Ini 6 Makanan Diet Sehat yang Wajib Kamu Konsumsi

Salmon
Sumber :
  • Times of India

VIVA Lifestyle – Buat kamu yang sedang menjalani program diet, wajib banget untuk mengkonsumsi makanan diet sehat. Apa sih sebenarnya makanan diet sehat?

5 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi oleh Penderita Asam Lambung, Apa Saja?

Makanan diet sehat adalah makanan yang rendah kalori namun kaya akan nutrisi penting seperti vitamin, mineral, serat, dan protein. Apa saja makanan yang cocok untuk diet dan bernutrisi? Berikut beberapa contoh makanan diet sehat yang bisa kamu pertimbangkan.

1. Sayuran

5 Makanan yang Wajib Dihindari oleh Wanita Hamil, dari Daging Mentah hingga Kafein

Ilustrasi sayuran.

Photo :
  • U-Report

Sayuran sangat cocok dijadikan menu diet sehat. Sayuran ini seperti brokoli, bayam, wortel, kubis, kembang kol, dan sejenisnya. Sayuran ini rendah kalori namun tinggi serat, vitamin, dan mineral.

5 Tips Merawat Kucing Peliharaan Agar Tetap Sehat dan Terhindar dari Penyakit

2. Buah-buahan

Ilustrasi buah-buahan.

Photo :
  • U-Report

Buah seperti apel, pisang, stroberi, jeruk, blueberry, sangat cocok dijadikan menu diet. Mengapa sangat cocok dijadikan menu sehat? Karena buah-buahan memberikan vitamin, serat, dan antioksidan penting.

3. Protein rendah lemak

Salmon

Photo :
  • Eat This

Buat kamu yang tidak terlalu suka sayuran, bisa digantikan dengan daging jika ingin diet sehat. Protein rendah lemak ini diantaranya ayam tanpa kulit, ikan seperti salmon, tuna, atau kod, tahu, tempe, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Protein membantu membangun otot dan mempertahankan kesehatan tubuh.

4. Karbohidrat kompleks

Ilustrasi oatmeal.

Photo :
  • U-Report

Karbohidrat kompleks memberikan energi yang stabil dan serat yang baik untuk pencernaan. Untuk mendapatkan karbohidrat kompleks ini bisa didapatkan dari gandum utuh, oatmeal, beras merah, quunoa, dan kentang manis.

5. Lemak sehat

Ilustrasi alpukat.

Photo :
  • U-Report

Lemak sehat memberikan nutrisi penting dan membantu menjaga keseimbangan hormon. Kamu bisa mendapatkan nutrisi ini pada alpukat, kacang-kacangan, biji chia, minyak zaitun, dan ikan berlemak seperti salmon dan sarden. 

6. Produk susu rendah lemak

Yogurt.

Photo :
  • Freepik

Menu diet sehat lainnya yaitu produk susu rendah lemak. Yogurt rendah lemak, susu rendah lemak, dan keju rendah lemak. Sumber kalsium dan protein sangat penting, tetapi pilih varian rendah lemak untuk mengurangi asupan kalori.

Selain memilih makanan sehat, penting juga untuk mengatur porsi makan, menghindari makanan olahan dan tinggi gula, serta menggabungkannya dengan olahraga secara teratur.

Juga, konsultasikan dengan ahli gizi atau dokter untuk merencanakan diet yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kesehatan kamu. Semoga berhasil.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya