3 Orang Meninggal Akibat Penyakit Misterius di Burundi, Diimbau Hindari Makan Hewan Liar

Ilustrasi virus.
Sumber :
  • Freepik/kjpargeter

VIVA Lifestyle – Tiga orang di negara Burundi yang dikarantina telah kehilangan nyawa mereka selama tiga hari karena penyakit yang belum diidentifikasi secara resmi. Kondisi ini telah memaksa puluhan orang lainnya menjalani karantina ketat.

Ratusan Warga Pesisir Selatan Diserang Virus Diare, 4 Orang Meninggal

Otoritas kesehatan mendesak penduduk di negara kecil Afrika Timur untuk sering mencuci tangan dan menghindari makan hewan liar dalam upaya menghentikan penularan penyakit misterius yang mematikan.

Gejala penyakit ini mirip dengan virus ebola dan marburg yang sangat berbahaya, namun Kementerian Kesehatan Burundi telah mengesampingkan kedua penyakit tersebut. Menurut para saksi, tanda-tanda penyakit tersebut termasuk perdarahan di hidung setelah korban meregang nyawa.

Bawaan Lahir yang Buat Vior Dicap Sebagai Bocah Kosong

Ilustrasi sakit perut

Photo :
  • Pexels/sora shimazaki

"Tanda sakit perut, pendarahan hidung yang meningkat setelah kematian, sakit kepala akut, demam tinggi, muntah dan pusing," lapor situs berita SOS Media Burundi, dikutip laman News.

Ceritakan Pengalaman Mistis, Inul Daratista Pernah Muntah Darah

Ketiga pasien dilaporkan meninggal dalam waktu 24 jam dengan gejala muncul, dengan semua tinggal di lingkungan yang sama.

“Itu adalah penyakit yang membunuh dengan cepat,” kata seorang perawat dari pusat kesehatan Migwa kepada situs berita. "Ini mengerikan, kita semua menunggu kematian."

Dapat dipahami bahwa dia bekerja di pusat perawatan kesehatan yang menerima dua pasien pada jam-jam terakhir mereka.

Sementara itu seorang siswa berusia 18 tahun dari komunitas Burundi lainnya juga dirawat di rumah sakit berbeda dengan gejala serupa, termasuk muntah darah dan diare serta mimisan.

"Dia meninggal pada hari yang sama dan pemakaman yang bermartabat dan aman disediakan untuknya," kata Kementerian Kesehatan dalam sebuah pernyataan

Ilustrasi virus.

Photo :
  • U-Report

Negatif Virus Marburg

Pakar kesehatan menduga siswa tersebut meninggal setelah tertular virus Marburg, karena wabah yang sedang terjadi di negara tetangga Tanzania.

Marburg dikenal dengan tingkat kematian kasus yang tinggi dan sifatnya yang mirip epidemi, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan di situs webnya.

Juga dikenal sebagai "filovirus" atau sepupu ebola, itu menyebabkan demam tinggi yang dapat dengan cepat berkembang menjadi pendarahan parah yang bisa berakibat fatal.

Pada 22 Maret, delapan kasus marburg terdeteksi di Tanzania, dengan lima pasien meninggal dunia. Seorang petugas kesehatan termasuk di antara korban yang kehilangan nyawa setelah tertular virus.

Sebuah tim segera dikirim untuk menilai penyebab kematian pria Burundi berusia 18 tahun itu karena diyakini dia mungkin menderita marburg atau ebola. Namun, hasil analisisnya negatif untuk kedua virus tersebut.

Ilustrasi virus.

Photo :
  • www.pixabay.com/typographyimages

“Kementerian Kesehatan Manusia dan Pemberantasan AIDS terkejut karena tidak ada wabah ebola atau marburg di provinsi Muyinga. Kami melanjutkan penyelidikan untuk mengidentifikasi penyebab kematian," kata Kementerian Kesehatan setempat.

Berita tentang penyakit yang misterius itu telah menimbulkan ketakutan di masyarakat mengingat hanya sedikit yang dapat dilakukan penduduk setempat untuk melindungi diri dari virus selain dari langkah-langkah kebersihan dasar.

“Sejauh ini, belum ada strategi pencegahan nyata terhadap penyakit ini yang dikomunikasikan,” kata seorang anggota kabinet pemerintah kepada SOS Media Burundi.

“Selain mencuci tangan dan menghindari saling menyapa, tidak ada tindakan tegas yang dapat meningkatkan kontaminasi.”

Kementerian Kesehatan sejak itu menyarankan warga Burundi untuk mencuci tangan dengan air bersih dan sabun serta menghindari kontak tanpa perlindungan dengan cairan tubuh, mengonsumsi hewan liar, dan menyentuh mayat dengan penyebab kematian yang tidak diketahui, sebagai tindakan untuk melindungi diri mereka sendiri.

“[Kami] meminta seluruh penduduk dan warga negara untuk tetap aman tetapi waspada dalam memberi tahu petugas kesehatan masyarakat terdekat setiap kali mereka melihat seseorang dengan gejala yang mirip dengan yang kami sebutkan,” Kementerian Kesehatan mengatakan

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya