5 Mi dan Pasta Sehat yang Wajib Dikonsumsi Menurut Ahli Diet

Ilustrasi mi instan.
Sumber :
  • Freepik/wirestock

JAKARTA – Mi dan pasta diketahui terbuat dari tepung yang kerap dicap buruk dan tak baik bagi kesehatan. Tak heran, jika para ahli menyarankan untuk menghindarinya. Namun ternyata, ada beberapa jenis mi dan pasta sehat, yang justru direkomendasikan oleh ahli diet untuk dikonsumsi, apa saja? Berikut 5 jenis mi dan pasta sehat, dilansir Eating Well, Kamis 13 Juli 2023. 

7 Manfaat Luar Biasa Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Jaga Kesehatan Kulit

Pasta gandum utuh
Pasta bergizi ini mudah ditemukan dan dapat meningkatkan nutrisi pada hidangan Anda. Terbuat dari biji-bijian utuh, setiap cangkir pasta matang (140 gram) mengandung 3 gram serat dan 8 gram protein per porsi, sesuai dengan USDA. Yuk, scroll untuk tahu informasi selengkapnya.

Banyak orang yang tidak makan cukup serat yang baik untuk jantung dan pencernaan. Jadi, mengonsumsi pasta adalah salah satu cara untuk meningkatkan asupan serat kita. Diketahui, setiap porsi pasta gandum utuh yang dimasak mengandung lebih banyak protein dibanding satu butir telur. 

5 Manfaat Menakjubkan Mengonsumsi Air Kelapa Setiap Hari, Bisa Jaga Kesehatan Jantung

Pasta buncis
Pasta buncis mengandung semua nutrisi yang ada pada sayuran buncis. Selain itu, karena terbuat dari kacang-kacangan, setiap 2 ons pasta buncis mengandung 14 gram protein dan 8 gram serat, sehingga menawarkan makanan yang tidak hanya mengenyangkan tapi juga sehat. 

Heboh Bahan Baku Langka Ancam Produksi Mie Instan, Produsen Indomie Buka Suara

Mi soba
Mi soba dibuat dari soba, meski memiliki nama gandum bebas gluten. Soba adalah gandum utuh, yang menawarkan lebih banyak serat dibanding banyak jenis pasta lainnya. Mi soba adalah variasi mi Jepang yang sering digunakan dalam sup dan mangkuk mi. Namun, beberapa mi soba dibuat dengan campuran tepung terigu dan tepung soba. Jadi, cek daftar bahannya jika Anda mencari opsi bebas gluten. 

Pasta lentil merah
Pasta lentil merah bebas gluten dan mengandung protein serta serat nabati dalam dosis besar. Anda akan mendapatkan 15 gram dan 3 gram serat per sajian (56 gram), ditambah 20 persen dari kebutuhan zat besi harian Anda. Memasukkan pasta ini ke dalam menu makanan, bisa menjadi cara yang bagus. 

Mi sayuran
Untuk pengganti mi, sayuran seperti zucchini, spaghetti squash, dan butternut squash adalah pilihan yang bagus. Nutrisinya bervariasi tergantung pada sayuran yang Anda gunakan, umumnya Anda akan menghemat kalori dan karbohidrat dibanding mi pada umumnya. Untuk membuat hidangan pasta yang mengenyangkan dan bernutrisi, pertimbangkan untuk memadukan mi zucchini dengan spageti. 

Bicara mi sehat, Lemonilo meluncurkan inovasi baru Mi Instan Kuah Rasa Soto Koya. Dengan taburan koya yang terbuat dari kerupuk dan bawang putih, menjadi pelengkap dalam menikmati momen nyoto di mana saja dan kapan saja.

"Lemonilo selalu berinovasi dalam menghadirkan produk-produk berkualitas namun tetap sesuai dengan lidah masyarakat. Perpaduan rasa soto koya yang lezat dan mi Lemonilo yang panjang-panjang, kenyal serta terbuat dari saripati daun bawang dan seledri dapat menjadi sensasi baru dalam menikmati hidangan kuah yang hangat dan menggugah selera ini," ucap Shinta Nurfauzia, Co-founder dan Co-CEO Lemonilo, dalam keterangannya. 

Seperti produk Lemonilo lainnya, Mi Lemonilo Kuah Rasa Soto Koya diklaim dibuat tanpa 3P (Pengawet, Penguat Rasa, dan Pewarna Buatan) serta mi-nya dipanggang sehingga aman dikonsumsi untuk setiap generasi.

Sesuai dengan misi Lemonilo dalam kampanye #SetiapLangkahBerarti, hadirnya produk ini diharapkan dapat mendukung masyarakat Indonesia untuk lebih sehat secara sosial, fisik, dan mental salah satunya melalui kemudahan mengakses produk-produk yang praktis, lezat dan terjangkau.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya