Manfaat Penting Rumput Gandum, Turunkan Berat Badan hingga Kadar Kolesterol

Rumput gandum atau wheatgrass.
Sumber :
  • Pixabay/Didgeman

VIVA Lifestyle – Rumput gandum atau wheatgrass belakangan ini tengah populer di kalangan masyarakat sebagai suplemen dan makanan super sehat. Rumput gandum ini merupakan rumput muda, tebal berwarna hijau cerah dari tanaman gandum.

Jangan Malas, Olahraga Bisa Jaga Kesehatan Jantung Hingga Turunkan Risiko Kanker Lho!

Berasal dari keluarga Triticum Aestivum, rumput gandum ini memiliki kandungan vitamin dan kaya akan mineral yang baik bagi kesehatan. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Apa saja manfaat dari rumput gandum? Berikut ini 8 manfaat rumput gandum seperti yang diulas spesialis gizi klinik, dr. Raissa Djuanda, MGizi, SpGK dalam program Hidup Sehat tvOne, Rabu 10 Mei 2023.

Patterns of Hope, Acara Kemanusiaan dari Generasi Muda Jakarta

1. Dapat Meningkatkan Imunitas Tubuh

Dijelaskan oleh Raissa bahwa rumput gandum mengandung berbagai vitamin dan juga memiliki sifat antibakteri yang baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh antara lain Vitamin C dan E yang terdapat tanaman ini.

Cegah Kontaminasi Bromat Berlebih pada Air Minum, Pemerintah Diminta Proaktif

jus rumput gandum

Photo :
  • Consciouslife

"Berbagai efek vitamin dalam tubuh sebagai antioksidan yang menangkal radikal bebas yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh," kata dia.

2. Dapat Menurunkan Berat Badan

Dijelaskan Raissa, rumput gandum hampir tidak memiliki lemak dan kalori melainkan protein yang cukup dan serat yang menyebabkan perut kenyang lebih lama dan efek anoreksia untuk menurunkan nafsu makan pada tubuh sehingga baik untuk mereka yang sedang program turunkan berat badan.

3. Dapatkan Menyehatkan Kulit

Rumput gandum memiliki berbagai vitamin yang baik untuk kesehatan kulit antara lain vitamin A,C E konsumsi minimal 8 bulan bisa cerahkan wajah dan flek hitam pada kulit.

Kulit sehat dan kencang.

Photo :
  • U-Report

4. Baik Dikonsumsi oleh Penyandang Diabetes

Rumput gandum, kata Raissa memiliki indeks glikemik yang rendah dan baik untuk diabetes serta memiliki
serat yang cukup tinggi.

"Jadi penderita diabetes disarankan konsumsi serat 14 gram per 1000 kalori per hari, kebutuhan serat harian  minimal 20-30 gram setiap hari dan bisa dipenuhi salah satunya dengan konsumsi rumput gandum," kata dia.

5. Dapat Menurunkan Risiko Kanker

Dijelaskan Raisa ada sebuah penelitian pada tikus terhadap sel kanker mulut. Tikus tersebut diberikan suplementasi rumput gandum.

"Ternyata rumput gandum ini dapat menurunkan 41 persen sel penumbuhan sel kanker ini baru pada laboratorium sehingga dibutuhkan penelitian lebih lanjut," kata dia.

6. Dapat Mengatasi Anemia

Dijelaskan Raissa bahwa rumput gandum memiliki klorofil, yang mana dalam tubuh dapat meningkatkan kadar oksigen, bisa meningkatkan hemoglobin sehingga baik untuk mengatasi anemia.

Ilustrasi pria anemia.

Photo :
  • U-Report

7. Dapat Mengatasi Depresi

Diungkap Raissa bahwa rumput gandum mengandung vitamin B complex yang baik untuk kesehatan syaraf dan otak.

"Rumput gandum ini dapat memproduksi hormon serotonin dopamin dapat ciptakan tenang dan atasi depresi," kata dia.

8. Dapat Menurunkan Kolesterol

"Ada penelitian yang dilakukan pada tikus diberikan rumput gandum 5ml kemudian dicek kadar profilifitnya dalam darah selama 24 jam setelah 24 jam kadar kolesterol total dan trigliserida bisa menurun. Tapi perlu diingat penelitian baru pada hewan perlu penelitian lanjutan pada manusia," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya