5 Teknik Mengatasi Nyeri Dada Karena Kecemasan

Ilustrasi nyeri di dada.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle – Merasa khawatir, takut atau gugup mungkin cukup normal bagi kebanyakan orang. Ini adalah reaksi khas terhadap momen atipikal dalam kehidupan sehari-hari. Gejalanya dapat bergerak melampaui perasaan khawatir atau ke reaksi fisik lainnya. Kadang-kadang juga, gejala-gejala tersebut dikaitkan dengan kondisi lain secara keliru.

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Misalnya seperti nyeri dada yang terkadang merupakan gejala kecemasan. Seringkali akibat serangan panik atau reaksi yang meningkat, nyeri dada menjadi perhatian karena kemungkinan hubungannya dengan serangan jantung dan kondisi jantung lainnya.

Jika kamu sering mengalami kecemasan, pada kali ini kamu bisa memahami bagaimana cara mengatasinya dan meredakan nyeri dada sendiri di rumah. 

Ramalan Zodiak Jumat 26 April 2024: Taurus Harus Waspada dengan Rekan Kerja, Leo Kena Tekanan Mental

Cara mengatasi dan meredakan nyeri dada di rumah

Jika kamu merasa cemas dengan nyeri dada yang sedang dialami, ada beberapa teknik sederhana yang bisa kamu coba. Teknik-teknik ini mungkin tidak semuanya dapat berhasil dilakukan oleh semua orang dan setiap saat, tetapi teknik ini mungkin  membantu kamu untuk mengelola kecemasan tersebut. Melansir dari Healthline, berikut ini beberapa teknik yang bisa kamu lakukan. 

5 Tips Merawat Kucing Peliharaan Agar Tetap Sehat dan Terhindar dari Penyakit

1. Latih pernapasan 

Ilustrasi meditasi/yoga/latihan pernapasan.

Photo :
  • Pexels/andrea piacquadio

Pertama-tama kamu harus terfokus dan tarik napas dalam-dalam agar dapat menenangkan pikiran dan tubuh. Temukan ruangan atau area yang tenang dan tarik napas selama 10 hitungan. Tahan selama satu detik, lalu buang napas selama 10 hitungan. Ulangi teknik ini beberapa kali saat kamu merasakan detak jantung kamu sedang turun.

2. Catat situasinya

Ilustrasi penderita sesak napas.

Photo :
  • U-Report

Kamu harus menerima perasaan cemas, kenali dan kemudian catat situasinya dengan menempatkannya dalam perspektif. Apakah kamu khawatir tentang sesuatu yang tidak dapat dikendalikan? Apakah kamu takut dengan hasil yang tidak mungkin? Apakah kamu takut akan situasi yang tidak dapat dikendalikan hasilnya? Bicarakan perasaan kamu untuk menemukan sumbernya dan kemudian berusahalah untuk menempatkannya ke dalam perspektif.

3. Bayangkan pemandangan yang indah

Ilustrasi bahagia.

Photo :
  • U-Report

Jika kamu merasa cemas, coba visualisasikan tempat yang langsung bisa membuat kamu tenang. Teknik ini bisa sangat membantu jika kamu merasa cemas saat berada dalam situasi yang tidak dapat kamu hindari. Latih pernapasan dalam saat kamu membayangkan lokasi ini.

4. Gunakan aplikasi relaksasi

Ilustrasi menggunakan ponsel.

Photo :
  • U-Report

Kamu juga bisa menggunakan aplikasi smartphone untuk kecemasan yang dapat memandu kamu melalui teknik dan latihan pengurangan stres. Atau bisa juga menggunakan aplikasi meditasi yang dapat membantu menenangkan pikiran saat merasa cemas. Jadi kamu dapat mencoba beberapa aplikasi tersebut untuk menemukan mana yang sesuai untuk kamu gunakan.

5. Jadilah proaktif tentang kesehatan fisikmu

Ilustrasi makan sehat.

Photo :
  • U-Report

Kamu mungkin juga perlu menjadi proaktif tentang kesehatan fisikmu sendiri. Misalnya seperti merawat tubuh dengan baik, cukup tidur, makan dengan baik dan juga merawat pikiran dengan baik. Meskipun ini tidak akan membantu mengobati kecemasan saat nyeri dada, namun ini dapat membantu kamu mengurangi risiko kecemasan dan nyeri dada berikutnya di masa depan yang mungkin akan terjadi lagi. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya