Penyebab dan Gejala Osteoporosis Menurut Ahli

Ilustrasi tulang
Sumber :
  • Pixabay/Sbtineet

VIVA Lifestyle – Penyebab dan Gejala Osteoporosis, Osteoporosis adalah kondisi dimana pembentukan tulang baru lebih sedikit dibandingkan dengan kerusakan tulang-tulang pada tubuh. Selain itu, osteoporosis merupakan, penyakit yang tidak terdeteksi apabila seseorang terkena penyakit baru.

Israel Hancurkan 603 Fasilitas Air di Gaza Selama Perang

Tetapi, jika sudah timbul gejala pada tulang, barulah penyakit ini dapat diketahui. Spesialis Ortopedi dan Traumatologi (OT) dari Universitas Indonesia, dr. Harry Jonathan Sianipar, Sp. OT menyampaikan, osteoporosis merupakan suatu penyakit sistemik pada tulang yang menyebabkan pengeroposan pada bagian tulang tertentu di tubuh.

osteoporosis

Photo :
Tak Ada Tanda Penyakit Serius, Jhonny Iskandar Sempat Live TikTok Sehari Sebelum Meninggal

Gejala awal osteoporosis, dr. Harry menjelaskan bahwa gejala awal yang dirasakan pasien osteoporosis adalah rasa pegal-pegal atau tidak nyaman pada area yang terkena osteoporosis. Namun, semakin lama rasa pegal akan berubah menjadi nyeri dan sakit.

“Pada saat terjadi sakit dan nyeri, kadang-kadang sudah kita temukan ada suatu patah dan retak pada daerah tersebut,” Ucap Harry seperti dilihat dari laman YouTube VDVC health.

ISPA Menjadi Ancaman Utama Bagi Jamaah Haji Indonesia

Bagian Tubuh yang Rawan Terkena Osteoporosis

Osteoporosis

Photo :
  • eatthis.com

Bagian yang paling rawan dan paling sering menjadi masalah orang-orang yang sudah lanjut usia, menurut Harry adalah daerah tulang belakang, daerah panggul dan daerah tangan.

“Inilah yang menyebabkan orang-orang tua saat terjatuh, bagian-bagian tersebut akan mengalami patah tulang, meski jatuhnya tidak terlalu keras”.,  Jelasnya.

Penyebab Utama Osteoporosis

Osteoporosis

Photo :
  • eatthis.com

1. Asupan nutrisi harian Nutrisi yang dan lengkap menjadi faktor penting bagi seseorang untuk mencegah terjadinya osteoporosis di masa tuanya .

2. Memperbanyak aktivitas fisik Bagi orang yang jarang melakukan aktivitas fisik biasanya memiliki risiko osteoporosis yang lebih tinggi dibandingkan orang yang rutin melakukan aktivitas fisik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya