9 Makanan Penyebab Jerawat pada Wajah yang Selama Ini Tidak Disadari

Ilustrasi jerawat/kulit berjerawat.
Sumber :
  • Pexels/Anna Nekrashevich

VIVA Lifestyle – Ternyata jerawat bisa muncul di wajah karena faktor makanan yang kamu konsumsi. Sehingga kamu mungkin perlu menghindari makanan tertentu yang merupakan makanan penyebab jerawat pada wajah. Misalnya saja seperti makanan yang digoreng dan mengandung banyak minyak. 

Kelihatan Sehat, Begini Kondisi Tukul Arwana Setelah 3 Tahun Berjuang dengan Stroke

Sebelum mengetahui apa saja makanan penyebab jerawat, kamu harus memahami bahwa makanan tidak secara langsung bertanggung jawab atas jerawat. Biasanya bisa seperti itu jika kamu memiliki kulit yang rentan jerawat dan terlalu berminyak, atau kesehatan usus yang buruk dan kurangnya rutinitas pembersihan yang tepat sehingga makanan berikut ini dapat menyebabkan reaksi. 

Melansir dari skincraft, berikut ini sejumlah makanan penyebab jerawat pada wajah. Yuk scroll artikelnya ke bawah.

Daftar Harga Pangan 7 Mei 2024: Beras Turun, Daging Ayam hingga Gula Naik

1. Mengandung Gula

Ilustrasi makanan kaya gula

Photo :
  • U-Report
6 Tips Kesehatan untuk Para Jemaah Haji Jelang Keberangkatan ke Tanah Suci

Gula yang kita konsumsi di rumah dan dalam bentuk lain seperti soda, jus, madu dan yang lainnya kaya akan karbohidrat olahan. Gula diserap dengan cepat ke dalam aliran darah, sehingga meningkatkan kadar gula. Peningkatan kadar insulin juga mendorong kelebihan gula ke dalam sel tubuh, yang pada akhirnya bisa menyebabkan jerawat.

2. Produk Susu

Ilustrasi susu atau ASI perah

Photo :
  • Pixabay/falovelykids

Mengonsumsi susu rendah lemak dan susu skim menyebabkan peningkatan jerawat. Namun, hubungan antara susu dan jerawat hingga saat ini masih belum jelas. Jika kamu melihat jerawat pasca mengonsumsi susu, maka solusinya adalah menghindari produk susu tersebut.

3. Makanan Cepat Saji

Makanan junkfood.

Photo :
  • U-Report

Makanan penyebab jerawat yang mungkin paling banyak disukai adalah makanan cepat saji. Dikatakan bahwa remaja yang mengonsumsi makanan cepat saji dalam jumlah tinggi seperti burger dan kentang goreng diketahui dapat mengalami jerawat. Namun, hubungan antara makanan cepat saji dan bahan apa yang sebenarnya menyebabkan jerawat tidak diketahui.

4. Cokelat

Ilustrasi cokelat.

Photo :
  • U-Report

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada pria, ditemukan bahwa mereka yang mengonsumsi 100% kakao tanpa pemanis memang menyebabkan peningkatan jerawat yang signifikan. Studi menyimpulkan bahwa makan cokelat (yang biasanya mengandung susu - produk susu dan gula) membuat sistem kekebalan tubuh bereaksi kuat terhadap bakteri penyebab jerawat.

5. Makanan Berminyak

Makanan gorengan

Photo :
  • U-Report

Makanan yang digoreng atau memiliki banyak lemak, juga memiliki lemak ekstra di dalam dagingnya bisa menjadi penyebab munculnya jerawat. Hal itu dikarenakan kelebihan minyak dan lemak dapat menyebabkan pecahnya jerawat.

6. Bubuk Protein Whey

Tepung terigu.

Photo :
  • U-Report

Protein whey adalah sumber yang kaya protein dan asam amino seperti leusin dan glutamin. Bubuk ini biasanya dikonsumsi oleh para atlet pria dan binaragawan. Namun, konsumsi protein whey membuat sel kulit tumbuh dan berkembang biak lebih cepat. Selain meningkatkan kadar insulin, protein whey juga bisa menjadi penyebab jerawat.

7. Biji-bijian Halus

Ilustrasi biji-bijian.

Photo :
  • Pixabay/ulleo

Biji-bijian olahan atau tepung putih halus biasanya ditemukan dalam roti, pasta, sereal dan bihun. Itu memiliki indeks glikemik tinggi dan meningkatkan kadar gula darah. Insulin membuat hormon androgen lebih aktif, menyebabkan pertumbuhan sel lebih cepat dan produksi sebum yang menyebabkan jerawat.

8. Makanan Kaya Lemak Omega-6

Minyak kedelai.

Photo :

Cornflake, minyak kedelai, dan yang lainnya diketahui dapat meningkatkan risiko jerawat karena mengandung lemak Omega-6, bersifat inflamasi. Jika kamu sudah memiliki kulit berjerawat, mengonsumsi makanan ini bisa membuat kamu lebih rentan.

9. Daging Tanpa Lemak dan Protein Hewani

Daging sapi mentah yang ditabur rempah-rempah

Photo :
  • vstory

Makanan penyebab jerawat yang terakhir adalah daging tanpa lemak dan protein hewani. Beberapa orang memiliki jerawat yang cukup besar dan berwarna merah tua, mereka juga muncul di sepanjang garis rahang dan leher, selain pipi. Hal itu mungkin disebabkan karena asupan daging yang berlebihan seperti ayam dan kambing. Daging merah dapat menyebabkan jerawat, meskipun hubungannya masih belum diketahui.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya