Jelang Idul Adha, Waspada 6 Dampak Makan Daging Merah Berlebihan

Ilustrasi daging olahan
Sumber :
  • pixabay/stevepb

JAKARTA – Hari Raya Idul Adha akan segera dilaksanakan oleh umat muslim dalam beberapa hari mendatang dan disambut dengan gegap gempita. Kendati begitu, Idul Adha ini identik dengan asupan tinggi lemak lantaran mengonsumsi berbagai jenis daging merah mulai dari daging sapi, kambing, domba, hingga onta. Lantas, apa saja efek samping mengonsumsi daging secara berlebihan?

Daftar Harga Pangan 29 April 2024: Beras hingga Telur Ayam Naik

Ada kesalahpahaman besar di antara banyak orang bahwa mengonsumsi daging selalu dikaitkan dengan efek samping tertentu. Namun, ini salah karena daging merah mengandung banyak vitamin dan mineral, sehingga memperkuat sistem kekebalan tubuh kita dan memberikan perlindungan bagi perkembangan tubuh kita secara keseluruhan. Daging juga kaya akan protein dan karbohidrat sehingga menjadi viral di kalangan atlet dan penggemar kebugaran lainnya di seluruh dunia. 

Di sisi lain, menurut Dana Penelitian Kanker Dunia, Anda tidak boleh makan lebih dari tiga porsi daging merah dalam seminggu, yaitu sekitar 12 sampai 18 ons saat dimasak. Jika Anda mengkonsumsi lebih dari itu, Anda mungkin mengalami beberapa efek samping negatif. Berikut efek samping asupan daging berlebih dikutip laman Eat This.

Sebabkan Kematian Mendadak, Waspadai Tanda Aneurisma Aorta

pemotongan hewan kurban /Ilustrasi.

Photo :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

Bebani kerja jantung

5 Makanan yang Wajib Dihindari oleh Wanita Hamil, dari Daging Mentah hingga Kafein

Salah satu efek samping paling umum yang mungkin Anda dengar saat makan daging merah adalah jantung yang paling terbebani. Menurut Lisa Young, PhD, RDN, penulis Akhirnya Penuh, Akhirnya Langsing dan Rencana Teller Porsi, itulah faktanya.

"Diet tinggi daging merah dan olahan dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular (CVD)," katanya.

Sebuah studi baru-baru ini menunjukkan bahwa makan sekitar 1,1 porsi daging merah per hari, termasuk daging sapi, babi, bison, dan daging rusa, dikaitkan dengan kemungkinan CVD aterosklerotik 22 persen lebih tinggi.

Anda akan mengonsumsi lemak jenuh dalam jumlah tinggi. Lemak jenuh ditemukan di sebagian besar produk hewani. Dan ya, itu termasuk daging merah.

"Kebanyakan daging merah mengandung lemak jenuh dalam jumlah tinggi," kata Sydney Greene, MS, RD. "Misalnya, sepotong steak ribeye tiga ons mengandung kira-kira delapan gram lemak jenuh yang merupakan sekitar 40 persen asupan harian yang disarankan. Asupan lemak jenuh meningkatkan jumlah kolesterol LDL dalam tubuh yang dikaitkan dengan risiko yang lebih tinggi. penyakit jantung."

Ilustrasi Jantung

Photo :
  • U-Report

Untuk lebih menambah masalah, Dr. Young menyarankan bahwa kadar lemak jenuh yang tinggi dapat menyebabkan aterosklerosis, yang merupakan "penumpukan plak kolesterol di dinding arteri yang menghalangi aliran darah," menurut Mayo Clinic.

Kalori Tinggi 

Selain dari fakta bahwa lemak jenuh dapat berdampak serius pada kesehatan Anda dengan mengacaukan kadar kolesterol, itu juga dapat berkontribusi pada lebih banyak kalori, yang menyebabkan penambahan berat badan, saran Dr. Young.

Satu steak 8 ons mengandung 614 kalori dengan jumlah lemak total 46 gram — itu 66 persen nilai harian Anda berdasarkan diet 2.000 kalori.

"Diet tinggi produk hewani, terutama daging merah, dapat berkontribusi pada peningkatan kejadian obesitas," kata Dr. Young. "Obesitas dengan sendirinya merupakan faktor risiko CVD, diabetes, dan kanker."

Masalah Usus

Lemak jenuh dalam daging merah dapat berdampak negatif pada jantung dan mikrobioma usus Anda — komunitas mikroorganisme yang hidup di usus Anda dan berdampak pada kekebalan, kognisi, pencernaan, dan banyak lagi.

Ilustrasi sakit usus buntu.

Photo :
  • U-Report

"Selain lemak jenuh yang berkontribusi terhadap peningkatan risiko penyakit jantung, penelitian baru sedang meneliti bagaimana daging merah memengaruhi bakteri di usus," jelas Greene. 

Dan efek daging merah pada usus Anda, pada gilirannya, dapat memengaruhi jantung Anda. 

“Selama pencernaan dan penyerapan, tampaknya metabolit yang diproduksi oleh mikroba usus berhubungan dengan penyakit kardiovaskular,” kata Greene.

Waspadai peradangan

"Meskipun alasan pastinya sulit untuk dijabarkan, asupan daging merah juga dikaitkan dengan biomarker peradangan yang pada akhirnya dapat meningkatkan risiko penyakit kronis," kata Greene.

Klinik Cleveland mencatat bahwa daging merah dapat menyebabkan peradangan berkat kandungan lemak jenuhnya. Selanjutnya, Dr. Young menyarankan daging merah juga dapat menyebabkan kanker tertentu, yang sebelumnya berhubungan dengan peradangan.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American College of Nutrition, penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi daging merah dan olahan dapat dikaitkan dengan kanker "melalui jalur peradangan".

Ilustrasi daging kambing.

Photo :
  • Freepik/dashu83

Masalah Pencernaan

Dengan segala kontroversi di balik makan daging merah, Anda jarang mendengar tentang apa yang bisa berdampak untuk perut Anda.

"Memiliki daging merah setiap hari sebagai sumber protein utama Anda dapat memengaruhi kesehatan pencernaan," kata Greene. "Daging merah cenderung menjadi protein yang lebih berlemak yang dapat menyebabkan gejala gastrointestinal yang tidak menyenangkan bagi sebagian orang yang kesulitan mencerna lemak."

Karena itu, Green mengatakan bahwa refluks dan diare yang berkembang adalah hasil dari diet tinggi lemak. Ini mungkin bukan gejala semua orang, tetapi jika Anda mengalami masalah perut, asupan daging merah setiap hari bisa menjadi alasannya.

Asupan natrium Meningkat

Daging merah lebih dari sekadar potongan yang bisa Anda ambil dari tukang daging. Anda dapat menemukan versi olahan di konter deli atau lorong berpendingin, dikemas sebelumnya dan diisi dengan aditif.

Garam

Photo :
  • pixabay

"Daging merah olahan, seperti bacon dan sosis, juga lebih tinggi sodium dan bahan pengawet yang bisa berdampak negatif pada kesehatan," kata Dr. Young.

Menurut American Heart Association, dianjurkan seseorang makan paling banyak 2.300 miligram (mg) sodium sehari. Hanya satu tautan sosis yang terdiri dari 569 miligram natrium, yang hampir seperempat dari asupan maksimum Anda untuk hari itu. Meskipun dapat membuat makanan terasa lebih enak, terlalu banyak mineral ini dapat menyebabkan masalah seperti masalah ginjal, penambahan berat badan, dan tekanan darah tinggi.

Jika Anda khawatir akan mengembangkan salah satu dari masalah kesehatan ini, mungkin sudah waktunya untuk mengurangi daging merah. Tapi jangan khawatir, masih banyak pilihan protein lain yang tersedia yang mungkin memiliki efek sebaliknya pada Anda. Dan ya, ini lebih dari sekadar tahu dan segenggam kacang.

Daging tanpa lemak seperti ayam, kalkun, dan ikan dikaitkan dengan risiko lebih rendah untuk banyak penyakit kronis karena protein ini rendah asam lemak jenuh dan kolesterol, kata Greene. Banyak jenis ikan yang sebenarnya bisa melindungi dari penyakit jantung karena kaya akan asam lemak omega-3.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya