Jangan Sembarangan, Ternyata Ini Waktu Terbaik untuk Minum Kopi

Secangkir kopi.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Lifestyle   – Aktivitas setiap hari rasanya kurang lengkap jika tidak diawali dengan minum kopi. Kandungan kafein di dalam kopi dipercaya dapat menghilangkan ngantuk dan meningkatkan energi agar selalu semangat menjalani aktivitas sepanjang hari.

5 Makanan yang Wajib Dihindari oleh Wanita Hamil, dari Daging Mentah hingga Kafein

Dalam dosis yang cukup, kafein sangat bermanfaat bagi manusia, tidak hanya memberi dorongan harian yang menyenangkan, namun juga sebagai pengobatan medis dan banyak manfaat dari segi kesehatan.

“Ini adalah molekul yang serbaguna dan memiliki banyak efek farmakologis,” kata Treasure McGuire, ahli farmakologi di Mater Health dan Bond University, melansir laman ABC, Rabu 20 September 2023.

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Kafein juga merupakan stimulan yang membuat manusia lebih waspada dan fokus. Selain membuka saluran udara, hal ini juga meningkatkan metabolisme, detak jantung, dan tekanan darah. Karena semua alasan ini, kafein di dalam secangkir kopi juga digunakan sebagai obat peningkat performa dalam olahraga.

Ramalan Zodiak Jumat 26 April 2024: Taurus Harus Waspada dengan Rekan Kerja, Leo Kena Tekanan Mental

“Kafein memungkinkan atlet untuk berlatih lebih keras dan mengatsi kinerja dengan lebih baik. Ini mengurangi upaya yang Anda lakukan untuk bekerja,” kata Evangeline Mantzioris, ahli gizi dan ahli diet olahraga di University of South Australia.

Lebih lanjut, ternyata ada waktu yang paling baik untuk minum kopi setiap harinya. Dipercaya secara luas bahwa menunda kopi pagi hingga sekitar 90 hingga 120 menit setelah bangun tidur adalah ide yang bagus.

Ampas kopi

Photo :
  • Pixabay

Alasannya adalah kortisol yakni hormon yang membantu menstimulasi tubuh di pagi hari, meningkat di pagi hari namun menurun seiring berjalannya pagi.

“Teorinya adalah kortisol membawa Anda melewati beberapa jam pertama setelah Anda bangun,” kata Dr Mantzioris.

Jadi, waktu yang tepat untuk minum kopi adalah di pagi hari, ketika kadar kortisol dalam tubuh sudah mulai turun. Kafein juga berinteraksi dengan bahan kimia yang disebut adenosin, yang terlibat dalam produksi energi. Adenosin dapat memicu proses yang membuat orang mengantuk ketika ia berikatan dengan sel-sel di tubuh dan hal ini kemungkinan besar akan terjadi di pagi hari.

Kafein dapat menghentikan proses pengikatan adenosin ini, jadi sebaiknya minumlah kopi di pagi hari ketika rasa kantuk mulai datang lagi.

Namun Dokter McGuire mengatakan ada banyak faktor yang dapat menentukan apakah minum pada waktu tertentu dapat membawa perbedaan.

"Bagi sebagian orang hal ini tidak ada bedanya sama sekali dan bagi sebagian lainnya mungkin bermanfaat," ujarnya.

Dan selain menyesuaikan dengan jam tubuh, waktu terbaik untuk minum kopi mungkin juga ditentukan oleh manfaat yang dirasakan masing-masing orang dengan meminumnya. Selain tetap terjaga, kebanyakan orang mungkin lebih suka minum kopi untuk fokus pada pekerjaan, sebagai ritual sosial dengan orang lain, atau sebagai teman santai setelah makan siang.

Sedangkan untuk minum kopi pada sore hari, Dokter Ian Musgrave tidak terlalu yakin dengan data yang menunjukkan bahwa ada waktu terbaik untuk minum kopi di sore hari, meskipun meminumnya terlalu dekat dengan waktu tidur bisa menjadi masalah.

“Beberapa orang memetabolismenya dengan sangat cepat, beberapa orang memetabolismenya dengan sangat lambat. Oleh karena itu, ada orang yang bisa meminumnya di sore hari tanpa mengganggu tidurnya, tapi ada pula yang tidak," kata Dokter Musgrave.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya