Kenali 10 Tanda Gejala Kanker Payudara, dan Cara Mencegahnya

cegah kanker payudara
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle – Kanker payudara adalah jenis kanker yang muncul di epitel atau lobulus di jaringan kelenjar payudara. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), pada tahun 2020, ada 2,3 juta wanita yang didiagnosis menderita kanker payudara dan 685,000 kematian secara global. 

Apel Pagi AQUA, Komitmen AQUA Pastikan Semua Produknya Aman dari Bromat

Disebutkan pula bahwa pada tahun 2020 terdapat 7,8 juta wanita hidup yang terdiagnosis kanker payudara dalam 5 tahun terakhir. Scroll untuk simak artikel selengkapnya.

?Dilansir dari Times of India, ada beberapa faktor yang meningkatkan risiko terkena kanker payudara. Beberapa yang penting adalah usia, obesitas, riwayat keluarga kanker payudara, riwayat paparan radiasi, konsumsi tembakau dan terapi hormon pascamenopause.

Serikat Pekerja Tembakau Minta Pemerintah Tunda Pengesahan RPP Kesehatan, Ini Alasannya

Ilustrasi penyakit kanker payudara

Photo :
  • U-Report

?Tanda-tanda kanker payudara yang perlu dideteksi sejak dini?

Peringati May Day, Serikat Buruh Rokok di Yogyakarta Minta Pemerintah Kaji Ulang RPP Kesehatan

- Benjolan baru di payudara
- Benjolan di ketiak
- Pembengkakan payudara
- Penebalan kulit atau otot di sekitar payudara
- Perubahan warna di sekitar area puting
- Kemerahan di area puting
- Nyeri di puting
- Keluarnya cairan yang tidak dapat dijelaskan dari puting susu
- Perubahan ukuran dan bentuk payudara
- Perubahan ukuran dan bentuk puting

Ini adalah tanda-tanda yang tidak boleh diabaikan dan harus segera diobati.

?Bagaimana cara mencegah kanker payudara?
Kanker payudara dapat dicegah dengan menerapkan gaya hidup sehat yang tidak diragukan lagi. Aktivitas fisik secara teratur, pengendalian berat badan, menghindari penggunaan alkohol dan tembakau dapat mengurangi risiko terkena kanker payudara bahkan jika itu berjalan dalam keluarga Anda.

Selain itu, menyusui yang berkepanjangan juga membantu dalam mencegah kanker payudara. Seseorang juga harus berhati-hati terhadap penggunaan hormon yang berkepanjangan.

Pemeriksaan payudara sendiri sebulan sekali dapat menyelamatkan nyawa sebanyak 30-40% pasien kanker payudara di India, kata Dr. Saphalta Baghmar, Konsultan Senior, Dept. Onkologi Medis Rumah Sakit Amrita, Faridabad.

Pemeriksaan diri secara teratur membantu dalam mendeteksi benjolan lebih awal dan dapat membantu dalam diagnosis dini. Diagnosis yang terlambat adalah salah satu alasan terbesar mengapa kanker payudara merenggut begitu banyak nyawa setiap tahunnya.

Hanya kebiasaan sederhana memeriksa payudara dapat menyelamatkan banyak nyawa dengan memberi mereka bimbingan yang tepat dan perawatan tepat waktu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya