Dulu Diidap Orang Tua, Ini Penyebab Kanker Usus Besar Kini Menyerang Anak Muda

Ilustrasi kanker usus.
Sumber :
  • U-Report

VIVA LifestyleKanker kolorektal atau kanker usus besar menjadi penyakit kanker kedua terbanyak yang menyerang laki-laki. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan bahwa penyakit ini bisa terjadi pada para wanita karena beberapa faktor.

Bukan Hanya Mengedukasi, Tempat Ini Buat Nyaman Anak dan Orangtua

Belum diketahui pasti apa yang menjadi penyebab utama terjadinya kanker kolorektal. Namun, berbagai penelitian menemukan bahwa sejumlah orang dengan faktor resiko tertentu sangat mungkin terkena penyakit mematikan ini. 

Faktor pertama adalah usia lanjut. Biasanya, ditemukan polip kolorektal yang tumbuh pada dinding bagian dalam usus besar atau rektum pada pasien dengan usia di atas 50 tahun. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Verrell Bramasta dan Putri Zulhas Kompak Ingin Memajukan Anak Muda

Ilustrasi kanker usus besar.

Photo :
  • U-Report

Akan tetapi, di zaman yang semakin modern ini justru angka usia pasien semakin menurun, di mana kanker kolorektal banyak diidap oleh pasien berusia mulai dari 30 tahun.

Astra Gelar SATU Indonesia Awards 2024, Ini Syarat Jadi Peserta

"Kanker usus besar ini semakin mengkhawatirkan karena semakin muda usia yang terkena. Angka ini meningkat 2-3 persen sejak 30 tahun yang lalu. Di bawah usia 30 tahun, perekembangannya juga semakin cepat untuk angka deteksi," jelas Dokter Wong Siew Wei, selaku Ahli Onkologi Medis di Parkway Cancer Centre, dalam konferensi pers secara hybrid di Jakarta, Jumat 14 April 2023.

"Kita ngga tahu kenapa, bisa jadi karena kombinasi beberapa faktor seperti gaya hidup, berat badan, dan faktor gen yang menyebabkan perubahan mikrobium usus. Di Eropa dan Amerika, 1 dari 10 pasiennya adalah usia muda," tambahnya.

Selain itu, riwayat kanker yang dialami oleh pasien juga meningkatkan terjadinya kanker kolorektal. Ada juga pasien yang pernah mengalami radang usus besar, seperti kolitis ulseratif atau Chron's Disease, selama beberapa tahun maka ia memiliki resiko lebih tinggi untuk mengidap kanker ini.

"Bila seseorang sudah pernah mengalami kanker kolorektal, ia bisa kembali terkena kanker itu untuk kedua kalinya," katanya.

Faktor gen atau keturunan juga menjadi salah satu penyebab kanker kolorektal, baik pada pria maupun wanita. Khususnya, apabila anggota keluarga pernah mengidap kanker di usia muda.

Ilustrasi kanker usus besar

Photo :
  • Eat This

Lebih lanjut, faktor penyebab kanker kolorektal yang patut diwaspadai adalah gaya hidup yang tidak sehat. Penyebab kanker yang satu ini seringkali kurang disadari karena aktivitas yang dilakukan secara berulang setiap hari.

Alasan mengapa kanker kolorektal lebih banyak terjadi pada pria adalah karena mereka dinilai punya gaya hidup yang lebih tidak sehat dibandingkan wanita seperti kebiasaan merokok. 

Selain merokok, gaya hidup tidak sehat yang bisa memicu kanker kolorektal adalah mengonsumsi alkohol dan makanan instant seperti daging olahan. Konsumsi daging merah yang berlebihan juga diyakini kurang baik untuk kesehatan. Oleh karena itu, disarankan untuk lebih memperhatikan makanan dengan gizi seimbang dan kaya serat.

Ilustrasi kanker usus besar.

Photo :
  • http://beritatrendz.blogspot.com

"Penyebab kanker kolorektal pada umumnya karena merokok, minum alkohol, mengonsumsi makanan instan atau daging olahan, lalu daging merah terlalu banyak. Sebaiknya makan makanan sehat terutama yang mengandung serat tinggi," kata dokter Wong.

Apabila pola hidup tidak sehat itu terus berlanjut dan kurangnya kesadaran dari anak-anak muda, maka dikhawatirkan penyakit ini akan berdampak semakin buruk pada keturunan beberapa tahun ke depan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya