Selain Ibadah Ramadhan, Puasa Bermanfaat Cegah Jerawat Hingga Penuaan Dini

Ilustrasi wanita.
Sumber :
  • Freepik/cookie_studio

VIVA Lifestyle – Puasa Ramadhan diwajibkan bagi setiap muslim di seluruh dunia selama sebulan penuh sebagai bentuk ibadah kepada Allah SWT. Tidak hanya itu, puasa sebenarnya memberi proses pada tubuh untuk membuang racun yang bermanfaat pada kesehatan kulit secara menyeluruh mulai dari cegah penuaan dini hingga jerawat meradang.

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Seringkali, komponen di dalam tubuh memberikan hasil yang jauh lebih nyata jika dibandingkan dengan hanya mengoleskan krim dan serum untuk kesehatan kulit. Jika Anda memulai dengan dasar kesehatan yang kuat, produk perawatan kulit bak lapisan gula pada kue.

Studi sebelumnya menyebut bahwa kondisi kulit yang buruk diturunkan akibat genetik. Namun kini, penelitian mengungkapkan bahwa gaya hidup dan pola makan tepat bermanfaat bagi kesehatan kulit, termasuk dengan puasa yang menyehatkan.

3 Skincare Ini Jadi Paling Diandalkan oleh Penggunanya

Ilustrasi puasa.

Photo :
  • U-Report

Kesehatan kulit mencerminkan kesehatan usus. Puasa ibarat naik kereta ekspres menuju solusi masalah kulit Anda. Jadi, puasa sebenarnya juga terbukti memicu perubahan pada tingkat genetik dengan menerapkan pilihan gaya hidup sehat. Lantas, apa saja manfaat puasa bagi kesehatan kulit? Berikut ulasannya dikutip laman Medium.

Ninja Xpress: Pengiriman Paket Melonjak 20 Persen saat Ramadhan 2024

Meningkatkan Produksi Kolagen

Pikirkan kolagen sebagai tenda yang menopang kulit agar tetap terlihat terlatih dan awet muda. Kulit mulai membuat lebih sedikit kolagen seiring bertambahnya usia membuat wajah kita terlihat agak kempes dan penampilan pun tampak lebih tua.

Hormon pertumbuhan manusia membantu membangun dan bahkan memperbaiki kolagen. Puasa adalah salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan hormon pertumbuhan. Ini dapat meningkatkannya hingga 2000 persen pada pria dan 1300 persen pada wanita.

Tubuh Membuat Sel Kulit Baru

Puasa menginduksi proses yang disebut autophagy. Mekanismenya memungkinkan protein lama yang rusak diperbarui saat tubuh Anda memasuki mode perbaikan. Sel-sel yang rusak sedang didaur ulang memungkinkan sel-sel yang lebih baru dan lebih sehat untuk menggantikannya. Ini termasuk sel kulit! Puasa yang berkepanjangan bahkan memungkinkan sel induk baru dibuat.

Ilustrasi wanita.

Photo :
  • Freepik/benzolx

Kulit Menerima Lebih Banyak Nutrisi

Puasa membantu meningkatkan aliran darah ke kulit. Kulit Anda sebenarnya menerima nutrisi dan oksigen melalui darah. Seiring bertambahnya usia, proses alami ini menjadi terganggu. Beruntung, puasa meningkatkan pembuluh darah kulit yang menghasilkan pengiriman nutrisi yang optimal ke kulit kita. Puasa bahkan membantu menunda penuaan sistem pembuluh darah kita.

Lebih Banyak Antioksidan Dihasilkan

Semakin banyak antioksidan dalam tubuh Anda, semakin banyak kolagen yang tertunda. Kita membutuhkan antioksidan untuk melawan radikal bebas yang menyerang kita setiap hari.

Jika kita memiliki terlalu banyak radikal bebas, mereka dapat merusak sel dan DNA kita. Saat Anda berpuasa, tubuh Anda mulai membangun mekanisme pertahanan antioksidannya. Ini menawarkan perlindungan terhadap stres oksidatif yang tidak hanya memengaruhi kulit Anda, tetapi seluruh tubuh. Semakin banyak antioksidan yang beredar di tubuh kita, semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk terbentuknya kerutan.

Atasi Peradangan Kulit

Ilustrasi Kulit Wajah Sehat

Photo :
  • SNP Lab

Puasa mengurangi peradangan di dalam tubuh kita. Akibatnya, kondisi kulit yang meradang tidak punya pilihan selain membaik dan dalam banyak kasus, sembuh total.

Jerawat, rosacea, dermatitis, psoriasis, ruam, dan eksim adalah contoh kondisi peradangan kulit yang tidak harus menjadi hukuman seumur hidup. Mereka hanyalah manifestasi luar dari peradangan internal.

Kulit Lebih Baik Tanpa Biaya Mahal

Hal yang luar biasa tentang menerapkan puasa adalah Anda mendapatkan serangkaian manfaat kesehatan kulit dan lainnya tanpa biaya atau investasi uang. Yang Anda butuhkan hanyalah niat untuk puasa dan disiplin untuk menindaklanjutinya.

Bicara soal kesehatan kulit, Miss Indonesia 2022 Audrey Vanessa, turut berbagi tips untuk tak pernah luput untuk merawat diri, khususnya kulit wajah yang menjadi kontak pertama ketika kita berinteraksi. Untuk menjawab kebutuhan perempuan Indonesia agar bisa bebas dan leluasa beraktivitas di luar ruangan tanpa keraguan, dapat menggunakan kombinasi sunscreen dan krim serum multifungsi dengan SPF 35, serum vitamin C dan niacinamide yang diformulasikan ringan dan cepat meresap seperti Glow & Lovely.

"Apalagi saat ini kita sudah lebih bebas untuk beraktivitas di luar ruangan ya, jangan sampai lupa pakai sunscreen. Inget ya teman-teman, tujuan kita merawat kulit adalah untuk memiliki kulit wajah yang sehat terawat sehingga glowing kita dapat terpancar lebih sempurna dan lebih percaya diri," katanya yang turut mendukung program Glow & Lovely Bintang Beasiswa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya