Makin Ngeri, 4 Varian Ini Diklaim Picu Lonjakan Kasus COVID-19 di China

Warga menggunakan masker untuk melindungi diri dari COVID-19 di Beijing, China.
Sumber :
  • AP Photo/Andy Wong

VIVA Lifestyle – Lonjakan besar-besaran kasus COVID-19 yang seolah bangkit kembali di China telah membuat dunia khawatir tentang masa depan pandemi. Bahkan kini, varian yang menyerbu negara tersebut terdiri dari beberapa jenis dan diyakini dapat memicu gelombang baru.

5 Negara dengan Militer Terkuat di Dunia, Ada Indonesia?

Dikutip laman The Health Site, Selasa 3 Januari 2023, lonjakan kasus COVID-19 yang baru dan mungkin gelombang ke-8 telah mencengkeram China. Mulai dari masalah kamar mayat rumah sakit yang terbebani hingga krematorium yang sibuk memaksa mayat menumpuk di koridor dan di rumah, situasi di negara itu semakin memburuk setiap hari. Scroll untuk informasi selengkapnya.

Menurut laporan, jutaan kasus didaftarkan setiap hari, memberikan waktu yang sangat sulit bagi petugas kesehatan. Tetapi lonjakan kasus yang tiba-tiba membuat semua orang khawatir tentang masa depan pandemi, yang saat ini tampaknya tidak terkendali. 

Ratusan Warga Pesisir Selatan Diserang Virus Diare, 4 Orang Meninggal

Petugas melakukan tes COVID-19 di rumah sakit sementara di Shanghai, China.

Photo :
  • Chinatopix via AP

Negara seperti China yang mengikuti aturan keamanan COVID yang ketat sejak pandemi dimulai pada tahun 2019, tiba-tiba mengalami lonjakan besar kasus setelah dua setengah tahun. Apa yang salah? Varian mana yang mendorong kasus baru di negara tersebut? Mari kita pahami semuanya.

Geger Vaksin COVID-19 AstraZeneca, Ketua KIPI Sebut Tidak ada Kejadian TTS di Indonesia

Bukan Hanya Satu, Empat Varian COVID Berada di Balik Lonjakan COVID-19 Masif Di China
Dalam jumpa pers baru-baru ini, NK Arora, ketua panel COVID-19 Pusat mengungkapkan bahwa lonjakan kasus di China bukanlah wabah COVID-19 biasa, didorong oleh satu varian dominan dari virus corona, tetapi dipicu oleh campuran virus, yang berperilaku berbeda karena epidemiologi lokal.

Meskipun sejauh ini laporan tersebut mengklaim bahwa varian BF.7 Omicron saat ini merupakan jenis yang dominan di China, yang menyebabkan gelombang baru di negara tersebut. 

"BF.7 hanya menyumbang 15 persen dari kasus tersebut. Mayoritas, 50 persen, berasal dari seri BN dan BQ, dan varian SVV adalah 10-15 persen," ujarnya.

Ya, Anda membacanya dengan benar. Bukan hanya satu, tetapi setidaknya tiga sub-varian Omicron dari COVID-19 yang mematikan bersama-sama mendorong lonjakan kasus yang tiba-tiba di China. Menurut Dr. Arora, alasan China mengalami lonjakan kasus yang begitu besar karena mereka belum pernah terpapar virus sebelumnya, dan vaksin yang mereka dapatkan mungkin kurang efektif. 

Namun, Dr Arora mengklarifikasi bahwa hanya satu varian yang tidak bertanggung jawab atas gelombang COVID-19 saat ini di China, Jepang, dan Korea Selatan, ada tiga varian lagi yang merupakan hasil mutasi yang terjadi pada strain Omicron.

Omicron varian baru Covid-19 (ilustrasi)

Photo :
  • ANTARA/Shutterstock

"Tiga varian, selain strain BF.7 Omicron adalah seri BN dan BQ, dan varian SVV. Ketiga varian lainnya ini memiliki mutasi berat pada protein lonjakannya sehingga mereka dapat dengan mudah menghindari kekebalan yang diinduksi oleh vaksin," imbuhnya.

Ada pun dikabarkan, China dilaporkan berjuang untuk mengelola ledakan kasus COVID-19 yang tiba-tiba di negara itu. Menurut laporan terbaru, negara mencatat jutaan kasus setiap hari, dan jumlah kematian juga telah melampaui angka sebelumnya di negara tersebut. Di sisi lain, Jepang telah mencatat 415 kematian akibat COVID-19, jumlah tertinggi dalam satu hari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya