Manfaat Minum Susu Pada Malam Hari sebelum Tidur, Bisa Menaikkan Berat Badan

Ilustrasi susu.
Sumber :
  • Freepik

Jakarta – Susu merupakan salah satu sumber protein terpenting dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Namun, minuman ini telah menjadi perdebatan dalam beberapa dekade terakhir.

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Sejumlah penelitian yang menyebutkan bahwa waktu yang tepat minum susu adalah pagi hari. Sementara, penelitian lain menyebut susu juga baik diminum pada malam hari sebelum tidur.

Penelitian pagi hari menyebut susu dapat meningkatkan stamina, sehingga tubuh pun akan menjadi semakin fit saat menjalankan aktivitas seharian penuh.

Ramalan Zodiak Jumat 26 April 2024: Taurus Harus Waspada dengan Rekan Kerja, Leo Kena Tekanan Mental

Adapun, penelitian malam hari mengatakan energi tubuh berkurang setelah dipakai seharian beraktivitas, jadi energi yang hilang itu bisa diganti dengan minum susu di malam hari.

5 Tips Merawat Kucing Peliharaan Agar Tetap Sehat dan Terhindar dari Penyakit

Di Indonesia sendiri, umumnya orang minum susu pada pagi hari, tidak sedikit yang masih ragu untuk mengkonsumsi susu pada malam hari karena khawatir ada dampak negatif pada tubuh.

Lantas, bolehkan orang dewasa minum susu sebelum tidur?

Mengutip beberapa sumber, Rabu, 20 September 2023, minum susu sebelum tidur ternyata memiliki sederet manfaat. Itu artinya orang dewasa diperbolehkan minum susu pada malam hari sebelum tidur. Apa saja manfaat itu? berikut kami ulas:

1. Membuat Tidur Lebih Lelap

Susu sapi murni memiliki kandungan asam amino yang bisa membantu produksi hormon serotonin dan melatonin. Kedua hormon ini disebut sebagai zat penenang karena bisa memberikan rasa nyaman, membuat suasana hati menjadi baik dan mencegah depresi.

Selain itu, kandungan kalsium yang ada pada susu juga dapat meningkatkan kinerja serotonin sehingga kualitas tidur menjadi lebih baik.

Ilustrasi susu.

Photo :
  • Pixabay/manolofranco

2. Menaikkan Berat Badan

Untuk Anda yang ingin menaikkan berat badan, minum susu sebelum tidur dapat menjadi solusi. Hal ini dikarenakan pada susu terdapat laktosa yang akan diproses seperti gula, sehingga jumlah kalori harian akan meningkat.

Kenaikan berat badan secara berlebih mungkin bisa terjadi jika susu dikonsumsi dalam jumlah banyak dan terlalu mepet dengan waktu tidur. Namun pastikan setiap hal tidak dilakukan berlebihan karena akan berdampak buruk bagi tubuh.

3. Menyehatkan Pencernaan

Minum susu sebelum tidur diyakini dapat menyehatkan pencernaan. Susu dipercaya dapat membantu mencegah masalah perut seperti sembelit dan perut kembung.

Asam laktat yang ada dalam susu dapat membantu menetralkan penumpukan keasaman di usus, kemudian kalsium susu yang tinggi dapat menyerap kelebihan asam yang diproduksi di perut.

Ilustrasi susu kental manis.

Photo :
  • Freepik/azerbaijan_stockers

 4. Cara Agar Awet Muda

Minum susu di malam hari ternyata juga memiliki dampak baik bagi kesehatan kulit, hal ini dikarenakan susu memiliki kandungan vitamin B12 yang dapat mencegah hilangnya elastisitas kulit.

Selain itu, vitamin A yang ada pada susu juga dapat mendukung pembentukan sel bau dan membantu melawan berbagai penyakit kulit sehingga membuat kulit bercahaya dan tampak awet muda.

5. Menyehatkan Tulang

Kandungan kalsium yang tinggi pada susu akan membuat tulang dan gigi menjadi lebih kuat. Kalsium juga akan mencegah gigi menjadi ompong, mengalami keropos tulang, dan mencegah osteoporosis.

Ilustrasi susu/anak.

Photo :
  • Freepik
Ilustrasi ibu hamil

5 Makanan yang Wajib Dihindari oleh Wanita Hamil, dari Daging Mentah hingga Kafein

Hamil adalah periode yang penting dalam hidup seorang wanita, dan menjaga pola makan yang sehat adalah salah satu cara terbaik untuk memastikan kesehatan ibu dan bayi.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024