Trauma Masa Kecil dan Korban Bullying Bikin Toxic People

Ilustrasi temen toxic
Ilustrasi temen toxic
Sumber :
  • theladders

VIVA Lifestyle – Akhir-akhir ini, istilah toxic people mungkin sudah tidak asing lagi. Istilah ini diungkapkan untuk orang  yang beracun atau memberikan dampak buruk terhadap orang lain, terutama terhadap psikis.

Namun sebelum berbicara lebih lanjut tentang toxic person ada baiknya kita mengetahui seperti apa sosok toxic person itu sendiri. Dan apa yang menyebabkan orang bisa menjadi toxic person. Scroll untuk simak selengkapnya ya. 

Berikut ini penjelasan dari Spesialis Kejiwaan, Dr. dr. Nova Riyanti Yusuf, Sp.KJ, dalam program Hidup Sehat, TvOne, Jumat 21 Oktober 2022. Diungkap Nova, toxic person itu adalah seorang yang perilakunya bisa membuat kita merasa tidak nyaman, kesal merasa mempertanyakan harga diri kita mempertanyakan nilai diri kita.

Di sisi lain, diungkap oleh Nova bahwa toxic person itu bisa misalnya korban bullying atau pelaku bisa juga mereka yang terlalu kepo dengan urusan lain kemudian menceritakan ke orang banyak atau justru orang yang terlalu sering diabaikan bisa juga terjadi pada orang yang positif biasanya berupa nasihat toxic positivity. Sementara itu, penyebab dari toxic person ini terjadi ketika adanya hubungan di antara dua orang.

Ilustrasi teman toxic

Ilustrasi teman toxic

Photo :
  • U-Report

"Kita harus tau bahwa toxic ini dua orang saling terhubung dalam interaksi yang mana tidak ada kebutuhan kepedulian yang setara di antara keduanya, lebih kepada hubungan ini mengakomodir tuntutan individu yang merupakan toxic person," kata dia lebih lanjut.

Nova menjelaskan bahwa  sering kali orang yang dikatakan toxic person itu sebenarnya punya stres atau trauma yang sebenarnya tidak bisa dia kelola.