Gigi Berlubang Bisa Sebabkan Masalah Penyakit Jantung, Kok Bisa? Begini Alurnya

Ilustrasi perawatan gigi
Sumber :
  • Pixabay/ rgerber

JAKARTA – Menjaga kesehatan gigi dan mulut sangat penting. Sebab ada berbagai masalah kesehatan yang bisa terjadi jika kesehatan gigi dan mulut tidak terjaga. Salah satunya terkait dengan masalah penyakit jantung.

Jangan Asal Pilih Lensa Kontak, Bisa Sebabkan 5 Masalah Serius Ini

Disebutkan bahwa infeksi pada gigi dan jaringan periodontal (gusi) bisa menyebabkan terjadinya penyakit jantung. Lantas bagaimana mekanismenya? Terkait hal itu, spesialis konservasi gigi RSPI Pondok Indah, Dr.drg. Rina Permatasari, Sp.K.G menjelaskan bahwa bahkan bukan hanya jantung saja. Seluruh organ dalam tubuh juga bisa terpengaruhh apabila ada infeksi yang terjadi pada gigi dan jaringan periodontal.

"Ada beberapa penelitian yang menyatakan bahwa ada kaitannya antara penyakit jantung seperti endokarditis, perikarditis setelah dicek pada pasien ternyata gigi banyak infeksi," kata dia dalam exclusive media interview, Selasa 19 September 2023. 

Selamat! Mpok Alpa Umumkan Hamil di Usia 37 Tahun

Ilustrasi dokter gigi

Photo :
  • Pixabay/ DarkoStojanovic

Sementara itu, kata Rina keterkaitan langsung bakteri apa pada gusi yang mempengaruhi penyakit jantung belum diketahui secara pasti. Namun ada kaitan secara langsung apabila orang misalnya kelainan jantung atau yang sifatnya bawaan. 

Mengenal Penyakit Radang Usus, Bisa Sebabkan Kanker Usus Besar Jika Dibiarkan

"Pada pasien yang sudah mengalami misalnya penyakit jantung koroner, atau penyakit jantung terjadi penyumbatan arteri, atau pasien stroke sebaiknya kondisi di mulut dijaga supaya tidak ada infeksi yang bisa memperberat kondisi pada jantungnya,"jelasnya.

Sementara itu, proses  hingga akhirnya masalah infeksi pada gigi dan jaringan periodontal menjadi masalah pada jantung sendiri berlangsung lama.  

"Memang sebagian besar itu berjalan lama enggak selalu. Dan tidak selalu melulu adanya infeksi gigi terjadi penyakit jantung atau kelainan pada jantungnya. Tetapi kemungkinan risikonya akan lebih besar apabila kita punya infeksi pada gigi," ujarnya. 

Diungkap Rina, infeksi yang paling umum ditemukan ada kaitannya dengan organ tubuh lain seperti jantung adalah infeksi dari gigi dan jaringan penyangga atau jaringan periodontal.

“Ketika gigi infeksi, misalnya berlubang atau patah, atau pecah. Infeksi masuk ke dalam gigi atau ketika gusi meradang. Kebersihan mulut tidak baik, menyebabkan gigi berlubang dan meradang. Nah dari situ awal terjadi infeksi yang akhirnya bisa kemana-mana kalau tidak segera dilakukan tindakan atau istilahnya didiamkan,” kata dia.

Maka dari itu, kata Rina sebaiknya pada mulut dan giginya dijaga sampai terjadi infeksi hingga berujung pada gangguan kesehatan terutama paada organ jantung dan menyebabkan kefatalan di kemudian hari.

"Makanya untuk menjaga risiko tidak besar atau tinggi maka infeksi dan di jaringan periodontal di mulut ditekan. tidak terjadi cepat terjadi penyakit jantung. meninggikan risiko iya dan pada penyakit jantung bawaan apalagi. jadi infeksi pada gigi tidak boleh berlama-lama," jelas Rina.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya