8 Tips Mencegah Mabuk Perjalanan Biar Mudik Tetap Nyaman

Ilustrasi mabuk perjalanan.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle – Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran sudah tinggal menghitung hari lagi. Saat ini sudah mulai memasuki musim mudik atau pulang kampung ke kampung halaman. Mudik bisa dilakukan dengan menggunakan transportasi pribadi seperti mobil atau motor maupun transportasi umum seperti kereta, bus, pesawat dan yang lainnya. 

Lonjakan Kasus DBD di Lampung, 1.779 Kasus Terungkap dengan 10 Korban Meninggal

Saat mudik, biasanya ada saja orang yang masih suka mabuk perjalanan atau disebut juga motion sickness bisa terjadi pada siapa saja, terutama saat melakukan perjalanan jauh seperti saat mudik. Namun, tak perlu terlalu khawatir lagi karena kamu bisa menggunakan beberapa tips yang akan dijelaskan untuk mencehah mabuk perjalanan.

Ilustrasi mudik.

Photo :
  • Halomoney.
Terpopuler: Sakit yang Diidap Parto sampai Syifa Hadju Pernah Diperingatkan oleh Raffi Ahmad

Berikut ini akan diberikan beberapa tips yang dapat membantu mencegah mabuk perjalanan dan membuat perjalanan mudik tetap nyaman, dihimpun dari laman Kemenkes dan berbagai sumber lainnya pada Senin, 17 April 2023. Scroll ke bawah untuk simak artikel selengkapnya. 

1. Pilih posisi duduk yang nyaman dan stabil, misalnya seperti duduk di depan atau di tengah kendaraan.

5 Mitos Tentang Masturbasi, Benarkah Bisa Hilangkan Keperawanan?

2. Hindari membaca atau menggunakan perangkat elektronik yang bergerak saat dalam perjalanan mudik, terutama jarak jauh. 

3. Usahakan untuk tetap memandang ke depan dan tidak terlalu banyak bergerak atau berbalik badan.

4. Makan makanan yang ringan sebelum melakukan perjalanan dan hindari makanan yang terlalu berat atau pedas.

5. Minum air putih secukupnya agar tubuh tetap terhidrasi.

6. Hindari merokok atau terpapar asap rokok di dalam kendaraan.

7. Buka jendela kendaraan agar udara segar masuk ke dalam kendaraan.

8. Gunakan obat anti mabuk perjalanan yang direkomendasikan oleh dokter jika diperlukan.

Dengan tips-tips di atas, diharapkan ini dapat membantu kamu untuk mencegah mabuk perjalanan dan membuat perjalanan mudik menjadi lebih nyaman dan menyenangkan.

Ilustrasi mudik membawa koper

Photo :
  • VIVA.co.id/Diza Liane Sahputri

Agar perjalanan kita menjadi lebih menyenangkan dan terbebas dari berbagai penyakit atau mabuk perjalanan saat mudik, diperlukan kondisi tubuh yang sehat. Selain itu, setiap 4 jam atau saat pengemudi merasa lelah/mengantuk, lakukanlah peregangan di sela-sela perjalanan.

Pastikan kita tetap menjaga perilaku hidup bersih dan sehat saat berada di perjalanan maupun di Rest Area. Hal ini dapat dilakukan dengan cara mencuci tangan sebelum makan dan menggunakan masker untuk mencegah polusi udara. 

Jika mengalami gejala penyakit selama perjalanan, sebaiknya segera batalkan puasa jika memang mudik di hari puasa dan kunjungi fasilitas pelayanan kesehatan/posko kesehatan terdekat untuk mendapatkan penanganan sedini mungkin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya