6 Manfaat Teh Hitam untuk Kesehatan, Nomor 4 Ampuh

Manfaat Teh Hitam
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle – Bagi penggemar minum teh di waktu senggang, ada baiknya mengetahui manfaat beragam jenis teh. Kali ini akan disajikan manfaat minum teh hitam.

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Bagaimana dengan fakta gizi serta nutrisi yang berada di dalam teh hitam? Mengutip dari Panganku, berikut adalah komposisi gizi teh hitam dihitung per 100 gram.

  • Kalori: 293
  • Air: 8 gr
  • Protein: 24,5 gram
  • Karbohidrat: 58,8 gram
  • Serat: 8,7 gram
  • Kalsium: 327 gram
  • Fosfor: 313 mg
  • Kalium: 5854,8 mg
  • Beta karoten: 2700 mcg
  • Niacin (vitamin B3): 7,6 mg
  • Vitamin C: 9 mg
Ramalan Zodiak Jumat 26 April 2024: Taurus Harus Waspada dengan Rekan Kerja, Leo Kena Tekanan Mental

Berikut beberapa manfaat teh hitam untuk kesehatan tubuh yang dilansir dari beberapa sumber:

1. Menghilangkan radikal bebas

5 Tips Merawat Kucing Peliharaan Agar Tetap Sehat dan Terhindar dari Penyakit

Teh hitam.

Photo :
  • U-Report

Perlu diingat bahwa senyawa antioksidan terbukti dapat memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan. Mengonsumsi asupan antioksidan dapat membantu menghilangkan radikal bebas dan mengurangi kerusakan sel pada tubuh. Hal ini tentunya dapat membantu mengurangi risiko berbagai penyakit kronis pada tubuh. Nah, teh hitam diketahui mengandung polifenol, yakni jenis antioksidan yang ditemukan pada makan dan minuman tertentu. 

Sementara itu, kelompok polifenol, termasuk katekin, theaflavin, dan thearubigins, adalah sumber utama antioksidan dalam teh hitam. Menurut penelitian yang dilakukan pada tikus tahun 2018 silam, menunjukkan bahwa theaflavin dan thearubigins mengurangi kadar kolesterol dan gula darah. 

2. Meningkatkan kesehatan jantung

JANTUNG SEHAT

Photo :
  • U-Report

Perlu diketahui kalau teh hitam tak hanya mengandung antioksidan polifenol, tetapi juga flavonoid. Perlu diketahui bahwa senyawa antioksidan jenis flavonoid terbukti bermanfaat bagi kesehatan jantung. 

Artinya, mengonsumsi teh hitam secara teratur, diyakini dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung, dan mengurangi banyak risiko penyakit organ tersebut. Misalnya seperti kolesterol tinggi, peningkatan kadar trigliserida, obesitas, hingga tekanan darah tinggi atau hipertensi. 

3. Mampu meningkatkan kesehatan usus

Ilustrasi usus.

Photo :
  • U-Report

Banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa sejumlah jenis bakteri pada usus berperan penting dalam mengurangi risiko kondisi kesehatan tertentu. Misalnya seperti penyakit radang usus, diabetes tipe 2, penyakit kardiovaskular, obesitas, hingga kanker

Nah, menurut penelitian terbaru yang ditemukan di U.S. National Library of Medicine, polifenol yang terkandung dalam teh hitam dapat membantu menjaga kesehatan usus. Sebab, polifenol dapat mendorong pertumbuhan bakteri baik dan menghambat pertumbuhan bakteri jahat. Sebagai tambahan, teh hitam juga mungkin mengandung sifat antimikroba yang dapat membunuh zat berbahaya dan meningkatkan kekebalan tubuh, dengan membantu memperbaiki lapisan saluran pencernaan. 

4. Mampu menurunkan risiko kanker

Teh hitam.

Photo :
  • U-Report

Hingga saat ini, ada lebih dari 100 jenis kanker teridentifikasi, beberapa di antaranya tak dapat dicegah. Kendati demikian, polifenol yang ditemukan dalam teh hitam diyakini dapat membantu memperlambat perkembangan jenis kanker tertentu. Selain itu, senyawa tersebut juga dipercaya dapat meningkatkan kematian sel kanker. 

Berdasarkan satu tinjauan yang dipublikasikan pada tahun 2020, menunjukkan bahwa minum teh dikaitkan dengan risiko kanker mulut yang lebih rendah. Namun, penelitian lebih mendalam mengenai efektivitas teh dalam mencegah kanker, tentu masih perlu dilakukan. 

5. Menjaga kadar kolesterol

Kolesterol

Photo :
  • Times of India

Sudah sejak lama teh hitam dikenal baik untuk kesehatan. Salah satunya adalah untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh. Manfaat teh hitam untuk kolesterol ini berasal dari kandungan antioksidan di dalamnya. Tak hanya itu, teh hitam juga diketahui mampu menurunkan kolesterol tinggi. Manfaat teh hitam untuk kolesterol tinggi diperoleh dari berbagai senyawa alami yang terkandung di dalamnya, seperti flavonoid dan polifenol. Kedua senyawa tersebut memiliki sifat antioksidan yang dikenal baik untuk kesehatan.

Flavonoid mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Sama halnya dengan flavonoid, polifenol juga terbukti dapat menjaga kadar kolesterol dan gula darah tetap stabil sehingga risiko terkena diabetes pun dapat ditekan.

Karena adanya manfaat teh hitam untuk menurunkan kolesterol, minuman ini bisa rutin dikonsumsi oleh penderita hiperkolesterolemia. Teh hitam sebaiknya dikonsumsi 1–3 gelas setiap harinya. Namun, Anda dianjurkan untuk mengonsumsinya 1–2 jam setelah makan agar tidak mengganggu penyerapan nutrisi dari makanan lainnya.

6. Menjaga kesehatan otak

Ilustrasi otak.

Photo :
  • Times of India

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi teh hitam dapat melancarkan aliran darah ke otak dan menurunkan risiko gangguan kognitif. Selain itu, kadar kafein dalam teh hitam juga bisa dijadikan alternatif pengganti kopi untuk meningkatkan kewaspadaan dan fokus.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya