Jangan Abai, Kebiasaan Buruk di Bulan Ramadhan Ini Rentan Picu Diare Hingga Tifoid

Ilustrasi menahan lapar, sakit perut
Sumber :
  • Pixabay/ mohamed-hassan

VIVA Lifestyle – Ramadhan selalu menjadi bulan yang dirindukan bagi umat Muslim. Tidak jarang banyak orang yang membuang makanan saat bulan Ramadhan karena terkesan lapar mata saat membeli makanan yang membuatnya menumpuk dan pada akhirnya tidak termakan sehingga terbuang, yang tanpa disadari membuat banyak serangga muncul di rumah. 

10 Tips Redakan Nyeri Haid dengan Cara Alami

Makanan yang dibuang secara sembarangan dapat menimbulkan datangnya serangga, salah satunya kecoa. Kecoa menjadi musuh yang paling dihindari keberadaannya di dalam rumah. Tidak heran banyak orang yang merinding bahkan takut saat melihat hewan jenis serangga ini. Yuk, scroll untuk info selengkapnya.

Rumah yang kotor juga menjadi daya tarik bagi kecoa. Sebab, kecoa juga kerap menyukai hidup di lingkungan yang kotor misalnya dari saluran pembuangan air seperti bak cuci piring atau tempat pembuangan sampah. Perlu diketahui, serangga yang satu ini senang hidup di tempat yang hangat, gelap, dan lembap.

5 Tips Pilih Camilan Sehat Buat Anak, Jangan Cuma Lezat Bun!

“Kecoa pada dasarnya tidak menggigit manusia. Namun, kecoa termasuk hama yang berbahaya bagi kita dan dapat menimbulkan kerugian. Contohnya kecoa membawa banyak bakteri dari berbagai macam tempat kotor yang bisa dengan mudah mencemari makanan manusia ketika kecoa tersebut menyentuhnya," ujar Head of Business Development Etos Indonusa yang bergerak di bidang pengendalian hama, Radhy, dalam keterangannya.

Weekend ke Mana? Yuk, Nikmati Hidangan ala Gourmet Cocok Buat Temen Nongkrong

Alasan utama kecoa dapat menyentuh makanan, karena makanan tersebut tercium oleh mereka. makanan yang disimpan di tempat terbuka maupun tersimpan dengan wadah tidak rapat menjadi sasaran empuk kecoa. Apalagi di saat Bulan Ramadhan ini, banyak masyarakat yang membeli makanan yang pada akhirnya terbuang. 

Kemampuan kecoa untuk menyebarkan penyakit sangat cepat dengan cara mencemari makanan manusia melalui kuman yang terbawa dari tempat-tempat kotor. Mirisnya, kuman yang dibawa oleh kecoa itu dapat menimbulkan bahaya penyakit bagi kesehatan tubuh yang berisiko membatalkan puasa Ramadhan.

“Ketika kecoa tersebut menyentuh makanan, makanan tersebut tandanya sudah terkontaminasi bakteri dari tubuh mereka. kecoa membawa bakteri seperti salmonella, staphylococcus, dan streptococcus. Makanan yang sudah terkontaminasi oleh kecoa, ketika di konsumsi oleh manusia dapat menyebabkan penyakit usus, seperti disentri, diare, kolera, sampai demam tifoid," lanjut Radhy

Berbagai cara pun dilakukan agar kecoa tidak muncul di sela-sela rumah. Berikut tips yang diberikan Etos agar rumah Anda terbebas dari serangan hama kecoa. Simak tipsnya berikut ini.

Membuang sampah secara rutin
Sampah yang menumpuk di rumah bisa mengundang banyak serangga salah satunya adalah kecoa. Pastikan tempat pembuangan sampah tertutup secara rapat dan buang sampah secara rutin setiap hari. 

Ilustrasi tempat sampah.

Photo :
  • Pixabay/Romi

Jangan menumpukan barang bekas atau barang tidak terpakai
Tumpukan barang bekas menjadi tempat persembunyian yang sangat disukai kecoa karena membuat area lebih banyak debu, jarang tersentuh oleh manusia, serta Lembap dan gelap. 

Pastikan tidak ada tumpukan barang bekas yang sudah tidak diperlukan lagi seperti tumpukan bahan dasar kertas, Alat elektronik bekas sampai tumpukan pakaian bekas. Beri perhatian khusus dan bersihkan area-area yang biasanya memiliki tumpukan barang bekas seperti gudang, garasi dan loteng.

Menyimpan bahan makanan secara tertutup
Tempat di mana terdapat bahan baku makanan harus disimpan dengan benar agar terbebas dari hama. Buah dan sayuran yang terlalu matang atau hampir busuk dapat menarik kecoa untuk datang. Pastikan tidak meninggalkan makanan apapun di tempat yang terbuka. Simpanlah buah dan sayuran di wadah tertutup, Anda juga dapat menyimpan di dalam kulkas agar lebih tahan lama.

Menjaga kebersihan pada area dapur dan saluran pembuangan
Cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah datangnya kecoa dengan cara membersihkan dapur secara rutin. Bersihkan pada bagian tersembunyi seperti sela-sela kompor, laci kabinet, sela meja makan. Selain dapur, kebersihan saluran pembuangan seperti kamar mandi juga memerlukan perhatian agar terbebas dari kecoa. 

Pastikan juga saluran pembuangan di kamar mandi tidak tersumbat oleh partikel sabun atau rambut dan pastikan memiliki ventilasi kamar mandi agar sirkulasi udara di ruangan baik. Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mencegah datangnya kecoa di rumah. Jika kecoa di rumah anda sudah terlanjur masuk rumah dan sulit untuk dibasmi, Anda bisa menggunakan jasa pest control atau pengendalian hama seperti Etos. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya