahun 2022 ini kami menyadari bahwa kebutuhan wanita Indonesia tidak lagi hanya skincare, tetapi juga mencari produk kecantikan yang turut menjaga kulit tetap sehat. Oleh karena itu, kami menghadirkan Skintific Cover All Perfect Cushion yang bukan hanya sekadar menunjang penampilan untuk menambah kepercayaan diri, tapi juga mampu menjaga kesehatan kulit (skin barrier) yang selalu menjadi fokus utama kami,” jelas Fenty selaku Skintific Management.

Skintific Cover All Perfect Cushion merupakan Hybrid Serum Cushion yang mengandung serum ingredients sehingga sangat aman digunakan bagi pemilik kulit sensitif maupun normal. Kandungan tersebut meliputi 5x Ceramides, Centella, dan Hyaluronic Acid sehingga dapat memelihara, melembabkan dan menguatkan skin barrier. 

Skintific Cover All Perfect Cushion juga memiliki kandungan SPF 35++ yang dapat melindungi kulit lebih maksimal dari paparan sinar matahari. Dilengkapi Nano Silicone Crosspolyme 0.25 micron, Skintific Cover All Perfect Cushion memberikan perlindungan tinggi dengan hasil akhir yang flawless. 

Skintific juga melengkapi produk cushion ini dengan Raincoat Protective Film Technology sehingga mampu menutup air dan minyak sehingga mampu tahan 12 jam untuk mencegah kulit menjadi kusam dan makeup yang tidak merata. Bagian paling pentingnya adalah cushion ini diformulasikan bebas dari alkohol, paraben, dan fragrance sehingga aman digunakan dan tentunya cocok untuk pemilik kulit sensitif. 

Selain itu, Skintific Cover All Perfect Cushion hadir dengan lima shades yang menyesuaikan dengan berbagai warna kulit wanita Indonesia. Kelima pilihan shades tersebut di antaranya VANILLA yang cocok untuk kulit dengan light cool undertone, IVORY untuk light neutral undertone, PETAL untuk light sampai medium warm undertone, BEIGE untuk medium neutral undertone, dan SAND untuk medium warm undertone.

“Peluncuran produk kecantikan pertama ini sekaligus menjadi bukti bahwa Skintific dapat memahami dan akan terus berinovasi memenuhi berbagai kebutuhan konsumen, khususnya wanita Indonesia untuk dapat tampil lebih percaya diri,” tutur  Fenty. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya