Asam Urat Tinggi Hati-hati Risiko Diabetes, Jantung Hingga Batu Ginjal

penyakit asam urat.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle – Asam urat adalah produk limbah yang terbentuk dari pemecahan purin. Purin sendiri adalah zat yang dapat ditemukan secara alami di dalam tubuh dan dalam makanan. Jika kadar asam urat dalam darah melebihi ambang normal, hal itu bisa menyebabkan penyakit asam urat atau gout.

5 Fakta Penting tentang Gym untuk Kesehatan Tubuh hingga Kehidupan Seksual

Penyakit asam urat bisa mengakibatkan nyeri sendi akibat adanya kristal asam urat yang menumpuk. Asam urat yang tinggi diketahui bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan lainnya. Scroll yuk untuk simak selengkapnya. 

Apa saja? Berikut ini ulasannya bersama Spesialis Penyakit Dalam, dr. Johanda Damanik, Sp.PD dalam program Hidup Sehat TvOne, Kamis 13 Oktober 2022. 

Misteri Kematian Satpam di Agam Tanpa Kedua Bola Mata, Saksi Ungkap Ini

1. Bisa sebabkan kerusakan sendi permanen, kekakuan sendi

Diungkap Johanda jika asam urat tinggi kronik dan berlangsung lama selama bertahun-tahun dan tidak ditanggulangi dengan diet yang bagus, kurang minum bisa menyebabkan penumpukan asam urat di sendi.

Awas! Bukan Cuma Perih, Minum Obat Ini Bisa Sebabkan Maag hingga Pendarahan di Lambung

"Kalau sudah terjadi penumpukan di tangan bengkak peradangan akan berlanjut perubahan bentuk, kerusakan dan sebagainya," kata dia.

2. Batu ginjal

Diungkap Johanda, bahwa memang asam urat bisa menyebabkan komplikasi penyakit salah satunya adalah batu ginjal. Namun tidak semua batu ginjal terjadi karena penumpukan asam urat yang tinggi.

"Asam urat kalau dimetabolisme 70 persen melalui ginjal sisanya di pencernaan kalau ada gangguan pada ginjal otomatis zat limbah menumpuk di ginjal salah satunya batu ginjal," ujar dia.

3. Penyakit jantung

Ilustrasi serangan jantung

Photo :
  • Eat This

Diungkap oleh Johanda, memang asam urat tinggi memiliki hubungan dengan penyakit jantung. Namun timbulnya penyakit jantung sendiri multifaktorial bukan hanya dari asam urat saja melainkan juga faktor darah tinggi, kolesterol tinggi dan sebagainya.

4. Rentan terkena diabetes

Orang dengan asam urat juga disebut-sebut bisa berisiko terkena diabetes.

"Dalam penelitian ada risiko itu, tapi belum banyak penelitian soal itu. Timbulnya penyakit diabetes, jantung banyak faktor berinteraksi usia, bb, kebiasaan makan, saling berinteraksi," ungkap dia.

5. Memengaruhi bagian mata

Ilustrasi Mata

Photo :
  • pixabay

Dijelaskan oleh Johanda, kadar asam urat tinggi berlangsung lama bisa mengalami penumpukan di jaringan lunak, apakah berpengaruh pada mata ada laporan kasus penumpukan bisa terjadi di kelopak mata, kornea. Tapi harus digaris bawahi kejadiannya tidak terlalu banyak.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya