5 Makanan yang Bikin Kuat Puasa Seharian

Ilustrasi sedang makanan.
Sumber :
  • Pexels/Rachel Claire

VIVA Lifestyle – Tinggal menghitung hari lagi bagi umat Muslim untuk memasuki bulan Ramadhan dan menjalani puasa selama 1 bulan. Puasa dilakukan dengan menahan makan dan minum serta nafsu seperti amarah dan lain sebagainya yang tidak baik. 

Keutamaan Mengamalkan Asmaul Husna di Bulan Ramadhan

Saat berpuasa, tentu kamu harus memastikan bahwa tubuh akan kuat menjalaninya selama seharian. Salah satunya adalah dengan memakan makanan yang yang dapat membantu membuat kita tetap kuat selama berpuasa. 

Ada beberapa jenis makanan yang dapat membantu kamu tetap kuat selama berpuasa seharian. Apa saja? Berikut ini makanan yang bikin kuat puasa seharian, dihimpun dari berbagai sumber pada Jumat, 17 Maret 2023. 

Dosa Ini Sering Dianggap Sepele Tapi Dapat Menghilangkan Pahala Puasa Ramadhan

1. Makanan karbohidrat kompleks

karbohidrat

Photo :
  • U-Report
Kenapa Puasa Malah Bikin Lemas? Ahli Ungkap Kesalahan Fatal Ini Saat Berpuasa

Agar puasa tetap kuat seharian, kamu perlu memakan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Misalnya seperti roti gandum, nasi cokelat, oatmeal atau kentang yang dapat memberikan energi dengan stabil dan bertahan lama. Makanan ini memerlukan waktu lebih lama untuk dicerna, sehingga memberikan rasa kenyang yang lebih lama.

2. Makanan protein

Ilustrasi makanan tinggi protein.

Photo :
  • U-Report

Kamu juga perlu mengonsumsi protein seperti telur, ayam, ikan atau kacang-kacangan yang dapat membantu kamu merasa kenyang lebih lama dan mencegah rasa lapar yang berlebihan. Protein juga membantu menjaga massa otot dan menghindari kelelahan.

3. Sayuran dan buah-buahan

sayur dan buah

Photo :
  • Pixabay/ carlosfs05

Selanjutnya, kamu juga harus mengonsumsi sayuran dan buah-buahan saat berbuka puasa atau sahur. Sayur dan buah dapat membantu mengisi nutrisi yang hilang selama puasa. Makanan ini mengandung serat, vitamin dan mineral yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

4. Minuman yang cukup

Ilustrasi minum air/air putih.

Photo :
  • Pexels/Karolina Gabrowska

Pastikan juga kamu minum cukup air putih saat berbuka puasa dan sahur untuk menghindari dehidrasi. Kamu juga dapat minum minuman yang mengandung elektrolit seperti air kelapa untuk membantu mengisi kembali cairan dan nutrisi yang hilang.

5. Makanan yang mengandung lemak sehat

Buah alpukat

Photo :
  • Times of India

Terakhir, kamu bisa mengonsumsi makanan yang mengandung lemak sehat seperti yang terdapat dalam kacang-kacangan, alpukat atau minyak zaitun dapat membantu memperpanjang waktu perasaan kenyang dan memberikan energi yang stabil.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya