Waspada, Orang Obesitas Punya Risiko Mandul Lebih Besar

Ilustrasi perut buncit - lemak perut.
Sumber :
  • Freepik: Anastasia Kazakova

JAKARTA – Kasus obesitas di Indonesia selama beberapa tahun belakangan cukup mengkhawatirkan. Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) 2018, prevalensi obesitas pada orang dewasa naik dari 26,3 persen pada 2013 menjadi 35,4 persen pada 2018.

10 Tips Redakan Nyeri Haid dengan Cara Alami

Belakangan kasus meninggalnya pasien obesitas bernama Fajri cukup menyita perhatian publik. Almarhum meninggal dunia akibat syok sepsis atau kondisi yang ditandai dengan terganggunya aliran darah akibat infeksi.  

Ada berbagai masalah kesehatan yang menguntai seseorang yang memiliki berat badan berlebih termasuk soal kesuburan. Melansir laman Your Fertility, kelebihan berat badan bisa memengaruhi kesuburan wanita

Maknai Semangat RA Kartini, Shandy Purnamasari: Perempuan Tak Cuma Jadi Istri dan Ibu

Wanita yang kelebihan berat badan dan obesitas memiliki kadar hormon yang lebih tinggi yang disebut leptin, yang diproduksi di jaringan lemak. Hal ini dapat mengganggu keseimbangan hormon dan menyebabkan berkurangnya kesuburan.

Klinik Blastula IVF Siloam Hospitals Lahirkan Program Bayi Tabung ke 300

Kuantitas dan distribusi lemak tubuh juga diketahui memengaruhi siklus menstruasi melalui serangkaian mekanisme hormonal. Semakin banyak kelebihan berat badan dan semakin banyak lemak di perut, maka semakin besar risiko mengancam kesuburan.

Kelebihan berat badan, terutama kelebihan lemak di bagian perut, terkait dengan resistensi insulin (ketika tubuh harus memproduksi lebih banyak insulin untuk menjaga kadar gula darah tetap normal) dan penurunan kadar globulin pengikat hormon seks (SHBG), protein yang terlibat dalam pengaturan dari hormon seks androgen dan estrogen. Hal ini meningkatkan risiko siklus menstruasi yang tidak teratur, yang pada akhirnya menurunkan kesuburan.

Satu studi menemukan wanita yang mengalami obesitas jauh lebih kecil kemungkinannya untuk hamil dalam waktu satu tahun setelah menghentikan kontrasepsi dibandingkan wanita dengan berat badan normal (66,4 persen wanita obesitas hamil dalam waktu 12 bulan, dibandingkan dengan 81,4 persen wanita dengan berat badan normal).

Perubahan keseimbangan hormon yang mengatur siklus menstruasi yang dipicu oleh kelebihan berat badan dan obesitas juga meningkatkan risiko anovulasi (ketika tidak ada sel telur yang dilepaskan oleh ovarium). Wanita dengan indeks massa tubuh (BMI) di atas 27, tiga kali lebih mungkin daripada wanita dengan berat badan normal tidak dapat hamil karena mereka tidak berovulasi.

Banyak wanita yang kelebihan berat badan tetap berovulasi, tetapi kualitas sel telur yang mereka hasilkan tampaknya berkurang. Bukti untuk ini adalah di antara wanita yang berovulasi, setiap unit BMI di atas 29 mengurangi kemungkinan mencapai kehamilan dalam waktu 12 bulan sekitar 4 persen.

Ini berarti bahwa untuk wanita dengan BMI 35, kemungkinan hamil dalam setahun adalah 26 persen lebih rendah, dan untuk wanita dengan BMI 40 kemungkinannya 43 persen lebih rendah dibandingkan dengan wanita dengan BMI antara 21 hingga 29.

Ilustrasi bayi tabung.

Photo :
  • Pixabay/DrKontogianniIVF

Dan ketika pasangan menggunakan IVF (in vitro fertilization) atau bayi tabung untuk hamil, kemungkinan melahirkan hidup lebih rendah untuk wanita yang kelebihan berat badan atau obesitas dibandingkan wanita dengan BMI normal.

Rata-rata, dibandingkan dengan wanita dalam rentang berat badan yang sehat, peluang kelahiran hidup dengan IVF berkurang sebesar 9 persen pada wanita yang kelebihan berat badan dan 20 persen pada wanita yang mengalami obesitas.

Tak hanya wanita saja, kelebihan berat badan memengaruhi kesuburan pria. Pada pria, obesitas juga dikaitkan dengan kesuburan yang lebih rendah. Ini kemungkinan karena kombinasi faktor, termasuk masalah hormon, disfungsi seksual, dan kondisi kesehatan lain yang terkait dengan obesitas seperti diabetes tipe 2 dan sleep apnea (keduanya terkait dengan penurunan kadar testosteron dan masalah ereksi).

Diperkirakan kelebihan berat badan hingga 10 kg mengurangi kesuburan pria sebesar 10 persen. Sebuah tinjauan studi tentang efek obesitas paternal terhadap hasil reproduksi menemukan bahwa pria obesitas lebih mungkin mengalami kemandulan dan lebih kecil kemungkinannya untuk mendapatkan anak jika mereka dan pasangannya menggunakan teknologi reproduksi terbantu (ART) seperti IVF.

Hal ini diduga karena obesitas tidak hanya menurunkan kualitas sperma, tetapi juga mengubah struktur fisik dan molekul sel sperma. Lalu apa yang perlu dilakukan?

Meskipun fakta tentang obesitas dan kesuburan tampak menakutkan, ada kabar baik. Intervensi penurunan berat badan, terutama yang mencakup diet dan olahraga, dapat meningkatkan keteraturan siklus menstruasi dan meningkatkan kemungkinan kehamilan. Pada wanita gemuk dengan infertilitas anovulasi, bahkan penurunan berat badan sebesar 5-10 persen dapat meningkatkan kesuburan dan peluang untuk hamil.

Ilustrasi hamil/ibu hamil/USG.

Photo :
  • Freepik/tirachardz

Sementara itu, terkait dengan kasus fertilitas, pusat layanan soal fertilitas, Bocah Indonesia ingin membantu pasangan yang sedang menjalani program hamil dengan informasi yang mudah dicerna oleh masyarakat. PFBI juga memiliki 8 dokter spesialis obgyn, 5 dokter spesialis andrologi, serta tim embriologi. Hal ini tentu tidak dimiliki oleh klinik lain. 

CEO Bocah Indonesia, dr. Pandji Sadar, menjelaskan, penting bagi setiap pasangan suami istri yang berencana promil untuk banyak belajar tentang program kehamilan. 

Knowledge is power, sehingga kami terbuka untuk memberikan saran dan solusi terbaik dan tepat sesuai kebutuhan dan permasalahan yang berbeda-beda. Setiap pasien memiliki keunikan perjalanan promilnya, that’s why kami menyebutnya ‘The Bocah Unique Journey’,” kata dr. Pandji dalam keterangannya, dikutip Sabtu 24 Juni 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya