Bahaya, 6 Makanan Ini Tidak Boleh Dipanaskan Kembali setelah Matang

Kentang.
Sumber :
  • Pixabay/ couleur

VIVA Lifestyle – Makanan yang sudah dingin seakan tak lagi menggugah selera, oleh karenanya banyak orang memilih untuk memanaskannya kembali sebelum menyantapnya.

5 Makanan yang Wajib Dihindari oleh Wanita Hamil, dari Daging Mentah hingga Kafein

Namun, ada beberapa jenis makanan yang tidak boleh dipanaskan kembali, sebab dapat berdampak burutk bagi kesehatan, karena sejumlah makanan ini dapat berubah menjadi racun.

Oleh karena itu sebelum memanaskan makanan, sebaiknya Anda perlu berhati-hati, berikut daftar makanan yang tidak boleh dipanaskan kembali:

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

1. Kentang

Ramalan Zodiak Jumat 26 April 2024: Taurus Harus Waspada dengan Rekan Kerja, Leo Kena Tekanan Mental

Menurut laporan Food Standards Agency, kentang yang dipanaskan kembali dapat menghilangkan nilai gizinya hingga dapat berpotensi menjadi racun.

Sebab kentang yang dibiarkan dingin pada suhu kamar akan memunculkan bakteri clostridium botulinum yang tidak dapat mati meski kentang dipanaskan. Jadi, sebaiknya simpan kentang dalam pendingin dan jangan biarkan begitu saja di ruang terbuka.

Cah Jamur Bayam

Photo :
  • Dokuemntasi Ajinomoto

2. Jamur

Jamur yang telah dimasak, kemudian disimpan pada lemari es selama 24 jam sebaiknya tidak dihangatkan kembali. Hal ini perlu dihindari karena dengan memanaskannya kembali, jamur dapat menghasilkan senyawa berbahaya sehingga tidak aman untuk dikonsumsi.

3. Bayam

Bayam mengadung nitrat dan zat besi. Memanaskan ulang sayuran ini akan mengoksidasi zat besi. Oksidasi zat besi akan menghasilkan radikal bebas dan berbahaya dalam bayam yang merupakan pemicu banyak penyakit, salah satunya kanker.

Sajian telur ceplok.

Photo :
  • Pixabay/pexels

4. Telur

Telur sebaiknya dikonsumsi saat masih segar dan tidak dianjurkan untuk kembali dipanaskan. Seperti halnya bayam, telur juga tinggi nitrogen karena kandungan protein yang ada di dalamnya. Saat dipanaskan, telur akan bereaksi sama dengan sayuran tinggi nitrat.

5. Lobak

Oleh sebagian orang lobak biasanya dipakai sebagai campuran sup. Namun, karena mengandung nitrat, sayuran dengan lobak di dalamnya sebaiknya tidak dipanaskan berulang kali, agar tidak memicu racun.

Lobak putih.

Photo :
  • stork.net

6. Minyak

Menggunakan kembali minyak untuk menggoreng akan berpotensi menghasilkan zat berbahaya yang disebut dengan radikal bebas. Radikal bebas ini bisa menjadi sumber masalah bagi tubuh, seperti kanker.

Selain itu memanaskan kembali makanan yang digoreng dengan minyak akan membuatnya mudah gosong.

Refluks asam lambung, sakit lambung, gerd

5 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi oleh Penderita Asam Lambung, Apa Saja?

Asam lambung adalah kondisi medis yang terjadi ketika cairan asam lambung naik ke kerongkongan, menyebabkan sensasi terbakar yang tidak menyenangkan di bagian dada.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024