Paling Pas Diminum Pagi Hari, Ini Jenis Teh Terbaik Sesuai Kesehatan Tubuh

Ilustrasi teh chamomile
Sumber :
  • Pixabay/condesign

VIVA Lifestyle – Studi demi studi menunjukkan manfaat minum teh, yang pada dasarnya memverifikasi apa yang diyakini nenek moyang bahwa khasiatnya luar biasa bagi kesehatan tubuh. Tanaman teh sederhana seperti daun camellia sinensis pun telah lama memberikan jawaban atas penyakit yang diderita. Namun, apa jenis teh terbaik?

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Teh sangat beragam yang berasal dari daun dan herbal yang berbeda sehingga khasiatnya pun tak sama satu sama lain. Pakar gizi Beth Czerwony menyebut bahwa teh memberi manfaat yang berbeda sehingga harus disesuaikan dengan kebutuhan tubuh masing-masing.

“Teh yang berbeda menawarkan manfaat yang berbeda. Pilih yang sesuai dengan kebutuhanmu," ujar Beth, dikutip laman Claveland Clinic.

Ramalan Zodiak Jumat 26 April 2024: Taurus Harus Waspada dengan Rekan Kerja, Leo Kena Tekanan Mental

Ilustrasi teh panas

Photo :
  • Pexels

Berikut jenis teh sesuai kebutuhan tubuh

5 Tips Merawat Kucing Peliharaan Agar Tetap Sehat dan Terhindar dari Penyakit

Terbaik untuk kesehatan secara keseluruhan: teh hijau

Dalam hal teh, teh hijau menjadi emasnya. Tinjauan literatur medis menawarkan gambaran tentang manfaat tersebut, menghubungkan konsumsi teh hijau dengan pencegahan kanker, melawan penyakit jantung, atasi darah rendah hingga perawatan anti-inflamasi.

“Teh hijau adalah juara dalam menawarkan manfaat kesehatan,” kata Czerwony. “Ini pisau teh Swiss Army. Itu mencakup banyak wilayah.”

Bahkan, teh hijau mampu menurunan berat badan dan menurunkan kolesterol. Kekuatan penyembuhan teh hijau terkait dengan katekin, senyawa antioksidan yang ditemukan dalam daun teh. Ini membantu melindungi sel-sel Anda dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas yang bereaksi dengan molekul lain di tubuh Anda.

Semua itu, ditambah teh hijau rasanya juga sangat enak. Itu juga bisa menjelaskan mengapa produksi teh hijau di seluruh dunia diperkirakan mencapai hampir 3 juta ton pada tahun 2023.

Teh hijau/green tea

Photo :
  • Pexels/maria tyutina

Terbaik untuk kesehatan usus: teh jahe

Apakah perut Anda terasa agak kacau, seperti Anda baru saja mabuk dari rollercoaster yang menukik dan berputar? Solusinya adalah teh yang terbuat dari jahe, rempah-rempah yang telah teruji oleh waktu telah menenangkan perut sejak zaman kuno.

Studi menunjukkan bahwa jahe secara alami memerangi mual, membuatnya menjadi obat yang tepat jika Anda mengalami mual di pagi hari selama kehamilan, catat Czerwony.

Jahe juga menawarkan manfaat pencernaan yang terbukti dengan membantu tubuh Anda memindahkan makanan dari perut Anda untuk melanjutkan perjalanan saluran pencernaannya. Mempercepat proses itu berfungsi untuk menenangkan gangguan pencernaan dan meredakan sakit perut.

“Jahe melemaskan hal-hal di usus Anda, yang dapat membuat Anda jauh lebih nyaman jika mengalami masalah perut,” kata Czerwony.

Jika jahe tidak sesuai dengan keinginan Anda, teh peppermint juga bisa membantu melawan gangguan pencernaan. Peppermint, bagaimanapun, paling baik untuk masalah yang lebih rendah di usus Anda. Tapi, teh peppermint sebenarnya dapat memperburuk masalah yang lebih tinggi seperti refluks asam.

Ilustrasi teh jahe.

Photo :
  • U-Report

Terbaik untuk kesehatan paru-paru: teh herbal

Jika khawatir dengan paru-paru Anda, inilah cara bernapas lebih mudah: Minumlah teh herbal. Mekuatan anti-inflamasi dalam teh herbal dapat membantu melonggarkan saluran udara yang diperketat oleh kondisi seperti asma, kata Czerwony. Dia merekomendasikan teh herbal yang mengandung kunyit, kayu manis atau jahe sebagai cara untuk menjaga aliran udara.

Sebagai manfaat tambahan, minum secangkir teh herbal panas juga dapat membantu menghilangkan sumbatan dengan melonggarkan lendir. “Ini akan membersihkan kotorannya,” kata Czerwony.

Terbaik untuk penyakit: teh peppermint

Menthol sangat cocok untuk melawan flu - dan teh peppermint dikemas dengan mentol. Teh peppermint bekerja dengan baik untuk mengendurkan otot tenggorokan yang sakit, meredakan hidung tersumbat, dan bahkan menurunkan demam. Itu juga sarat dengan sifat antibakteri dan antivirus untuk memberi Anda dorongan yang sehat.

“Ini benar-benar meningkatkan sistem kekebalan Anda,” kata Czerwony.

Ilustrasi teh peppermint.

Photo :
  • U-Report

Teh lain untuk dicoba saat Anda tidak merasa bugar meliputi echinacea, kembang sepatu, elderberry.

Terbaik saat tidur: teh chamomile

Jika Anda ingin menikmati tidur, seduh secangkir teh chamomile sebelum terlelap di malam hari. Alasannya sederhana, tanaman chamomile seperti bunga aster mengandung apigenin, senyawa antioksidan dan penginduksi tunda. Apigenin menempel pada reseptor di otak Anda dan bekerja untuk mengurangi kecemasan, membangun ketenangan yang damai yang menyebabkan kantuk.

"Chamomile pada dasarnya bertindak sebagai obat penenang ringan," kata Czerwony. "Meneguk itu benar-benar akan membantumu tidur."

Bagaimana dengan teh hitam?

Teh hitam menawarkan banyak manfaat yang sama dengan teh hijau, yang masuk akal jika Anda menganggap teh itu dibuat dari daun tanaman yang sama.

Ilustrasi teh.

Photo :
  • Pixabay/Pexels

Jadi mengapa mereka berbeda? Daun yang digunakan untuk membuat teh hitam dibiarkan menua dan teroksidasi, mengubahnya menjadi coklat atau hitam. Daun teh hijau diproses lebih awal saat masih hijau.

"Teh hitam umumnya juga mengandung lebih banyak kafein daripada teh hijau - faktor pilihan utama jika Anda khawatir tentang membatasi asupan kafein," catat Czerwony.

Bicara soal teh, Indonesia juga memiliki luas lahan perkebunan teh terbesar ke-lima di dunia pada tahun 2020. Produksi teh Indonesia berada di peringkat ke-delapan dunia pada tahun 2020.

“Melihat besarnya potensi produksi teh di Indonesia, Tokopedia berupaya memberikan panggung bagi para produsen maupun penjual teh untuk menjangkau pasar domestik yang lebih luas lagi. Mengingat platform Tokopedia saat ini sudah bisa diakses oleh masyarakat di 99 persen kecamatan di Indonesia,” kata Category Development Senior Lead Tokopedia, Sherine Pranata.

Salah satu caranya adalah dengan mengadakan kampanye khusus dan berkelanjutan bagi para pegiat usaha makanan dan minuman–termasuk teh–yaitu Tokopedia NYAM!. Kampanye ini juga ditujukan untuk mengakomodasi tingginya animo masyarakat dalam berbelanja online makanan dan minuman lewat Tokopedia.

“Buktinya, minuman menjadi salah satu subkategori produk yang paling banyak dibeli masyarakat melalui Tokopedia selama kuartal I 2023. Teh dan susu menjadi menjadi beberapa produk minuman paling laris di Tokopedia pada kuartal I 2023,” kata Sherine. 

Teh sendiri merupakan minuman yang hampir tidak memiliki kalori dan memiliki kandungan yang dapat menghambat penyerapan lemak. Teh, di sisi lain, bisa membantu membakar lemak lebih banyak saat berolahraga serta menurunkan kadar kolesterol jahat.

“Teh yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh ternyata digemari banyak masyarakat. Terbukti dari data internal Tokopedia yang menyebutkan bahwa penjualan teh naik hampir 2 kali lipat pada kuartal I 2023 dibandingkan kuartal I 2022. Teh hijau (green tea), teh hitam (black tea) dan thai tea menjadi beberapa jenis teh paling laris di Tokopedia pada periode tersebut,” ujar Sherine.

Selain Tokopedia NYAM!, Teh Laku Keras di Berbagai Wilayah Berkat Hyperlocal. Hyperlocal membuat penjual makanan dan minuman, termasuk teh, dari seluruh daerah di Indonesia punya kesempatan sama untuk tumbuh dan berkembang tanpa harus pindah ke kota besar. Pembeli juga jadi bisa mendapatkan makanan dan minuman, termasuk teh, dengan lebih cepat dan efisien.

“Selain lewat kampanye Tokopedia NYAM!, kami juga membantu tumbuh kembang pelaku usaha makanan dan minuman, termasuk teh, lewat inisiatif Hyperlocal. Hyperlocal bertujuan mendekatkan penjual dengan pembeli di mana pun mereka berada dengan teknologi geo-tagging,” kata Sherine.

Salah satu manifestasi Hyperlocal adalah Kumpulan Toko Pilihan (KTP); halaman kurasi produk dari penjual terdekat dari lokasi pembeli. Ada juga Dilayani Tokopedia; layanan pemenuhan pesanan yang memungkinkan penjual, termasuk penjual teh, menitipkan produk di gudang-gudang pintar Tokopedia pada wilayah dengan permintaan tinggi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya