Yoga Alien Lagi Hits, Apa Itu?

Yoga alien
Sumber :
  • Thinkstock

VIVA Lifestyle – Yoga alien tengah ramai dibahas karena punya gerakan yang tak biasa dan terbilang unik. Yoga Alien awalnya tampak dari gerakan nauli kriya yang viral di TikTok. Melalui video yang diunggah oleh @dayupuspwati, latihan teknik ini dilakukan dengan posisi yang agak membungkuk dengan perut yang digerakkan ke kiri dan kanan. Hal ini membuat netizen penasaran karena gerakannya cukup sulit.

Kiky Saputri Idap Kista Ovarium, Kenali Gejalanya!

Gerakan nauli kriya adalah latihan pergerakan perut yang melibatkan otot perut, demikian dilansir dari Yogapedia. Teknik ini dipercaya bisa membersihkan organ dalam manusia, terutama organ pencernaan dan usus 12 jari. Teknik gerakan yoga ini telah digunakan sebagai pengobatan tradisional di India sebagai sebagian praktik dari Ayurveda dan Hatha yoga. 

Yoga alien

Photo :
  • TikTok/dayupuspwati
Biasa Minum Obat Pereda Nyeri saat Menstruasi? Dokter Ungkap Dampak Buruknya

Wanita yang juga pelatih yoga ini menyebut meski memiliki manfaat yang banyak, gerakan nauli kriya ini berisiko yang tinggi pada tubuh terutama bagi penderita penyakit maag hingga baru menjalani operasi.

Pelatih yoga dan akupuntur Scott Blossom menjelaskan bahwa teknik ini merupakan isolasi pada otot perut. Efeknya, terlihatlah efek berputar pada perut. Sedangkan pelatih yoga lainnya yang bernama Spencer King, mengatakan bahwa gerakan ini mampu meningkatkan sirkulasi darah pada organ dalam dan membantu memulihkan pencernaan. 

Nyeri Lebih Hebat dari Mens Hingga Sebabkan Masalah Kesuburan, Kenali Tanda-tanda Endometriosis

Manfaat Yoga Alien

Yoga Alien

Photo :
  • Instagram/@aninayoga

Yoga Alien alias nauli kriya termasuk shatkarma, yaitu jenis yoga yang digunakan untuk membersihkan tubuh. Nauli kriya digunakan dalam praktik pengobatan tradisional India, Ayurveda.  Menurut dr. Devia Irine Putri seperti yang dilansir dari klikdokter.com, yoga alien lebih fokus untuk menguatkan otot-otot inti di perut. Selain itu, manfaat yoga alien diyakini bisa membantu menjaga kesehatan organ dalam, terutama organ pencernaan dan usus kecil. 

Teknik yoga ini juga bisa membersihkan racun di saluran cerna. Nauli kriya dianggap dapat membantu mengatasi masalah pencernaan, seperti sembelit. Berdasarkan penelitian yang dimuat International Journal of Yoga, manfaat nauli kriya diduga bisa mendukung pengobatan gastroesophageal reflux disease (GERD) alias penyakit asam lambung. Konsumsi obat GERD disertai latihan yoga alien secara rutin diyakini bisa membantu mengendalikan dan mengurangi gejala GERD.

Risiko Melakukan Yoga Alien

Yoga Alien

Photo :
  • Instagram/@aninayoga

Pada dasarnya, sebelum melakukan yoga alien, kamu perlu menguasai latihan bandha atau mengunci badan. Untuk bisa menguasai bandha, kamu harus mempelajari sederet gerakan di bawah ini:

  • Latihan Uddiyana Bandha

Pertama, kamu perlu menguasai teknik uddiyana bandha atau mengunci perut. Caranya dengan mengangkat otot perut dan menguncinya pada posisi terangkat. Kamu perlu meregangkan diafragma dan membawanya ke posisi setinggi mungkin. Ketika kamu menarik dan menahan napas, organ-organ perut akan terangkat ke posisi yang lebih tinggi dari biasanya.

Gerakan ini dapat menarik darah dari rongga perut ke dada dan jantung sehingga sirkulasi ke otot perut meningkat. Selain itu, perut yang terkunci mengurangi tekanan di pembuluh kapiler dan vena. Alhasil, aliran darah menjadi lebih lancar dan pertukaran cairan pun terjadi.

  • Latihan Jalandhara Bandha

Latihan jalandhar bandha alias mengunci tenggorokan bermanfaat untuk melenturkan otot perut. Kelenturan ini dapat memudahkan gerak bergulung otot perut ketika melakukan latihan yoga alien.

  • Latihan Agnisara Kriya

Agnisara kriya adalah teknik mencuci perut. Ketika teknik ini dilakukan, dinding perut mengembang dan mengerut dengan cepat dalam waktu yang sangat singkat. Latihan ini bermanfaat meningkatkan kekuatan organ pencernaan serta merangsang sistem kekebalan dan panas dalam tubuh.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya