Tanda Alami Gejala Kanker Ginjal, dari Nyeri Pinggang hingga Batuk Berdarah

Ilustrasi kanker.
Sumber :
  • Times of India

JAKARTA – Vidi Aldiano mengungkap kondisi kesehatannya setelah sempat menjalani operasi pengangkatan ginjal di tahun 2019 lalu. Vidi Aldiano sempat menjalani prosedur operasi tersebut setelah didiganosis mengalami kanker ginjal.

Shopee Tawarkan Program Garansi Tepat Waktu, Begini Cara Klaimnya

Usai menjalani prosedur operasi tersebut, diungkap suami Sheila Dara ini, kankernya sudah menyebar ke beberapa titik.

Lantaran hal tersebut, dia harus menkalani pengobatan rutin setiap tiga minggu. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Ternyata Vidi Aldiano Suka Berburu Free Ongkir dan Selalu Menang War Produk

"Mungkin banyak yang belum tahu bahwa tahun lalu, titipan Tuhan berupa kanker ini sudah menyebar ke beberapa titik, sehingga mengharuskan gue akhirnya punya appointment spa day ini tiap 3 minggu," tulis Vidi Aldiano.

Berkaca pada Vidi Aldiano apa gejala dan tanda yang perlu diperhatikan masyarakat mengenai kanker ginjal ini?

Alami Nyeri Pinggang dan Kesemutan Saat Mudik? Coba Pijat di Beberapa Titik Vital Ini

Vidi Aldiano mengidap kanker ginjal

Photo :
  • Instagram

Terkait hal itu, Koordinator Bidang Ilmiah Ikatan Ahli Urologi Indonesia & Kepala Staf Medik Urologi RS Unair Surabaya, Dr. Lukman Hakim, Sp.U(K), MARS, Ph.D bahwa hampir semua jenis kanker stadium dini atau awal jarang memberikan keluhan.

Keluhan akan muncul pada pasien kanker itu umumnya menandakan sudah memasuki stadium 2, 3 atau bahkan stadium akhir atau stadium 4.

"Biasanya pasien ke dokter bila ada keluhan. Jadi baru berikan keluhan setelah stadum 2, 3 bahkan 4, termasuk kanker ginjal. kanker ginjal stadium 1 yang ukuran 2 atau 3 cm, sering tidak berikan keluhan apa-apa. Stadium 2 pun kadang-kadang tidak berikan keluhan apa-apa," kata dia dalam virtual press conference, Rabu 20 September 2023.

Gejala kanker

Photo :
  • Pixabay

Lebih lanjut, diungkap Lukman pada stadium tiga pasien yang datang ke dokter sering merasakan keluhan berupa nyeri pada pinggang.

"Jadi ginjal itu letaknya di pinggang kanan dan kiri. Ada dua ginjal. Kalau ada benjolan dan cukup besar, maka keluhan pertama yang dikeluhkan pasien mungkin nyeri (di pinggang)," kata dia menjelaskan.

Selain itu, karena kanker adalah benjolan yang rapuh dan mudah berdarah, darah akan mengalir ke saluran kencing dan dikeluarkan sebagai kencing yang berwarna merah atau kencing darah.

Terakhir, kalau stadium sudah 4, sudah metastasis atau penyebaran, salah satu penyebaranya ke paru-paru, maka keluhan pasien adalah batuk-batuk batuk darah.

"Begitu dicek lengkap ternyata di paru banyak benjolan, setelah dilakukan pemeriksaan lebih lengkap ternyata ditemukan ada tumor ganas atau kanker di ginjalnya namun sudah sampai pada stadium 4 dan menyebar ke paru," kata dia. 

Lukman menegaskan bahwa nyeri pinggang dan kencing darah keluhan paling sering. Tetapi kalau sudah stadium 4 maka ada keluhan tambahan tergantung menyebarnya ke mana. 

"Kalau paru maka batuk-batuk, batuk darah. Kalau ke otak bisa kejang-kejang atau penurunan kesadaran, kalau ke tulang bisa nyeri atau pegal-pegal pada tulang di mana ada penyebaran pada tumor," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya