Dokter Larang Minum Susu Sebelum Tidur, Ternyata Ini Dampak Buruknya

Ilustrasi susu.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA Lifestyle – Susu merupakan salah satu sumber protein terpenting dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Namun, minuman ini telah menjadi perdebatan dalam beberapa dekade terakhir. 

5 Makanan yang Wajib Dihindari oleh Wanita Hamil, dari Daging Mentah hingga Kafein

Dr Palaniappan Manickam, ahli gastroenterologi yang berbasis di California, dalam unggahannya di Instagram, mengungkap alasan mengapa seseorang tidak boleh minum susu sebelum tidur. Scroll untuk mengetahui alasannya.

Dalam video pendek yang diunggah, dia mengatakan, orang yang berusia di atas 30 tahun, tidak dapat mentolerir susu karena kekurangan enzim laktase. 

Bukan Cuma Biar Adem, Tidur Telanjang Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan

"Ada enzim yang disebut enzim laktase di usus kecil yang memecah laktosa dalam susu menjadi molekul yang lebih kecil seperti glukosa dan galaktosa serta mudah diserap," kata dia dalam video yang diunggah, dilansir India Today, Selasa 27 Desember 2022. 

Ilustrasi susu.

Photo :
  • Freepik
Kaleng Susu Isi 16 Kg Sabu dari Malaysia Masuk Indonesia Lewat Kaltara Digagalkan

Dr Palaniappan Manickam lebih lanjut menjelaskan, bayi memiliki enzim laktase dalam tubuh yang membantu mereka mencerna susu dengan sangat mudah. Namun, mulai usia di atas 5 tahun, produksi laktase dalam tubuh terus menurun. 

Sekitar usia 30 tahun, produksi laktase bahkan nol. Tanpa enzim laktase, susu langsung mencapai usus besar dan bakteri yang ada dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Ia berpesan, seseorang tidak boleh minum susu sebelum tidur malam, karena masih bisa menyebabkan masalah pada pencernaan. 

"Bahkan jika Anda tidak memiliki masalah pencernaan, jangan minum susu sebelum tidur, karena penyakit akan berputar di sekitar lemak perut Anda," ungkapnya. 

Meskipun susu mengandung triptofan yang melepaskan serotonin untuk mempromosikan melatonin agar mendapatkan tidur nyenyak, namun kapan waktu yang tepat untuk mengonsumsinya sangatlah penting. 

"Tidak apa-apa minum susu saat mengakhiri makan bersamaan dengan makan malam. Konsep yang paling penting adalah minum susu di malam hari sebelum tidur akan memicu pelepasan insulin karena karbohidrat yang ada dalam susu akan mengganggu sirkadian," bebernya. 

Ilustrasi wanita tidur digangu jin atau setan

Photo :
  • pixabay.com

"Kalau mau minum susu, minumlah 2 sampai 3 jam sebelum tidur dan bukan sebelum tidur," sambung dokter tersebut. 

Secara keseluruhan, susu memiliki beberapa manfaat bagi tubuh, salah satunya membantu menjaga kesehatan tulang. Susan Duncan, Wakil Presiden American Dairy Science Association (ADSA) mengatakan, ketika nutrisi seperti kalsium, fosfor, dan vitamin D, tidak ada dalam makanan saat seseorang berusia 20-an, yang dibutuhkan untuk menjaga struktur tulang dan fungsi biologis lainnya, maka tubuh menarik itu dari tulang kita. 

"Susu mengandung nutrisi yang diperlukan untuk kesehatan tulang, menjaga kesehatan jantung, dan mengurangi risiko kanker," kata Duncan. 

Jika seseorang tidak memiliki toleransi rendah terhadap susu, maka minum beberapa jam sebelum tidur, bisa lebih bermanfaat dibanding meminumnya tepat sebelum tidur. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya