8 Tips Mengatasi Stres, No 6 Bikin Makin Bahagia

Cemas dan stres
Sumber :
  • Pinkvilla

VIVA Lifestyle – Mengambil cuti untuk memberi waktu istirahat bagi pikiran juga merupakan tips mengatasi stres baik karena pekerjaan atau kemelut rumah tangga. Dalam waktu istirahat tersebut, kamu bisa melakukan hal-hal yang bisa menenangkan pikiran, seperti meditasi, yoga, mendengarkan musik favorit, atau menghabiskan waktu di alam. 

Gak Nyangka, Ternyata Gen Z Punya Karakter Mulia Ini

Bila ada hal-hal yang mengganggu pikiran kamu, membicarakannya dengan orang lain bisa membantu mengurangi stres kamu. Bicarakanlah masalah kamu dengan orang yang bisa dipercaya, seperti anggota keluarga, sahabat, pembimbing rohani, dokter, atau terapis. Selain itu, kamu juga bisa berbicara dengan diri kamu sendiri atau yang dikenal dengan self-talk. Namun, agar self-talk bisa membantu mengurangi stres, pastikan kamu hanya mengatakan hal-hal yang positif. Yuk scroll untuk simak artikelnya.

Langkah utama mengatasi stres adalah mencari tahu penyebab stres yang muncul. Dengan begitu, Anda bisa memikirkan jalan keluarnya. Kalau masalah penyebabnya bisa diselesaikan, stres juga dengan sendirinya dapat teratasi. Sementara penyebab stres belum teratasi, lakukanlah hal-hal dan tips mengatasi stres berikut ini dan membuat pikiran lebih rileks:

Jangan Anggap Remeh, Ini 4 Tanda yang Menunjukkan Anda Alami Stres

1. Tersenyum

Wanita tersenyum

Photo :
  • U-Report
Ekonomi Dunia Bergejolak, BI Buka-bukaan Hasil Stess Test Terbaru Sektor Perbankan

Dalam studi yang dirilis di Sage Journals, disebutkan bahwa Duchenne smile, jenis senyum lebar yang melibatkan otot-otot wajah sekitar mata, dapat meningkatkan suasana hati. Meskipun dilakukan dengan pura-pura, senyuman ini bahkan bisa membantu mengurangi stres ketika situasi sekitar membuat Anda merasa kewalahan. Saat Anda tersenyum, terjadi perubahan aktivitas otak yang berhubungan dengan suasana hati. Senyuman juga akan membuat suasana hati orang sekitar menjadi lebih baik walau hanya pura-pura.

2. Berenang

Wanita berenang di kolam mewah.

Photo :
  • Repro

Mengambang di air memicu respons relaksasi tubuh yang membantu menekan tingkat hormon stres. Berendam air hangat ditemani alunan musik yang lembut juga dapat dijadikan pilihan. Anda juga bisa merendam kaki dalam air hangat yang dicampur minyak aromaterapi. Aroma tertentu, seperti lavender, telah secara konsisten terbukti mengurangi tingkat stres.

3. Pijat refleksi

Ilustrasi pijat/spa.

Photo :
  • Istimewa

Stres membuat otot-otot tubuh menjadi nyeri atau pegal. Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan stres yakni melakukan pijat refleksi, seperti Thai massage. Pijatan bisa menenangkan otot-otot tubuh yang menegang. Jika dilengkapi aroma terapi, bukan hanya nyeri tubuh yang akan membaik, pikiran juga akan jadi lebih tenang.

4. Terapkan pola hidup sehat

Ilustrasi pola hidup sehat.

Photo :
  • Pixabay

Selalu terapkan pola hidup sehat dengan makan makanan bernutrisi, tidur yang cukup, tidak merokok, tidak mengonsumsi minuman beralkohol seperti rum, dan tidak menggunakan obat-obatan terlarang. Jangan biarkan stres berlarut-larut dan bertambah parah hingga menyebabkan gangguan kesehatan. Bila berbagai cara mengatasi stres di atas tidak juga berhasil membawa Anda keluar dari stres, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater.

5. Lakukan meditasi

Ilustrasi meditasi/yoga/latihan pernapasan.

Photo :
  • Pexels/andrea piacquadio

Meditasi atau yoga selama 10–15 menit dan dilakukan sebanyak 4–5 kali dalam seminggu bisa menenangkan pikiran Anda. Melakukan meditasi dapat menurunkan kadar hormon stres, yaitu kortisol, sehingga Anda bisa lebih tenang.

6. Berhubungan seks dengan pasangan

Hubungan seks

Photo :
  • times of india

Jika kehidupan seks buruk, hubungan yang Anda bangun bersama pasangan dapat memicu stres. Sebaliknya, kualitas seks yang baik bisa menjadi bumbu agar hubungan Anda makin erat. Nah, berhubungan seks yang sehat merupakan salah satu cara menghilangkan stres bersama pasangan. Ini karena seks memicu pelepasan hormon endorfin yang menimbulkan rasa bahagia. Efek bahagia ini mirip seperti rasa bahagia setelah olahraga atau tenang setelah bermeditasi.

7. Ungkapkan keluh kesah

Salah satu keluh kesah warga AS di laman 99%

Photo :
  • wearethe99percent.tumblr.com

Memendam perasaan bisa membuat Anda stres. Lebih baik lepaskan beban dengan mengungkapkan semua hal yang ada di pikiran kepada orang terdekat atau psikolog. Percayalah, setelah semua keluh kesah dikeluarkan, perasaan Anda pasti jauh lebih baik.

8. Hindari Rokok dan Minuman Alkohol

Ilustrasi Berhenti merokok

Photo :
  • Eat This

Cobalah untuk tidak atau kurangi merokok dan minum minuman beralkohol. Meskipun kedua hal tersebut mungkin bisa mengurangi ketegangan untuk sementara, tetapi seringkali memperburuk masalah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya