Awas Jangan Tidur Usai Sahur, Penyakit Ini Rentan Mengintai

Ilustrasi tidur.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Lifestyle – Sejak ditetapkannya 1 Ramadhan 1444 Hijriah jatuh pada Kamis 23 Maret 2023, umat muslim mulai menjalankan ibadah puasa. Tentu puasa Ramadhan kali ini sedikit berbeda dengan 2 tahun lalu, yang mana ada pembatasan karena berada di tengah wabah pandemi COVID-19. 

Jangan Sembarangan! Ini Dia 5 Tips Memilih Cemilan Sehat untuk Anak

Puasa Ramadhan tahun ini sudah banyak kelonggaran, mulai melepas masker dan tidak ada pembatasan lainnya yang harus dipatuhi. Meski demikian, penting untuk tetap menjaga kesehatan selama puasa Ramadhan. Yuk, scroll untuk info selengkapnya.

Indrata Nur Bayu Aji, Bupati Pacitan mengatakan, masyarakat diminta menerapkan pola hidup yang sehat dan menjaga pola makan yang baik, agar dapat tetap beribadah dengan sehat dan bugar selama berpuasa. Pola hidup sehat tersebut selain menjaga kesehatan tubuh juga menangkal berbagai penyakit yang muncul di bulan puasa.

Skrining Kesehatan Ungkap Banyak Orang Indonesia Punya Kolesterol Tinggi, Dokter: Ada yang 24 Tahun

Ilustrasi makanan/ buka puasa/ batalkan puasa.

Photo :
  • Freepik/rawpixel.com

"Menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi dan agar puasa bisa berjalan lancar adalah  tetap mengatur pola makan sehat dan menjaga kebersihan lingkungan,” kata Aji.

Heboh Roti Aoka Diduga Pakai Bahan Pengawet Berbahaya, Asosiasi Produsen Makanan Buka Suara

Dokter Daru Mustiko Aji, PLT Kadinkes Pacitan menjelaskan saat puasa sebaiknya memilih jenis menu makanan yang tepat dan asupan nutrisi untuk sahur maupun berbuka puasa. Itu menjadi hal penting dilakukan demi menjaga kesehatan.

Makan sahur disarankan memilih jenis makanan dengan gizi seimbang, mengandung karbohidrat, protein serta lemak. Hindari atau batasi konsumsi makanan yang digoreng. 

"Makanan untuk sahur lebih baik dikukus atau direbus. Jangan konsumsi makanan yang digoreng. Sahur sebaiknya dilengkapi buah dengan kandungan gula alami untuk menjaga kesehatan tubuh," jelasnya.

Selain makanan, hindari tidur setelah sahur. Kebiasaan ini dapat  memicu berbagai penyakit seperti peningkatan asam lambung dan menyebabkan gangguan pencernaan. 

"Sebaiknya habis sahur jangan langsung tidur. Sebab akan timbul penyakit yang diakibatkan dari pencernaan," tambahnya.

Ilustrasi tidur.

Photo :
  • Unsplash/Kinga Cichewicz

Sedangkan untuk berbuka puasa, awali dengan minum air putih dan kemudian makanan manis, terutama yang berasal dari buah-buahan. Penting juga untuk menghindari makan berlebihan, sebab hal ini bisa memicu meningkatnya risiko gangguan pencernaan. Berbuka dengan makan nasi dan sebagainya dianjurkan juga setelah jeda beberapa saat. 

Selama Ramadhan, Pola Hidup Sehat (PPHBS) menjadi salah satu faktor penunjang  demi menangkal dini berbagai penyakit. Menjalankan ibadah puasa dengan tetap memerhatikan kebersihan lingkungan agar keluarga  tetap terjaga dan terhindar dari berbagai penyakit.

Usahakan untuk tetap aktif dengan melakukan aktivitas fisik ringan. Konsultasikan kepada pelayanan kesehatan jika ada keluhan. Agar mendapat saran berpuasa yang sesuai dengan kondisi saat ini.

Laporan: Agus Wibowo

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya