China Laporkan 2 Kasus Flu Burung pada Manusia, Bakal Picu Pandemi?

Tenaga kesehatan di China memeriksa unggas untuk mencegah penyebaran flu burung.
Sumber :
  • Foto Arsip/Antara Foto

VIVA Lifestyle – China baru saja melaporkan dua kasus flu burung pada satu pria dan satu wanita yang jaraknya lebih dari 800 ratusan mil. Laporan kasus ini muncul di tengah meningkatnya kekhawatiran bahwa virus tersebut siap menyebar ke manusia dan menyebabkan pandemi selanjutnya.

Mobil Listrik Toyota bZ3C dan bZ3X Resmi Meluncur, Begini Tampilannya

Dikutip Daily Mail, Jumat 3 Maret 2023, wanita berusia 53 tahun dari provinsi Jiangsu di China timur itu dinyatakan positif bulan Februari lalu untuk jenis H5N1 yang telah menghancurkan populasi burung dunia, menurut kantor berita BNO. Scroll untuk informasi selengkapnya.

Sementara itu, pejabat kesehatan China mengumumkan bahwa seorang pria berusia 49 tahun di provinsi Guangdong China selatan dinyatakan positif H5N6 setelah melakukan kontak dengan unggas hidup.

Joe Biden Sahkan Undang-undang yang Membuat Tiktok Terancam Diblokir

Ilustrasi flu burung lewat unggas

Photo :
  • Times of India

Kekhawatiran tentang potensi penularan ke manusia telah muncul dalam beberapa pekan terakhir setelah seorang gadis Kamboja meninggal karena virus dan ayahnya dinyatakan positif. Para ilmuwan di lapangan mengatakan strain yang mereka infeksi memiliki mutasi yang membuatnya lebih baik dalam menginfeksi manusia.

Sejarah Tercipta Thomas Cup dan Uber Cup, Sempat Tertunda Gegara Perang Dunia II

Pejabat setempat saat ini juga mengonfirmasi bahwa kasus di Kamboja berasal dari unggas dan tidak menyebar dari orang ke orang. Selain itu, kasus di Kamboja disebabkan oleh H5N1 clade 2.3.2.1c, varian lama yang endemik pada burung liar dan unggas di negara tersebut.

Kasus Tak Saling Berhubungan
Tidak ada yang menunjukkan bahwa kedua kasus China itu berhubungan, juga tidak ada jenis flu burung yang menyebar dari manusia ke manusia. Pasien wanita Cina mulai mengalami gejala setelah makan ayam pada 31 Januari, dan dinyatakan positif H5N1 sekitar bulan Februari. Keadaannya saat ini tidak diketahui dan hanya sedikit informasi yang dirilis.

Pengurutan genetik di China menemukan bahwa kasus tersebut disebabkan oleh H5N1 clade 2.3.4.4b — strain flu burung yang saat ini menghancurkan populasi burung secara global dan telah menginfeksi banyak burung dan mamalia sejak 2021. Clade adalah subdivisi lebih lanjut dari virus influenza dalam strain.

Sementara itu, seorang pria di provinsi Guangdong China selatan dinyatakan positif terkena H5N6. Departemen kesehatan Hong Kong dan pusat perlindungan kesehatan (CHP) kemarin mengumumkan bahwa pria itu tertular flu setelah melakukan kontak dengan unggas hidup. Dia mengalami gejala pada 17 Desember 2022 dan dirawat di rumah sakit empat hari kemudian dalam 'kondisi serius'.

Penularan Flu Burung pada Manusia
Sebanyak 83 kasus flu burung pada manusia telah dilaporkan oleh otoritas kesehatan daratan sejak 2014. Badan-badan kesehatan bersama-sama mendesak masyarakat untuk menghindari mengunjungi pasar basah dan peternakan.

Flu burung di Kamboja.

Photo :
  • AP Photo

H5N6 adalah salah satu dari enam subtipe hemagglutinin (HA) utama virus flu burung yang menginfeksi manusia dan menyebabkan penyakit pernapasan akut. Infeksi H5N6 seringkali parah atau fatal. Virus tersebut diketahui beredar pada unggas di beberapa negara Asia. Secara global, hanya China dan Laos yang memiliki kasus manusia.

Pada tahun 2020, H5N6 menyebabkan kematian 1.840 dari 2.497 unggas di peternakan unggas di provinsi Sichuan di Tiongkok. Fakta bahwa beberapa kasus pada manusia ini semuanya terjadi dalam hitungan minggu mungkin merupakan tanda yang mengkhawatirkan.

Itu terjadi ketika para ahli memperingatkan bahwa kasus Kamboja memberikan bukti kemungkinan mutasi pada virus tersebut. Dr Erik Karlsson, yang memimpin tim di Institut Pasteur Kamboja yang memecahkan kode urutan genetik virus gadis itu, memperingatkan bahwa itu berbeda dari yang diambil dari burung.

“Ada beberapa indikasi bahwa virus ini telah melewati manusia. Setiap kali virus ini masuk ke inang baru, mereka akan mengalami perubahan tertentu yang memungkinkan mereka bereplikasi sedikit lebih baik atau berpotensi mengikat sel di saluran pernapasan kita sedikit lebih baik," kata dia.

Namun dia menambahkan bahwa virus itu belum sepenuhnya beradaptasi dengan manusia, dengan mengatakan pada dasarnya 'masih virus burung'. Dr Karlsson mengatakan mutasi baru tidak mungkin terjadi pada gadis itu, tetapi mungkin ada di 'awan' virus dengan perubahan genetik acak di dalam burung.

Keresahan penularan dalam bentuknya saat ini tidak mungkin menyebabkan wabah besar. Penularan yang meluas akan membutuhkan mutasi yang memungkinkannya berikatan dengan reseptor yang ditemukan pada sel di hidung.

Sebab, H5N1 memiliki tingkat kematian manusia sekitar 50 persen. Hanya ada sekitar 870 kasus di antara orang-orang secara global. Klade 2.3.4.4b telah memusnahkan populasi burung dunia selama setahun terakhir, menyebabkan rekor kematian.

Lebih dari 15 juta hewan telah diserang dan dibunuh oleh virus itu sendiri, sementara pemerintah secara kolektif telah memusnahkan lebih dari 200 juta di seluruh dunia untuk mengekang penyebaran virus, termasuk 58 juta di AS saja.

Flu burung adalah jenis influenza menular yang menyebar di antara unggas. Secara umum, infeksi flu burung pada manusia jarang terjadi. Dalam kasus ini, dapat ditularkan ke manusia melalui kontak dekat dengan burung yang terinfeksi mati atau hidup. Manusia dapat menjadi sakit ketika cukup banyak virus yang masuk ke mata, hidung, mulut seseorang atau terhirup. 

Orang-orang dengan kontak dekat atau tanpa perlindungan yang lama (tidak menggunakan pelindung pernapasan dan mata) dengan unggas yang terinfeksi atau di tempat-tempat di mana unggas yang sakit, lendir, air liur, atau kotorannya telah terkontaminasi mungkin berisiko lebih besar terhadap infeksi.

Cara penularan lainnya termasuk menyentuh unggas yang terinfeksi, dropping atau tempat tidur. Orang-orang juga dapat tertular flu burung jika mereka membunuh atau menyiapkan unggas yang terinfeksi untuk dimakan, seperti yang dilaporkan telah dilakukan oleh seorang wanita di China.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya