Hati-hati! Infeksi Gigi Bisa Mengarah pada Diabetes, Apa Ciri-cirinya?

Sakit gigi.
Sumber :
  • Times of India

VIVA Lifestyle – Masalah mulut dapat memengaruhi organ atau sistem lain di dalam tubuh. Bahkan disebut-sebut infeksi pada gigi bisa menyebabkan peningkatan gula darah. Benarkah ada kaitan antara infeksi pada gigi dengan penyakit diabetes melitus?

Parto Patrio Jalani Operasi Kedua, Istri Banyak Berdoa

Spesialis konservasi gigi RSPI Pondok Indah, Dr.drg. Rina Permatasari, Sp.K.G menjelaskan bahwa infeksi gigi bisa mengarah pada masalah kesehatan termasuk diabetes. Scroll untuk informasi selengkapnya.

Dijelaskan lebih lanjut, ada penelitian yang menunjukkan adanya kaitan antara infeksi jaringan periodontal terhadap penyakit diabetes. Di mana jaringan periodontal dapat mengganggu kadar gula darah, tetapi penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan.

Lonjakan Kasus DBD di Lampung, 1.779 Kasus Terungkap dengan 10 Korban Meninggal

"Diabetes melitus disebabkan masalah periodontal bahwa kemungkinan adanya risiko jadi lebih tinggi," kata dia dalam exclusive media interview, Selasa 19 September 2023. 

Terpopuler: Sakit yang Diidap Parto sampai Syifa Hadju Pernah Diperingatkan oleh Raffi Ahmad

Diungkap Rina, sebenarnya diabetes tidak hanya terjadi akibat infeksi dari jaringan periodontal (gusi). Tetapi bisa juga dari mulut, terlebih dengan gaya hidup masyarakat.

"Atau memang sudah ada risiko bawaan, infeksi pada jaringan gigi dan jaringan periodontal penyakit DM (diabetes melitus) yang tadinya masih bisa ditolerir akhirnya jadi muncul," kata dia.

Rina juga menjelaskan bahwa jika memang ditemukan adanya infeksi di jaringan periodontal bisa menyebabkan terjadinya peningkatan gula darah seseorang.

"Tapi faktornya bukan itu saja, tetap ada faktor penyebab secara umum, misalnya memang pankreasnya ada masalah atau memang gaya hidupnya sehari-hari," jelasnya.

Menurut Rina, ketika pada mulut seseorang ditemukan adanya infeksi  pada jaringan periodontal kemungkinkan bisa memperberat risiko terjadinya peningkatan gula darah terkait diabetes.

"Tapi balik lagi belum ada penelitian menyatakan bahwa gigi adalah penyebabnya, bisa saja infeksi gigi sebabkan itu. Kalau memang bukan karena adanya kelainan pada periodontal dan infeksi gigi jangan dibiarkan dirawat. Diabetes dirawat juga secara medis," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya