Alami Gangguan Jantung dan Paru, Fajri Pria Obesitas Tak Bisa Tidur Terlentang

Pria obesitas di Tangerang, Muhammad Fajri (27)
Sumber :
  • TikTok @viral.dongs

JAKARTA – Dokter Spesialis Anestesi dr. Sidharta Kusuma Manggala, SpAn, menjelaskan kondisi Fajri, pria berbobot 300 Kg, saat ini masih belum stabil. Kondisinya memang sudah cukup berat karena riwayat penyakit pasien bernama lengkap Muhammad Fajri (MF) tersebut.

5 Manfaat Menakjubkan Mengonsumsi Air Kelapa Setiap Hari, Bisa Jaga Kesehatan Jantung

Pria asal Tangerang tersebut sudah tidak bisa tidur dengan posisi terlentang yang menandakan adanya masalah pada bagian paru-paru dan jantung. Maka dari itu, Menteri Kesehatan (Menkes) meminta agar MF segera di rujuk dan ditangani di RSCM, karena melihat kondisi pasien yang memiliki multi kondisi kesehatan. Scroll untuk informasi selengkapnya.

"Jadi MF satu bulan terakhir memang sudah tidak bisa tidur terlentang, hal ini menandakan ada masalah di bagian paru-paru dan bagian jantungnya," kata dokter Arta, saat konferensi pers di RSCM, Jakarta, Rabu 14 Juni 2023.

Jokowi Bersyukur Angka Stunting Turun dari 37 Persen Menjadi 21 Persen

Selama satu bulan sebelum masuk Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), kondisi kesehatan pria berbobot tubuh nyaris 300 kg itu mulai mengalami penurunan. Saat dipindahkan dari RSUD Tangerang, pihak RSCM mencoba memodifikasi ruangan khusus untuk merawat Fajri agar dapat dipantau oleh tim dokter.

5 Manfaat Rebusan Air Daun Salam, Bisa Bantu Kurangi Kadar Gula Darah

“Kemudian pasien masuk ke RSCM dan memang kita bisa melihat kondisinya turun. Kita sudah tangani semuanya, sudah kita berikan alat bantu semuanya, untuk bantuan nafas, dan semuanya di ruang perawatan khusus yang sudah kita siapkan di lantai 1. Dan kondisinya saat ini stabil,” tutur dokter Arta.

Pasien masih tetap membutuhkan berbagai macam pemeriksaan dan tindakan. Jadi, lanjutnya, fokus pemeriksaan sekarang ini lebih ke menstabilkan kondisi pasien.

"Jadi fokus kita menstabilkan MF, setelah stabil kita bisa membicarakan yang selanjutnya tentang tatalaksana kegemukannya," jelasnya.

Dengan berat badan yang tercatat mencapai 280 kg, maka dokter menjelaskan bahwa kondisi pasien saat ini memerlukan proses metabolisme tubuh yang begitu besar. Hal ini menyebabkan kerja jantung dan paru-paru menjadi sangat berat, apalagi pasien hampir tidak pernah bergerak.

“Itu kami sedang memeriksa semua kondisi pasien, terkait fungsi jantung, fungsi paru, fungsi ginjal, sampai dengan fungsi hati. Itu semua harus kita periksakan,” kata Direktur Utama RSCM dr. Lies Dina Liastuti.

Muhammad Fajri, pria berbobot 300 Kg.

Photo :
  • VIVA/Sherly

Ditambah lagi, lingkungan di rumahnya yang kurang sehat menambah masalah di paru-paru pasien. Demikian juga terdapat luka pada kulit pasien terutama di bagian belakang karena posisi tubuh yang susah bergerak. Dokter Lies menambahkan, pasien tersebut setelah tiba di RSCM memang memerlukan penanganan lebih lanjut.

“Pasien saat ini memerlukan banyak penanganan kesehatan dan dilakukan oleh tim dari dokter berbagai multidisiplin kami, saat ini pasien dalam kondisi stabil,” tandasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya