Waspada, Batuk Kering di Waktu Ini Ternyata Tanda Penyakit Jantung

Ilustrasi batuk.
Sumber :
  • Freepik/drobotdean

VIVA Lifestyle – Penyakit kardiovaskular masih menjadi ancaman dunia dan masih menjadi penyebab kematian nomor satu di seluruh dunia. Data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan, lebih dari 17 juta orang di dunia meninggal akibat penyakit jantung dan pembuluh darah.

5 Manfaat Menakjubkan Mengonsumsi Air Kelapa Setiap Hari, Bisa Jaga Kesehatan Jantung

Konsultan Ekokardiologis Jantung dan Pembuluh Darah di Heartology Cardiovascular Hospital, Dr. Sri Diniharini, menjelaskan, gangguan jantung dan pembuluh darah dapat disebabkan oleh berbagai hal, sehingga penanganannya berbeda tergantung etiologinya. Scroll untuk info selengkapnya.

"Dibutuhkan pemeriksaan diagnostik untuk menegakkan diagnosis dengan lebih akurat bagi pasien, sehingga terapi dan penanganan yang tepat dapat segera dilakukan untuk menyelamatkan jiwa pasien (life saving). Baik terapi pengobatan, intervensi hingga bedah jantung dan pembuluh darah," ujarnya saat media gathering Heartology Cardiovascular Center, yang digelar online, Rabu 15 Maret 2023. 

Jokowi Bersyukur Angka Stunting Turun dari 37 Persen Menjadi 21 Persen

Ilustrasi jantung.

Photo :
  • Pixabay

Lebih lanjut dia menjelaskan, beberapa tanda dan gejala dari penyakit jantung antara lain, gampang lelah. Jika penderita merasa mudah capek, dokter Dini menyarankan untuk berhati-hati. Selain itu, Anda harus memastikan apakah fungsi jantung Anda bekerja dengan baik atau tidak. 

5 Manfaat Rebusan Air Daun Salam, Bisa Bantu Kurangi Kadar Gula Darah

"Kemudian sering nyeri dada. Itu juga harus diwaspadai, apakah nyeri dadanya akibat gangguan fungsi jantung atau tidak. Dan perlu diketahui, tidak semua nyeri dada itu adalah akibat jantung, sehingga perlu diagnosa dini yang tepat," kata dia. 

Gejala selanjutnya adalah detak jantung sering berdebar. Menurut dr. Dini, itu juga termasuk salah satu tanda dan gejala terjadinya masalah pada jantung. 

"Rasa pusing, napas menjadi pendek saat beraktivitas. Kemudian tangan dingin atau sering berkeringat dingin seluruh tubuh sampai dengan tangan. Tangan sering membiru, pucat. Ada pembengkakan mungkin di lengan, sekitar mata atau di kaki, itu juga tanda ada penyakit jantung," ungkapnya. 

Tidak hanya itu, Dini mengatakan, batuk kering terutama pada malam hari, juga bisa menjadi pertanda dari adanya penyakit jantung. 

"Atau sering pegal terutama di tengkuk, itu merupakan tanda ataupun gejala penyakit jantung," paparnya. 

nyeri tengkuk dan leher

Photo :
  • Times of India

Lalu, bagaimana tanda dari serangan jantung?

"Rasa tertekan di dada disertai sesak. Bisa juga sampai rasa tercekik di leher atau di rahang. Kemudian rasa nyeri dada itu bisa menjalar ke bagian lengan kiri, leher sampai dengan punggung. Dan keluhan tersebut berlangsung 15-20 menit terus-menerus dan intens," jelasnya. 

Dokter Dini lebih jauh memaparkan, tanda berikutnya dari serangan jantung adalah muncul keringat dingin. Rasa sakitnya juga terasa intens, meskipun pasien sudah beristirahat. 

"hati-hati, ini merupakan tanda serangan jantung," pungkas dr. Sri Diniharini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya