4 Jenis Makanan dan Minuman Diam-diam Penyebab Kerusakan Gigi

Ilustrasi gigi
Sumber :
  • Eat This

VIVA Lifestyle – Dalam hal makan sehat, banyak dari kita mungkin mengabaikan kesehatan mulut kita. Namun, mengonsumsi makanan tertentu dan meminum jenis minuman tertentu dapat memengaruhi mulut dan gigi kita dengan berbagai cara.

5 Tips Merawat Kucing Peliharaan Agar Tetap Sehat dan Terhindar dari Penyakit

Penelitian menunjukkan, misalnya, bahwa berbagai jenis makanan dapat menyebabkan kerusakan gigi—juga dikenal sebagai pembusukan gigi. Ini terjadi ketika enamel permukaan gigi Anda terganggu. Scroll yuk untuk simak artikel selengkapnya.

Jika tidak diobati, kerusakan gigi dapat menyebabkan gigi berlubang, infeksi, nyeri, dan bahkan kehilangan gigi Anda, demikian dikutip dari laman Eat This.

Kabar Gembira Ini untuk Penggemar BTS dan Kopi

Dr. Cary Goldstein, seorang dokter gigi yang berbasis di Atlanta di Goldstein Dental Center mengatakan, meskipun menyikat gigi dan flossing secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan gigi, penting untuk mengetahui makanan yang mungkin membuat gigi Anda membusuk secara diam-diam. 

Berikut ini empat jenis makanan dan minuman yang dapat merusak gigi Anda, dilansir dari laman Eat This. 

10 Makanan Wajib Dihindari Jika Ingin Awet Muda Seperti Ade Rai, Nomor 2 Paling Sulit

1. Minuman manis

Minuman bersoda.

Photo :
  • U-Report

Jika Anda minum banyak minuman manis secara teratur, Anda mungkin secara diam-diam merusak gigi Anda. Minuman seperti soda, minuman berenergi, dan teh manis dapat menyebabkan kerusakan gigi seiring waktu.

"Gula dalam minuman ini mudah menempel pada gigi Anda dan mendorong pertumbuhan bakteri penghasil asam, yang dapat menyebabkan penumpukan plak yang menyebabkan gigi berlubang, membusuk, dan perubahan warna pada gigi Anda," jelas Dr. Goldstein.

Jika Anda berencana untuk meminum minuman manis, bersikap proaktif tentang kebersihan mulut Anda segera sesudahnya sangat penting untuk kesehatan gigi Anda.

"Pastikan untuk [minuman seperti ini] secukupnya dan bilas mulut Anda dengan air sesudahnya," saran Dr. Goldstein.

2. Makanan lengket

Ini adalah salah satu hal yang mungkin tidak terpikirkan orang tentang kerusakan gigi, tetapi makanan lengket seperti permen atau bahkan buah kering secara bertahap dapat berkembang menjadi masalah gigi Anda seiring berjalannya waktu.

"Makanan ini tersangkut di antara gigi Anda dan bisa sulit dihilangkan hanya dengan menyikat gigi. Mereka juga sering mengandung gula, yang dapat menyebabkan pembusukan seiring waktu," kata Dr. Goldstein. Untuk mengurangi risiko gigi berlubang, pilihlah makanan ringan yang lebih sehat dan tidak lengket seperti sayuran, kacang-kacangan, dan keju.

3. Makanan asam

Makanan yang sangat asam seperti buah jeruk, tomat, dan cuka dapat melemahkan enamel Anda, menurut Dr. Goldstein.

"Meskipun makanan ini sehat, asam yang ditemukan di dalamnya dapat mengikis enamel dan menyebabkan pembusukan. Jika Anda memilih untuk makan makanan asam, pastikan untuk berkumur dengan air setelahnya untuk membantu menetralkan asam," ujarnya.

4. Karbohidrat olahan

Yang ini mungkin mengejutkan, tetapi karbohidrat tertentu seperti roti dan keripik juga bisa menyebabkan pembusukan gigi.

"Bakteri di mulut memakan gula yang ditemukan dalam karbohidrat, yang dapat menyebabkan penumpukan plak dan gigi berlubang," jelas Dr. Goldstein. 

"Pastikan untuk menyikat gigi setelah makan karbohidrat. Selain itu, pilihlah karbohidrat yang lebih sehat seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian."

Pada akhirnya, jika Anda mengkhawatirkan potensi pembusukan gigi dan ingin lebih memahami makanan dan minuman apa yang mungkin berkontribusi terhadap kondisi kesehatan mulut Anda saat ini, Anda selalu dapat memperoleh lebih banyak informasi dengan mendiskusikan kebutuhan khusus Anda dengan Anda. 

"Menyadari makanan yang mungkin secara diam-diam merusak gigi Anda dapat membantu Anda melindungi senyum Anda dan menjaga kesehatan gigi Anda selama bertahun-tahun yang akan datang," saran Dr. Goldstein.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya