9 Manfaat Daun Pandan untuk Kesehatan Tubuh dan Cara Membuatnya

Daun Pandan
Sumber :
  • Pixabay/ Sarangib

VIVA Lifestyle – Berdasarkan kandungan nutrisinya, manfaat daun pandan dipercaya dapat mempengaruhi kesehatan tubuh. Misalnya seperti meredakan nyeri sendi, mencegah penyakit jantung, obat kulit alami, hingga mengendalikan kadar gula darah. Agar dapat memperoleh khasiatnya, kamu dapat mengolah daun pandan dengan cara direbus. Nantinya, air rebusannya dapat diminum langsung atau dicampurkan dengan teh. Daun pandan sangatlah populer terutama untuk para penikmat kuliner karena aroma dan rasanya yang khas. Namun, siapa sangka kalau daun pandan tak hanya bermanfaat untuk melezatkan makanan semata. Sebab, daun pandan diketahui mengandung nutrisi penting seperti vitamin, mineral, dan antioksidan.

Kesehatan Makin Memburuk, Istana Buckingham Perbarui Rencana Pemakaman Raja Charles III

Daun pandan tak hanya dijadikan sebagai pengharum masakan namun juga bisa dijadikan sebagai obat-obatan herbal karena banyak manfaat untuk tubuh. Berikut manfaatnya:

1. Meredakan nyeri sendi

5 Tips Pilih Camilan Sehat Buat Anak, Jangan Cuma Lezat Bun!

Nyeri sendi

Photo :
  • Times of India

Sejak dulu, minyak yang dibuat dari ekstrak daun pandan sudah dikenal dengan khasiatnya untuk meredakan nyeri sendi. Manfaat daun pandan ini dibuktikan oleh penelitian yang mengungkapkan bahwa daun pandan mengandung beragam senyawa aktif yang dipercaya mampu meredakan gejala nyeri sendi dan artritis.

Keberadaan Astronot Terancam, Hal Mengerikan Ini Muncul di Luar Angkasa

2. Menangani Insomnia

Daun pandan.

Photo :
  • U-Report

Minum minuman hangat di malam hari bisa membuat tubuh lebih relaks dan jadi mudah terlelap. Air rebusan daun pandan bisa jadi opsi buat Kamu yang tak terlalu suka minum susu hangat karena mungkin terlalu mengenyangkan. Hirup aromanya, lalu seruput teh pandan secara perlahan. Pasti Kamu jadi jauh lebih tenang dan gejala insomnia dapat diringankan.

3. Meningkatkan Nafsu Makan

Ilustrasi minyak daun pandan yang efektif normalkan kadar asam urat

Photo :
  • U-Report

Manfaat air rebusan daun pandan juga bisa diperoleh Kamu yang ingin mengembalikan nafsu makan karena habis sakit dan ingin berat badan jadi lebih ideal. Minumlah secukupnya saja, tidak perlu terlalu banyak karena justru bisa membuat kembung.

4. Mencegah penyakit jantung

Air rebusan daun pandan.

Photo :
  • U-Report

Daun pandan mengandung senyawa karotenoid yang cukup tinggi. Senyawa ini berperan sebagai antioksidan yang mampu menurunkan risiko terjadinya penyempitan pembuluh darah jantung akibat penumpukan plak (aterosklerosis). Dengan begitu, Anda pun terhindar dari risiko penyakit jantung koroner.

5. Meringankan Sakit Kepala dan Telinga

ILustrasi sakit kepala

Photo :
  • Eat This

Daun pandan telah lama digunakan dalam pengobatan non-Barat, yang juga dijual utuh sebagai ekstrak atau bubuk. Kandungan fitokimia yang terkandung di dalamnya, dapat membantu meringankan sakit kepala dan sakit telinga.

6. Menjaga fungsi penglihatan

Daun Pandan.

Photo :
  • U-Report

Vitamin A dan kandungan beta karoten di dalam daun pandan dapat meningkatkan kesehatan mata dan melindunginya dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh penuaan, misalnya degenerasi makula.

7. Menjaga kesehatan kulit

Kandungan beta karoten pada daun pandan juga mampu menjaga penampilan dan meningkatkan kesehatan kulit. Kandungan ini dapat meningkatkan pertahanan kulit terhadap radiasi sinar ultraviolet yang dapat menyebabkan berbagai masalah, mulai dari penuaan dini hingga kanker kulit.

8. Mengontrol Gula Darah

Gula darah

Photo :
  • Eat This

Daun pandan bisa membantu mengontrol kadar gula darah seseorang. Mengkonsumsi daun pandan lebih baik setelah makan. Ada penelitian yang memberi 30 orang dewasa sehat teh panas dari rebusan yang terbuat daun pandan, mengikuti tes gula darah oral standar (75 gram). Beberapa penelitian awal menunjukkan bahwa orang yang minum rebusan daun pandan setelah makan, punya gula darah yang lebih rendah daripada orang yang tidak meminumnya.

9. Mencegah penyakit kanker

Daun pandan.

Photo :
  • U-Report

Mengonsumsi daun pandan juga berpotensi mencegah penyakit kanker. Hal ini karena daun pandan mengandung vitamin A, vitamin C, dan beta karoten yang memiliki sifat antioksidan.

Artinya, daun pandan bisa melawan radikal bebas berlebih yang dapat merusak sel-sel tubuh. Kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas inilah yang berisiko memicu berkembangnya sel-sel kanker.

Daun pandan memang aman untuk penggunaan dan konsumsi sehari-hari. Namun, efektivitasnya sebagai obat masih memerlukan penelitian lebih lanjut. Oleh karena itu, Anda tidak disarankan menggunakan daun ini sebagai satu-satunya metode pengobatan.

Cara membuat rebusan daun pandan

Daun pandan.

Photo :
  • U-Report

Cara membuat rebusan daun pandan cukup mudah, berikut langkah-langkahnya:

  • Siapkan satu liter air, rebus hingga mendidih.
  • Potong-potong 3–4 lembar daun pandan, lalu masukkan ke dalam rebusan air.
  • Lanjutkan merebus air dan daun pandan selama 5–10 menit.
  • Matikan api, lalu saring rebusan air pandan.
  • Diamkan selama beberapa menit dan air rebusan pandan siap dikonsumsi.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya